Apa Itu SD WAN Dan Apa Manfaatnya

SD WAN adalah singkatan dari software-defined networking in a wide area network (WAN). SD-WAN menyederhanakan pengelolaan dan pengoperasian WAN dengan memisahkan perangkat keras jaringan dari mekanisme kontrolnya. Konsep ini mirip dengan bagaimana jaringan yang ditentukan perangkat lunak menerapkan teknologi virtualisasi untuk meningkatkan pengelolaan dan operasi pusat data.

Aplikasi utama SD-WAN adalah untuk memungkinkan perusahaan membangun WAN berkinerja lebih tinggi menggunakan akses Internet berbiaya rendah dan tersedia secara komersial, memungkinkan bisnis untuk sebagian atau seluruhnya menggantikan teknologi koneksi WAN pribadi yang lebih mahal seperti MPLS.

WAN memungkinkan perusahaan untuk memperluas jaringan komputer mereka dalam jarak yang jauh, menghubungkan kantor cabang yang jauh ke pusat data dan satu sama lain, dan memberikan aplikasi dan layanan yang diperlukan untuk menjalankan fungsi bisnis. Karena kendala fisik yang dikenakan oleh waktu propagasi dalam jarak yang jauh, dan kebutuhan untuk mengintegrasikan beberapa penyedia layanan untuk mencakup geografi global (seringkali melintasi batas negara), WAN menghadapi tantangan operasional yang penting, termasuk kemacetan jaringan, variasi penundaan paket, [3] packet loss, dan bahkan pemadaman layanan. Aplikasi modern seperti panggilan VoIP, konferensi video, media streaming, dan aplikasi virtual serta desktop memerlukan latensi rendah. Persyaratan bandwidth juga meningkat, terutama untuk aplikasi yang menampilkan video definisi tinggi. Mungkin mahal dan sulit untuk mengembangkan kemampuan WAN, dengan kesulitan terkait yang terkait dengan manajemen jaringan dan pemecahan masalah.

Produk SD-WAN dirancang untuk mengatasi masalah jaringan ini. Dengan meningkatkan atau bahkan mengganti router cabang tradisional dengan peralatan virtualisasi yang dapat mengontrol kebijakan tingkat aplikasi dan menawarkan overlay jaringan, tautan Internet tingkat konsumen yang lebih murah dapat bertindak lebih seperti sirkuit khusus. Ini menyederhanakan proses pengaturan untuk personel cabang. Forum MEF telah mendefinisikan arsitektur SD-WAN yang terdiri dari SD-WAN Edge, SD-WAN Controller dan SD-WAN Orchestrator. SD-WAN Edge adalah fungsi jaringan fisik atau virtual yang ditempatkan di situs kantor cabang / regional / pusat organisasi, pusat data, dan di platform awan awan publik atau pribadi. Forum MEF telah menerbitkan standar layanan SD-WAN pertama, MEF 70 [10] yang mendefinisikan karakteristik dasar dari layanan SD-WAN ditambah persyaratan dan atribut layanan.

SD WAN Indonesia

Meskipun kecepatan SD WAN telah meningkat, kemacetan dapat sangat memengaruhi produktivitas. Sangat penting untuk memastikan bahwa semua koneksi – baik dari perangkat seluler, pusat data, cabang, lokasi jarak jauh, atau aplikasi berbasis cloud – berhasil pada tingkat kinerja yang dapat diterima. Optimasi WAN digunakan untuk memastikan hal itu dengan mengoptimalkan kinerja WAN.

Dengan itu, berbagai teknik pengoptimalan digunakan untuk mengoptimalkan konektivitas di seluruh dunia. Namun, memilih penyedia bukanlah hal yang mudah karena banyaknya pilihan yang tersedia dan perbedaan dari satu WAN ke yang berikutnya.

Untuk membuat pilihan terbaik, pertama-tama Anda harus menentukan apakah WAN Anda akan mendapat manfaat darinya – dan jika demikian, titik masalah apa yang harus ditangani? Anggap saja seperti pipa air. Apakah air mengalir seperti yang diharapkan? Apakah itu tetesan? Apakah itu benar-benar diblokir?

Hasilnya akan lebih dramatis pada WAN yang berjuang untuk tampil daripada WAN yang sudah tampil mendekati kinerja puncak. Meskipun demikian, sebagian besar WAN dapat memanfaatkan pengoptimalan. Bagaimanapun, ini mengurangi jumlah data yang harus dikirim melalui jaringan, meminimalkan penundaan protokol, mengurangi latensi, dan meningkatkan efisiensi tautan WAN.

Beberapa aplikasi secara khusus “cerewet”, yang biasanya melibatkan banyak permintaan dan pengakuan saat paket dipertukarkan. Dengan setiap pertukaran, potensi penundaan meningkat. Aplikasi yang melibatkan pemesanan, pencarian, dan elemen interaktif lainnya dapat memanfaatkannya.

Penyedia memiliki pendekatan yang berbeda. Beberapa kuat dalam pengoptimalan TCP / IP sementara yang lain mungkin lebih bergantung pada kompresi dan dekompresi atau deduplikasi dan caching. Pendekatan ini bukanlah solusi “satu ukuran untuk semua”, sehingga penting untuk mengasah penyedia yang memiliki solusi yang mengatasi tantangan yang dihadapi WAN Anda.

SD WAN Jakarta

Sekitar 60% pekerjaan yang dilakukan di sebagian besar organisasi saat ini dilakukan di lokasi selain pusat data – biasanya di cabang jarak jauh, rumah karyawan, di kantor klien, atau di jalan. Karenanya, organisasi semakin banyak bermigrasi ke infrastruktur terdistribusi – dengan manajemen dan operasi aplikasi yang masih terkumpul dalam satu pusat data. Ini berarti bahwa sejumlah fungsi penting, seperti kapasitas data, ketersediaan aplikasi, dan kesinambungan organisasi semuanya bergantung pada pertukaran aplikasi dan data yang efisien antara situs jarak jauh.

Jaringan area luas tradisional (WAN) telah diganggu dengan waktu penyelesaian transfer data yang diperpanjang dan hambatan throughput yang rendah termasuk bandwidth rendah, latensi, konflik jaringan, dan masalah paket. Hal ini membuat replikasi yang efisien dari aplikasi penting, di seluruh WAN menjadi tidak mungkin atau setidaknya sulit. Pada dasarnya, pengoptimalan WAN memungkinkan lebih banyak data dipindahkan lebih cepat melalui koneksi bandwidth yang lebih rendah.

Sebagian besar masalah, seperti waktu pencadangan yang diperpanjang dan tambahan, produktivitas yang hilang, dan penggunaan bandwidth yang mahal, dapat diatasi dengan perangkat pengoptimalan SD WAN. Menggunakan teknologi seperti kompresi, pengoptimalan internet, dan perutean lalu lintas pintar, pengoptimalan WAN dapat mengurangi biaya bandwidth hingga 60% dan meningkatkan beberapa fungsi seperti pencadangan, deduplikasi data, dan replikasi hingga 95%. Ini juga meningkatkan layanan pemulihan bencana dan mempercepat pencadangan. Mengingat hal ini, manfaat biaya menjadi jelas.

Ada banyak produk pengoptimalan WAN yang memanfaatkan berbagai macam teknologi. Sejauh kualitas berjalan, produk ini menghasilkan berbagai hasil. Beberapa produk mengoptimalkan penggunaan bandwidth, yang lain berfokus pada pengurangan latensi (penundaan waktu antara saat sesuatu dikirim dan diterima), dan yang lainnya meningkatkan integritas jaringan dan replikasi aplikasi.