Cara Menghilangkan Komedo

cara menghilangkan komedo – Selain jerawat, masalah lain yang sering mengganggu kulit muka adalah komedo. Meskipun tidak amat terlihat, komedo dianggap mengganggu penampilan saat muka dilihat dari dekat.
Sel kulit mati yang menyumbat pori-pori muka akibat minyak berlebih ini merupakan golongan jerawat gampang dengan dua type yang paling tenar yaitu komedo terbuka (blackhead) yang berwarna hitam atau cokelat, dan komedo tertutup (whitehead) yang berwarna putih.

Cara Menghilangkan Komedo

Namun tenang! Buat kamu yang punya masalah komedo, ternyata tersedia penanganan yang gampang tanpa perlu mengeluarkan banyak cost untuk mengatasinya. Langsung aja cek 10 langkah menghalau komedo dengan bahan alami selengkapnya di bawah ini!

1. Cara menghalau komedo dengan tomat
Mengandung likopen yang bersifat anti-oksidan, tomat dipercaya ampuh mencegah dan menghalau komedo karena bisa menangkal radikal bebas, dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Dengan teratur gunakan tomat sebagai masker wajah, pori-pori kulit termasuk bakal mengecil agar bakteri tidak gampang masuk untuk membentuk komedo ataupun jerawat.

Bilas tomat sampai bersih selanjutnya tumbuk halus atau blender, kemudian usapkan terhadap muka secara merata (terutama terhadap bagian yang berkomedo). Diamkan selama 30 menit sampai masker mengering, selanjutnya bilaslah dengan air dingin. Lakukan dengan teratur untuk hasil terbaik.

2. Cara menghalau komedo dengan kacang kedelai
Kandungan vitamin E yang cukup tinggi memicu kacang kedelai punya kegunaan yang amat baik untuk kulit. Kacang kedelai ini termasuk bakal berfaedah sebagai anti-oksidan yang bakal melindungi kulit dari bakteri-bakteri jahat.

Siapkan kacang kedelai secukupnya untuk direndam selama 5-10 menit, sambil menanti cucilah muka dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Lalu blender kedelai yang sudah direndam sampai halus untuk kemudian dioleskan terhadap muka secara merata dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat atau air dingin.

3. Cara menghalau komedo dengan lidah buaya
Bahan alami yang satu ini sebenarnya amat tenar untuk perawatan tubuh. Bagi yang punya kulit berminyak pasti sudah tidak asing ulang dengan khasiat-khasiat yang dimiliki lidah buaya. Mengandung saponin dan astrigent yang berfaedah sebagai zat anti-mikroba dan anti-bakteri, gel lidah buaya bakal menjadi bahan pengangkat lemak atau minyak penyebab jerawat dan komedo terhadap muka yang ampuh dan aman.

Ambil daun lidah buaya secukupnya dan usapkan gel atau daging dari daun tersebut, kemudian usapkan secara merata ke seluruh wajah. Lakukan pijatan di area muka yang berkomedo untuk mempermudah pengangkatan komedo saat dibilas, dan diamkan selama 20-30 menit. Bilaslah dengan air sampai bersih.

4. Cara menghalau komedo dengan putih telur
Protein yang terkandung di dalam putih telur bisa mengurangi pori-pori muka yang terbuka. Kandungan magnesiumnya termasuk bakal menyerap minyak berlebih. Kedua takaran selanjutnya sudah pasti bakal mengurangi dan menghalau komedo yang melekat terhadap muka jikalau teratur digunakan sebagai masker.

Pisahkan 1 atau 2 butir putih telur dari kuning telur, selanjutnya kocok dengan gunakan garpu agar putih telur tidak amat kental. Oleskan terhadap muka secara merata dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini 2-3 kali seminggu.cara menghilangkan komedo

5. Cara menghalau komedo dengan teh hijau
Sadar gak belakangan ini semakin banyak merk kecantikan yang gunakan teh hijau sebagai bahan alami untuk perawat kulit? Itu seluruh karena kandungan-kandungan yang terkandung di dalamnya sebenarnya memberi tambahan banyak kegunaan baik bagi tubuh bagian di dalam sampai bagian luar. Kaya bakal vitamin E dan anti-oksidan, teh hijau tentu saja bakal mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab komedo melekat terhadap wajah.

Tempelkan ampas teh hijau yang sudah diseduh terhadap muka yang sudah dibersihkan dengan air hangat sebelumnya, dan diamkan selama 15-30 menit sampai ampas mengering. Atau langkah menghalau komedo lainnya adalah dengan membekukan air seduhan teh hijau di di dalam cetakan es, dan usapkan terhadap muka seduhan teh hijau yang sudah membeku secara merata. Praktis, kan?

6. Cara menghalau komedo dengan lemon
Banyak sekali kegunaan lemon yang bisa kita peroleh dari lemon, termasuk untuk kebugaran kulit wajah. Mengandung asam alfa hidroksi, buah lemon bisa mencegah komedo dan jerawat karena takaran selanjutnya bisa menangkal radikal bebas sampai ke kulit bagian dalam. Asam sitrat dan astringent di dalam lemon termasuk bakal mengurangi pori-pori agar kotoran tidak gampang masuk.

Cukup usapkan perasan lemon terhadap muka dan diamkan selama 15 menit selanjutnya bilas dengan air sampai bersih. Atau langkah lainnya, cuci muka dengan air hangat terlebih dahulu, selanjutnya potong-potong lemon dan segera gosokkan dengan lembut terhadap area yang berkomedo selama 3-5 menit, kemudian bilas degan air dingin.

7. Cara menghalau komedo dengan madu
Madu bakal memicu sel-sel kulit mati dan komedo dikeliarkan dengan gampang dari pori-pori karena takaran alaminya. Anti-oksidan, anti-bakteri, dan antiseptik merupakan paket lengkap yang dimiliki madu untuk menghancurkan penyebab tersumbatnya pori-pori wajah.

Oleskan madu murni secara merata ke permukaan muka dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin atau air hangat. Kita termasuk bisa menggabungkan bahan lain seperti susu ataupun oatmeal untuk menciptakan masker muka alami.

8. Cara menghalau komedo dengan campuran kopi dan gula
Ternyata takaran kafein terhadap kopi bisa menolong pengangkatan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah, lho! Sel-sel lemak dan minyak yang menjadi penyebab komedo termasuk bakal menyusut dengan pemanfaatan masker kopi.

Campurkan bubuk kopi yang sudah diberi sedikit air dengan gula secukupnya, kita bakal segera mendapatkan scrub muka alami untuk digosokkan terhadap area muka yang bakal mengangkat kulit mati dan komedo.

9. Cara menghalau komedo dengan pasta gigi
Pasta gigi mempunyai kandungan flouride dan mineral yang bisa menghalau komedo, dan mengeringkan jerawat dengan ampuh.

Oleskan pasta gigi secara merata ke bagian yang berkomedo atau berjerawat dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Namun perlu diingat, pastikan dahulu jikalau pasta gigi yang kita gunakan terbuat dari bahan herbal agar muka terbebas dari bahan-bahan kimia.

10. Cara menghalau komedo dengan air hangat
Bahan yang paling sederhana ini justru ampuh untuk menghalau komedo karena bakal mengakses pori-pori kulit wajah. Dengan pori-pori yang terbuka komedo bakal gampang lepas dan jerawat terhadap muka termasuk bakal kering.

11. Tea tree oil
Tea tree oil bisa digunakan untuk menolong menghalau kotoran dan minyak di kulit yang bisa menyumbat pori-pori dan berpotensi memicu komedo Tea tree oil termasuk punya pembawaan anti-komedogenik (antibakteri dan antiinflamasi) yang bisa menolong menghalau komedo. Untuk mendapatkan kegunaan ini, Anda tinggal mengoleskan tea tree oil terhadap bagian muka yang berkomedo. Agar lebih optimal, tea tree oil bisa dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles.

Gunakan plester komedo sebelum saat memanaskan muka dengan uap air hangat agar komedo terangkat saat melepaskan plester, atau basahi handuk kecil dengan air hangat selanjutnya usapkan terhadap muka untuk mengakses pori-pori.cara menghilangkan komedo