Macam Motif Batik Modern

macam motif batik modern – Batik merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Tapi memahami kah kamu kecuali batik tidak cuma berasal berasal dari area Jawa saja ?

Macam Motif Batik Modern

Berikut kita dapat mengkaji jenis-jenis batik di Nusantara beserta macam-macam motif dan gambarnya. Mulai berasal dari motif batik modern hingga bersama motif batik sederhana.

1. Motif Batik Aceh

Ciri khas berasal dari batik Aceh adalah gunakan perpaduan unsur alam dan budaya berasal dari penduduk Aceh itu sendiri. Untuk persoalan warna, batik Aceh lebih dominan gunakan warna yang cerah.

Keberanian memainkan warna itulah yang menjadikan batik Aceh terkesan unik dan glamor. Selain itu, Aceh merupakan area yang mempunyai efek Agama Islam yang kuat. Sehingga jarang sekali penduduk Aceh gunakan motif binatang yang merupakan larangan dalam Agama Islam.

2. Motif Batik Bali

Ciri khas berasal dari kain batik Bali adalah terdapat pada motifnya yang menggabungkan antara motif tradisional dan motif modern. Selain itu, kain batik Bali membawa ciri khas ada lambang-lambang area seperti naga, burung bangau, kura-kura, dan rusa.

Dilihat berasal dari motif dan bentuknya mampu dikatakan bahwa motif yang ada pada batik Bali ini tidak membawa batasan dalam perihal pengeksplorannya. Batik Bali sendiri banyak terinspirasi oleh seluruh perihal yang berada di Bali.

3. Motif Batik Banyuwangi

Motif batik Banyuwangi merupakan sebuah perwujudan berasal dari beragam perihal yang terkait bersama ciri khas area Banyuwangi. Batik Banyuwangi membawa nilai estetika yang sangat mempesona. Semua nama batik asli yang terdapat di Banyuwangi ini ternyata banyak tergoda oleh situasi alam.

Beberapa motif kain batik Banyuwangi cuma menekankan nilai estetika dan menggambarkan jati diri berasal dari penduduk Banyuwangi itu sendiri.

4. Batik Bojonegoro

Bojonegoro merupakan sebuah area yang membawa kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa. Kekayaan ini lah yang menginspirasi penduduk Bojonegoro untuk menjadikannya sebagai motif batik khas Bojonegoro.

Batik khas Bojonegoro biasa disebut bersama nama batik Jonegoroan dan mempunyai 9 motif batik yang terkenal. Diantaranya adalah motif Jagung Miji Emas, Gastro Rinonce, Mliwis Mukti, Parang Jembul Sekar Rinandar, Parang Dahano Munggal, Pari Sumilak, Sata Gondo Wangi, Sekar Jati dan Rancak Thengul.

5. Motif Batik Banyumas

Ciri khas batik Banyumas adalah warnanya didominasi bersama warna-warna basic kecoklatan dan hitam. Motif batik Banyumas dinamakan bersama nama motif Jonasan. Motif batik ini banyak terinspirasi oleh tumbuhan dan hewan, cocok bersama lingkungan yang terdapat di Banyumas.

Batik Banyumas dikenal sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan. Nilai inilah yang jadi filosofi berkembangnya motif-motif batik yang ada di Banyumas. Diantaranya adalah Motif Ayam Puger, Madu Bronto, Jahe Puger, Batu Wiljinan, Kawung Jenggot, dan lain-lain.

6. Motif Batik Banten

Ciri khas batik Banten adalah mempunyai corak warna yang cenderung ceria bersama gunakan perpaduan warna pastel yang berkesan lembut. Hal tersebut melambangkan bahwa penduduk Banten membawa cii-ciri bersama hati yang lembut.

Selain itu, batik Banten membawa ciri khas pada pola hias gerabah klasik dan keramik berasal dari peninggalan kerajaan Banten. Filosofi batik Banten banyak bercerita tentang peristiwa seperti nama bangunan, gelar, area dan lain-lain. Beberapa motif Banten yang tenar adalah motif mandalikan, sabakingking, pasepen, pejantren, pasulaman, kapurban, dan lain-lain.

7. Motif Batik Bengkulu

Ciri khas batik Bengkulu adalah motifnya lebih dominan ke arah huruf arab atau kaligrafi dan bunga raflesia yang merupakan ciri khas kota Bengkulu. Selain itu ada terhitung motif burung walet, dikarenakan di Bengkulu Selatan merupakan sentra produksi burung walet.

Uniknya lagi, motif batik Bengkulu di kombinasikan bersama motif lain seperti motif burung kuau, relung paku, dan lain sebagainya.

8. Motif Batik Cirebon

Batik Cirebon membawa 2 kategori motif, yakni motif keraton dan motif pesisiran. Motif keraton diambil berasal dari ornamen-ornamen keraton dan warnanya cenderung warna sogan dan babar mas. Sedangkan motif pesisiran mempunyai kandungan unsur flora dan fauna baik berasal dari darat maupun berasal dari laut dan membawa warna yang lebih terang.

Motif batik Cirebon yang paling tenar sekaligus dijadikan sebagai simbol kota tersebut adalah motif Awan Mega Mendung. Motif ini banyak tergoda oleh budaya china yang berkembang di Indonesia.

9. Motif Batik Cilacap

Cilacap merupakan area yang mempunyai beragam budaya yang khas dan unik, salah satunya adalah budaya membatik. Ciri khas batik Cilacap adalah membawa pilihan warna klasik, yakni warna coklat, hitam, dan putih.

Untuk motif batik Cilacap pada umumnya terinspirasi oleh situasi lingkungan lebih kurang seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang. Batik Cilacap terhitung membawa motif kontemporer khas Cilacap, diantaranya adalah buah jeruk, buah growok, dan sungai serayu.

10. Motif Batik Ciamis

Batik Ciamis tidak sama bersama umumnya batik lainnya. Corak batik Ciamis tidak sangat rumit dan ramai. Motif batik Ciamis biasa disebut bersama nama Ciamisan dan membawa cii-ciri yang sederhana.

Ragam hias batik Ciamis membawa nuansa naturalistik, banyak gunakan gambar tumbuh-tumbuhan dan hewan dan juga lingkungan alam sekitar. Salah satu motif alam lebih kurang yang paling banyak dijumpai dalam batik Ciamisan adalah lereng atau rereng.

11. Motif Batik Cianjuran

Cianjur merupakan area yang tenar bersama beras dan ayam palungnya. Dari sinilah penduduk Cianjur mengambil alih ide untuk membawa dampak motif batik Cianjur.

Ciri khas batik Cianjur adalah membawa warna-warna yang bernuansa natural seperti tumbuh-tumbuhan yang berada di area Cianjur. Umumnya warna batik Cianjur mendekati warna tanah, daun, atau bulir padi.

Motif batik Cianjur secara garis besar mampu digolongkan jadi 4 tipe motif, diantaranya adalah motif beasan, mamaos, maenpo, dan hayam pelung.

12. Motif Batik Cimahi

Kota Cimahi merupakan kota yang tenar bersama kreatifitasnya. Kota ini terhitung membawa warisan batik asli yang enggak kalah bersama batik lainnya yang ada di Indonesia.

Kota Cimahi mempunyai 5 motif batik asli, diantaranya adalah motif anyaman bambu, lereng kujang, daun singkong, curug cimahi, dan pusdik. Dilihat berasal dari motif-motif tersebut mampu kita simpulkan, bahwa penduduk Cimahi banyak terinspirasi oleh lingkungan alam area Cimahi itu sendiri.

13. Motif Batik Demak

Ciri khas batik Demak adalah motifnya menggabungkan antara motif pesisiran bersama motif pertanian dan juga terdapat perpaduan corak Majapahit bersama nilai-nilai Agama Islam. Tujuannya untuk mengenalkan lagi beragam macam corak batik Demak kepada para pecinta batik di seluruh Dunia.

Motif batik Demak banyak terinspirasi berasal dari peristiwa kerajaan Demak dan sangat menonjolkan motif pesisiran. Selain itu, motif batik Demak terhitung mempunyai keunikan yakni menggabungkan antara motif klasik dan motif kontemporer.

14. Motif Batik Brebes

Brebes merupakan area yang tenar bersama telor asin dan bawang merahnya. Selain itu area ini membawa motif batik asli yang enggak kalah bagus bersama batik di area lainnya. Batik Brebes lebih dikenal bersama sebutan batik salem atau batik brebesan.

Ciri khas batik Brebes adalah banyak tergoda oleh batik Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Tegal, dan Banyumas. Untuk pewarnaan sendiri, batik salem didominasi oleh warna cokelat, hitam, dan putih bersama motif kopi pecah, manggar, dan ukel. macam motif batik modern