Beberapa Cara Untuk Mempercepat Koneksi Wifi Android

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android – Cara mempercepat koneksi internet di smartphone Android adalah suatu hal yang banyak dicari, khususnya kamu yang idamkan meraih kecepatan internet terbaik di setiap saat. Tentunya koneksi internet yang lambat sanggup menjadi menyebalkan kalau berjalan terus menerus.

Meski jenis operator seluler yang kamu mengfungsikan cukup berpengaruh, tersedia lebih dari satu langkah andal untuk menanggung kecepatan berinternet yang stabil di smartphone Android kamu. Beberapa langkah tingkatkan kecepatan internet ini tersedia yang sanggup kamu laksanakan langsung berasal dari Settings atau pengaturan bawaan di smartphone Android, tersedia pula yang mengfungsikan aplikasi tambahan untuk mendukung mendorong kecepatan internet lebih optimal.

Jika kamu idamkan paham Cara Mempercepat Koneksi Wifi di smartphone Android, tersebut kita rangkum lebih dari satu metodenya di bawah ini.

Berikut cara-cara mempercepat koneksi internet di Android:

1. Gunakan jaringan 4G LTE

Untuk mengatur koneksi dalam 4G LTE, kamu sanggup langsung singgah ke Settings > Network & internet > Mobile network > Advanced > Preferred network type, sesudah itu pilih GSM/WCDMA preferred atau LTE/WCDMA. Kamu wajib mengetes mana opsi yang terbaik berasal dari 2 pengaturan konektivitas tadi bersama dengan memakainya berinternet untuk lebih dari satu saat.

Banyak berasal dari operator seluler Indonesia yang kini sudah mendukung jaringan 4G LTE. 4G LTE merupakan teknologi konektivitas yang sangat mungkin smartphone Android kamu untuk sanggup meraih kecepatan berinternet hingga 100 Mbps.

2. Cek mutu sinyal WiFi

Bagi kamu yang mengandalkan koneksi WiFi dan mendapati smartphone Android-mu lambat ketika berselancar internet, tersedia baiknya kalau kamu laksanakan kontrol mutu sinyal WiFi. Cara mengecek mutu sinyal WiFi di Android ini butuh aplikasi tambahan yang bernama CloudCheck.

Dengan mengfungsikan aplikasi CloudCheck, kamu sanggup mengecek mutu sinyal WiFi melalui salah satu fiturnya yang bernama WiFi SweetSpots yang dapat menganalisis kuat atau tidaknya sinyal WiFi di posisi kamu berada.

3. Gunakan Chrome Data Saver

Buat kamu yang mengfungsikan aplikasi browser Google Chrome, terkandung fitur bernama Data Saver yang terhadap esensinya mempunyai faedah untuk menghemat kuota internet, namun fitur ini juga berdampak langsung terhadap kecepatan internet kamu ketika membuka suatu web web. Untuk mengaktifkannya, membuka Google Chrome > Settings > Advanced > Data Saver.

Fitur Google Chrome Data Saver dapat memprioritaskan kompresi information kapanpun kamu berkunjung ke sebuah situs, yang artinya semua gambar yang dapat dimuat dapat tampil dalam versi yang lebih enteng (ukuran yang lebih kecil), atau kalau sangat mungkin kamu dapat diarahkan ke versi web AMP (Accelerated Mobile Pages) bersama dengan tampilan yang jauh lebih ringkas dan terlalu cepat dimuat dalam browser.

4. Uninstall atau disable aplikasi yang tidak dibutuhkan

ika smartphone Android yang kamu mengfungsikan bukan keluaran Google atau varian Android One, maka besar mungkin kalau smartphone Android-mu mempunyai banyak aplikasi yang tidak perlu atau bloatware. Aplikasi-aplikasi bloatware ini tidak cuman sanggup membawa dampak proses makin lama lambat berasal dari pas ke pas juga sanggup menurunkan kecepatan internet dikarenakan aplikasi ini senantiasa membuka ke internet dan berjalan di “latar belakang” meski tidak dibuka.

Untuk menyingkirkan aplikasi bloatware ini, menonaktifkan bersama dengan langkah disable adalah satu langkah yang sanggup kamu laksanakan kalau smartphone kamu belum berstatus root. Caranya, kunjungi Settings > Apps & notifications > All apps > Pilih aplikasi yang idamkan kamu disable > Disable. Jika smartphone kamu sudah di-root, kamu sanggup mengfungsikan aplikasi layaknya TitaniumBackup untuk meng-uninstall-nya secara total.

5. Bersihkan junk dan cache secara rutin

Junk dan cache adalah “berkas sampah” yang wajib dibersihkan secara berkala di smartphone Android kamu. Seiring waktu, berkas junk dan cache ini dapat menumpuk dan menurunkan responsivitas aplikasi yang kamu pakai, juga sanggup menurunkan kecepatan berinternet kamu.

Untuk membersihkan junk dan cache ini, caranya kunjungi Settings > Apps & notification > All apps > Pilih aplikasi yang idamkan kamu membersihkan berasal dari junk dan cache > Storage > Clear cache. Pastikan kamu membersihkan cache secara rutin untuk senantiasa sanggup menikmati kecepatan aplikasi dan internet yang optimum.

6. Gunakan aplikasi pemblokir iklan

Salah satu hal yang cukup mengganggu pengguna internet di platform mobile adalah terdapatnya banner iklan yang terkadang keluar dalam ukuran full screen dan menutupi semua jendela browser. Banner iklan semacam ini dan gambar iklan lain yang bertebaran di antarmuka sebuah web web sanggup mengonsumsi kuota internet kamu, juga memperlambat koneksi internet secara menyeluruh.

Dengan memblokir iklan di Android, tidak cuman sanggup menghemat kuota information internet kamu juga sanggup mempercepat koneksi internet. Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android, instal aplikasi AdGuard Content Blocker berasal dari Google Play Store, sesudah itu aktifkan AdGuard. Sejauh ini AdGuard baru mendukung 2 browser untuk pemblokiran iklan, pada lain Yandex Browser dan Samsung Internet Browser.

7. Jangan mengfungsikan widget

Widget adalah semacam ekstensi sebuah aplikasi di platform Android yang kebanyakan di letakkan di homescreen. Widget sanggup memberi informasi instan layaknya cuaca, jam, tanggal, dan faedah lain cocok bersama dengan widget aplikasi yang tersedia.

Meski bermanfaat, widget sanggup kuras baterai dan memperlambat koneksi internet kamu dikarenakan senantiasa membuka ke server penyedia information meski ketika smartphone dalam keadaan standby. Cara berikutnya untuk tingkatkan kecepatan internet adalah bersama dengan menghapus widget berasal dari homescreen kamu. Memang sanggup menurunkan estetika homescreen, namun setidaknya kamu sanggup meraih kecepatan internet dan usia baterai yang lebih optimum.

8. Tutup aplikasi kalau tidak digunakan

eringkali, pengguna Android cuma menghimpit tombol back atau home sesudah mengfungsikan aplikasi. Hal ini dapat tingkatkan beban ke muatan RAM dan memperlambat koneksi internet dikarenakan aplikasi tadi tidak seutuhnya ditutup dan masih berjalan di latar belakang. Untuk menutup aplikasi secara menyeluruh, caranya klik tombol recent apps dan swipe aplikasi yang tidak kamu butuhkan untuk membawa dampak RAM lebih lega dan koneksi internet yang lebih lancar.

9. Lakukan reboot atau restart secara berkala

Melakukan reboot atau restart adalah salah satu langkah ampuh yang berlaku untuk semua proses operasi ketika berjalan kendala. Bisa menjadi smartphone Android kamu di satu kesempatan mengalami kendala lanjutan internet, atau mengalami lambatnya koneksi internet yang disebabkan oleh hal yang tidak kamu ketahui.

Melakukan reboot atau restart sanggup kamu laksanakan sebagai langkah untuk membawa dampak proses Android lagi bekerja dalam keadaan yang “bersih” berasal dari ragam proses aplikasi yang sanggup menjadi membawa dampak proses overload dan lambat memproses.

10. Gunakan aplikasi hibernasi

Aplikasi hibernasi adalah langkah berikutnya untuk tingkatkan kecepatan internet. Dua pilihan aplikasi hibernasi terbaik yang sanggup kita rekomendasikan adalah Greenify dan Brevent. Aplikasi hibernasi dapat membawa dampak aplikasi yang kamu pilih sehingga “tidur” sejenak dan berhenti mengonsumsi koneksi internet hingga saatnya kamu membuka secara manual.

Greenify dan Brevent sanggup digunakan tanpa root, namun untuk mendapat faedah maksimal sebaiknya smartphone Android kamu sudah dalam keadaan root. Greenify dan Brevent dapat menyetop wakelocks yang meminta koneksi internet secara terus menerus, khususnya terhadap aplikasi fasilitas sosial layaknya Facebook, Instagram, Snapchat, dan lain-lain. Namun, tersedia satu dampak berasal dari penggunaan 2 aplikasi ini yaitu mungkin terlambatnya notifikasi atau update berasal dari aplikasi yang kamu pilih untuk dihibernasi tadi.

Itulah Beberapa informasi mengenai Cara Mempercepat Koneksi Wifi Android, semoga artikel ini dapat membantu anda.