11 Makanan Khas Dari Jawa Tengah

Dikala berkunjung ke sesuatu wilayah, entah buat urusan pekerjaan ataupun cuma semata- mata refreshing, berupaya santapan khas yang terdapat di wilayah tersebut merupakan perihal harus yang wajib dicoba.

Ya, tiap wilayah di Indonesia tentu mempunyai santapan khas yang begitu menggugah selera. Kamu yang suka dengan wisata kuliner pasti hendak sangat terhibur karenanya.

Diantara wilayah yang mempunyai lumayan banyak opsi santapan khas merupakan Jawa Tengah. Salah satu provinsi terluas di Pulau Jawa ini menawarkan banyak sekali santapan khas yang lezat serta harus dicoba. Nah, pada peluang ini kita hendak mangulas tentang macam makanan khas dari jawa tengah buat Kamu coba.

Penasaran? Ikuti sebagian pembahasan di dasar ini.

Opsi Terbaik Santapan Khas Jawa Tengah Buat Dicoba

Sebagaimana disinggung di dini kalau terdapat lumayan banyak santapan khas Jawa Tengah yang dapat jadi catatan santapan kesukaan Kamu. Dengan macam santapan khas yang ada, pasti Kamu hendak bebas memilah mana santapan khas dari jawa tengah yang hendak Kamu santap.

Ada pula sebagian santapan khas terbaik dari Jawa Tengah buat Kamu coba merupakan bagaikan berikut:

Lumpia Semarang

Bila Kamu terletak di kawasan Semarang tidak lengkap rasanya bila melupakan waktu buat berupaya lumpia khas Semarang. Lumpia merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang telah sangat populer. Asal santapan ini memanglah dari Semarang walaupun saat ini telah banyak menyebar di wilayah yang lain.

Kemilan khas ini terbuat dengan memakai tepung terigu yang dibangun jadi kulit. Sehabis itu, kulit tersebut hendak membungkus sebagian opsi isi lumpia, semacam sayur- mayur, udang, telur serta ayam. Menikmati lumpia yang hangat lengkap dengan cabai rawit yang pedas tentu hendak sangat menggugah selera!

Tahu Petis

Tahu petis merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang pula lumayan populer serta terkenal di bermacam golongan warga. Semacam namanya, santapan khas ini merupakan paduan dari tahu serta petis. Umumnya, santapan ini dijadikan kemilan nikmat buat rapat ataupun semata- mata menikmati waktu luang.

Nah, panganan ini terbuat dengan bahan dasar ketahui pong. Sehabis itu, ketahui digoreng sampai lumayan kering.

Setelah itu, dalam penyajiannya, ketahui hendak disiram dengan saus petis yang bercorak gelap. Tidak hanya disiram, sebagian penjual santapan khas Jawa Tengah ini memakai petis bagaikan isian ketahui. Sangat menarik, bukan?

Telur Asin

Kamu pasti telah sangat sering di dengar dengan santapan yang satu ini, bukan? Ya, telur asin memanglah lumayan gampang ditemui di bermacam wilayah, apalagi di luar Jawa Tengah sekalipun.

Santapan ini biasanya terbuat dengan bahan dasar telur bebek yang telah hadapi proses direndam larutan garam sampai rasanya berganti jadi asin.

Tetapi, mengerti kah Kamu bila sesungguhnya telur asin merupakan santapan khas Jawa Tengah? Nah, telur asin awal mulanya berasal dari wilayah Brebes, Jawa Tengah. Wilayah ini jadi sentra penghasil telur asin terbanyak di Jawa Tengah. Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Brebes tanpa membeli telur asin khas wilayah tersebut.

Mendoan

Siapa yang tidak tahu dengan kemilan yang satu ini? Mendoan masuk dalam salah satu gorengan sangat populer di Indonesia.

Tetapi, sesungguhnya, gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya, awal mulanya, santapan khas Jawa Tengah ini banyak ditemui di wilayah Purwokerto serta Banyumas.

Di wilayah tersebut, mendoan memanglah diucap dengan nama yang berbeda, salah satunya merupakan tempe kemul.

Bila Kamu berkunjung ke wilayah ini, hingga hendak banyak penjual mendoan yang menjajakan dagangannya. Apalagi, terdapat penciptaan tempe spesial buat mendoan yang siap gunakan. Sangat menarik, bukan?

Enting- Enting Gepuk

Enting- enting merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang lumayan terkenal. Santapan ini terbuat dengan bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan gula jawa serta dipadatkan. Rasa kacang serta manis dari gula menyatu dengan sangat sempurna yang membuat kemilan ini terasa begitu nikmat.

Nah, santapan khas Jawa Tengah ini tadinya berasal dari wilayah Salatiga. Tetapi, saat ini Kamu telah lumayan gampang menciptakannya. Perihal ini disebabkan enting- enting telah tersebar di bermacam wilayah serta umumnya menghiasi etalase toko oleh- oleh.

Nasi Gandul

Sempatkah Kamu mendengar menu nasi yang satu ini? Ya, nasi gandul merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang menawarkan rasa yang khas. Berasal dari Pati, nasi gandul dapat jadi menu makan siang ataupun makan malam yang sangat nikmat, terlebih buat Kamu yang suka dengan kuliner pedas.

Apa yang menarik dari menu nasi ini merupakan rasa gurih yang begitu kental muncul dalam tiap bulir nasi yang Kamu makan. Tidak hanya itu, menu ini dilengkapi dengan daging sapi, telur serta disiram dengan kuah pedas yang hendak menaikkan selera.

Nasi Liwet

Menu nasi lain yang tidak boleh dilewatkan dikala Kamu terletak di Jawa Tengah merupakan nasi liwet. Salah satu santapan khas Jawa Tengah ini berasal dari wilayah Solo serta telah sangat populer di bermacam wilayah. Apalagi, bila disimak, nasi liwet telah jadi ikon dari provinsi Jawa Tengah buat perihal kuliner.

Apa yang menarik dari menu nasi liwet merupakan metode masak nasi yang unik dengan bonus santan serta daun pandan buat buatnya lebih gurih. Tidak hanya itu, buat penyajiannya, nasi liwet dihidangkan dengan daun pisang serta diberi lauk yang lumayan lengkap yang umumnya dapat Kamu seleksi sendiri.

Rondo Royal

Nama santapan ini memanglah kerap memunculkan tafsir ganda. Ya, perihal ini disebabkan rondo dalam bahasa Jawa berarti janda serta royal merupakan suka berikan. Tetapi, santapan khas Jawa Tengah ini tidak lalu dimaksud bagaikan janda murah hati yang suka berikan. Entah gimana asal dari nama santapan ini.

Nah, kemilan satu ini berasal dari Jepara serta lumayan populer di golongan warga. Kemilan ini terbuat dengan bahan dasar tape singkong yang setelah itu dibalut dengan adonan tepung serta digoreng. Ya, secara pendek, rondo royal merupakan tape singkong goreng! Tetapi, santapan khas dari jawa tengah ini mempunyai rasa yang begitu gurih serta lezat.

Soto Kudus

Buat Kamu pecinta kuliner soto, menikmati soto Kudus di pagi ataupun siang hari merupakan ilham yang pas. Soto Kudus merupakan salah satu santapan khas Jawa Tengah yang sangat nikmat serta populer. Semacam namanya, panganan ini awal mulanya berasal dari Kudus. Tetapi, saat ini di sebagian tempat telah kerap ditemui tipe soto yang satu ini.

Apa yang menarik dari soto Kudus salah satunya merupakan metode penyajiannya. Umumnya, soto ini disajikan dengan memakai mangkuk yang kecil. Tetapi, jangan salah, rasa soto ini begitu nikmat. Tidak hanya itu, buat opsi daging, Kamu dapat memilah soto dengan daging sapi ataupun kerbau. Lumayan unik, bukan?

Getuk

Kamu pasti telah tahu dengan santapan khas dari jawa tengah ini, bukan? Memanglah, getuk telah banyak ditemui di bermacam wilayah, apalagi di luar Jawa Tengah. Tetapi, awal mulanya, santapan ini timbul di wilayah Jawa Tengah sehingga jadi salah satu makanan khas dari jawa tengah sampai saat ini.

Pada mulanya, getuk timbul dengan corak putih saja. Tetapi, saat ini, kemilan dengan bahan dasar singkong ini timbul dengan bermacam- macam alterasi yang berbeda. Getuk yang diberi bonus kelapa muda parut mempunyai rasa yang lumayan manis serta sangat gurih sehingga sesuai buat kemilan bersama dengan teh hangat.

Wajik

Makanan khas dari jawa tengah lain yang harus Kamu coba merupakan wajik. Dapat dikatakan kalau kemilan ini tercantum salah satu yang masih terdapat walaupun tercantum panganan yang tradisional. Ya, perihal ini disebabkan wajik telah timbul semenjak era dulu, tetapi dapat bertahan diantara gerusan santapan modern sebab rasanya yang khas.

Kemilan ini terbuat dengan bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan kombinasi gula jawa. Nah, sebab campurannya ini hingga wajik tadinya timbul dengan corak cokelat. Tetapi, saat ini santapan khas Jawa Tengah ini timbul dengan aneka corak yang lebih menarik. Buat produk yang satu ini, wajik terbuat dengan bahan gula pasir.