Ini Dia Makanan Khas Jawa Tengah Yang Paling Terkenal

Makanan Khas Jawa Tengah Yang Paling Terkenal – Jika kamu mengunjungi sebuah daerah, baik guna menjalankan urusan kegiatan atau melulu sekadar liburan, mengupayakan makanan khas yang terdapat di wilayah tersebut ialah hal yang tidak boleh kamu lupakan.

Ya, setiap wilayah di Indonesia tentu mempunyai makanan khas yang mempunyai cita rasa yang bertolak belakang dan tentunya paling wajib guna dicoba. kita yang suka dengan wisata kuliner pasti akan paling terhibur karenanya.

Diantara wilayah yang mempunyai cukup tidak sedikit pilihan makanan khas ialah Jawa Tengah. Salah satu provinsi terluas di Pulau Jawa ini menawarkan tidak sedikit sekali makanan khas yang lezat dan mesti dicoba. Bagi itu, inilah kami berikan sejumlah rekomendasi makanan khas jawa tengah yang paling terkenal:

Telur Asin

Anda tentu telah sangat tak asing dengan makanan yang satu ini, bukan? Ya, telur asin memang lumayan mudah ditemukan di sekian banyak daerah, bahkan di luar Jawa Tengah sekalipun.

Makanan ini umumnya diciptakan dengan bahan dasar telur bebek yang sudah merasakan proses direndam larutan garam sampai rasanya pulang menjadi asin.

Telur asin tadinya berasal dari wilayah Brebes, Jawa Tengah. Daerah ini menjadi sentra penghasil telur asin terbesar di Jawa Tengah. Tidak menyeluruh rasanya bila berangjangsana ke Brebes tanpa melakukan pembelian telur asin khas wilayah tersebut.

Tahu Petis

Tahu petis ialah salah satu Makanan Khas Jawa Tengah Yang Paling Terkenal dan populer di sekian banyak kalangan masyarakat. Seperti namanya, makanan khas ini ialah paduan dari tahu dan petis. Biasanya, makanan ini dijadikan camilan nikmat guna rapat atau sekadar merasakan waktu luang.

Makanan ini diciptakan dengan bahan dasar tahu pong. Setelah itu, tahu digoreng hingga lumayan kering.

Kemudian, dalam penyajiannya, tahu akan diguyur dengan saus petis yang berwarna hitam. Di samping disiram, sejumlah penjual makanan khas Jawa Tengah ini memakai petis sebagai isian tahu.

Lumpia Semarang

Jika kita berada di area Semarang tidak menyeluruh rasanya andai melewatkan masa-masa untuk mengupayakan lumpia khas Semarang. Lumpia ialah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah paling terkenal. Asal makanan ini memang dari Semarang meskipun sekarang sudah tidak sedikit menyebar di wilayah lainnya.

Camilan khas ini diciptakan dengan memakai tepung terigu yang disusun menjadi kulit. Setelah itu, kulit itu akan membungkus sejumlah pilihan isi lumpia, laksana sayuran, udang, telur dan ayam.

Mendoan

Siapa yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini? Mendoan masuk dalam di antara gorengan sangat terkenal di Indonesia.

Namun, sebenarnya, gorengan legendaris ini berasal dari Jawa Tengah. Ya, awalnya, makanan khas Jawa Tengah ini tidak sedikit ditemukan di wilayah Purwokerto dan Banyumas.

Di wilayah tersebut, mendoan memang dinamakan dengan nama yang berbeda, salah satunya ialah tempe kemul.

Jika Anda berangjangsana ke wilayah ini, maka akan tidak sedikit penjual mendoan yang menjajakan dagangannya. Bahkan, ada buatan tempe khusus guna mendoan yang siap pakai.

Nasi Gandul

Pernahkah kita mendengar menu nasi yang satu ini? Ya, nasi gandul ialah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang menawarkan rasa yang khas. Berasal dari Pati, nasi gandul dapat menjadi menu santap siang atau santap malam yang paling nikmat, terlebih guna Anda yang suka dengan kuliner pedas.

Apa yang unik dari menu nasi ini ialah rasa gurih yang begitu kental muncul dalam masing-masing bulir nasi yang kita makan. Di samping itu, menu ini dilengkapi dengan daging sapi, telur dan diguyur dengan kuah pedas yang akan meningkatkan selera.

Soto Kudus

Buat Anda penyuka kuliner soto, merasakan soto Kudus di pagi atau siang hari ialah ide yang tepat. Soto Kudus ialah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang paling nikmat dan terkenal. Seperti namanya, panganan ini tadinya berasal dari Kudus. Namun, sekarang di sejumlah tempat sudah tidak jarang ditemukan jenis soto yang satu ini.

Apa yang unik dari soto Kudus salah satunya ialah cara penyajiannya. Biasanya, soto ini disajikan dengan memakai mangkuk yang kecil. Namun, tidak boleh salah, rasa soto ini begitu nikmat. Di samping itu, guna pilihan daging, Anda dapat memilih soto dengan daging sapi atau kerbau.