Makanan Khas Bali Paling Fancy dan Kece Abis

Bagi Anda yang melakukan perjalanan liburan di Bali, jangan hanya fokus untuk melakukan perjalanan wisata dengan berkunjung ke pantai, pura dan berbagai spot wisatanya saja. Anda juga tak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung menikmati aneka sajian kuliner di Bali. Ada berbagai macam makanan khas Bali yang paling direkomendasikan untuk Anda.

Makanan khas Bali dengan cita rasa khas Bali yang sangat kental dipadukan aneka perpaduan rempah yang nyaris sempurna akan membuat Anda merasakan sensasi kenikmatan yang tak ada duanya.

Nah, bagi Anda yang liburan di Bali dan penasaran dengan apa saja makanan khas Bali yang direkomendasikan untuk para wisatawan, disini kami akan berikan ulasan informasinya untuk Anda. Cek dulu rekomendasinya dan masukkan ke dalam daftar kuliner Anda kalau berkunjung ke Bali!

Cari Tempat Makan di Bali yang menawarkan Menu Kuliner Tradisional seperti di daerah Kuta, Ubud dan yang Halal ? jika iya, inilah Ulasan Sejarah & Daftar Nama Makanan Tradisional Khas Bali yang Enak dan Paling Terkenal.

Hi traveler’s, jumpa lagi dengan Kang Dian, penulis blog informasi Tempat Wisata di Bali Terbaru, yang kali ini akan me-review daftar Menu Kuliner Khas Bali Super Enak selain Ayam Betutu,

lebih tepatnya daftar Makanan Tradisional Khas Bali yang Terkenal Enak dan sangat rekomended untuk anda jadikan Menu Kuliner Bali yang Wajib di Coba !!

Nah lalu seperti apa sih daya tarik wisata kuliner berburu aneka kuliner lezat makanan tradisional khas bali ini ? dan apa sih Pengertian Makanan Khas Bali itu ?

lalu apa saja sih Nama Kuliner Tradisional Khas Bali tersebut ? dan apakah Makanan Khas Bali Halal juga tersedia di Tempat Makan Halal di Daerah Kuta ?

selanjutnya bagi anda yang mau liburan mengunjungi Tempat Wisata di Ubud, tentunya anda juga bertanya, apakah ada Makanan Khas Bali di Ubud ?

Baiklah untuk menjawab semua pertanyaan di atas, yuk kita simak saja ulasannya di bawah ini lengkap dengan info kisaran Harga Makanan Tradisional Bali juga Makanan Khas Bali dan Sejarahnya.

Source Via IG warungkayumanisbaliSahabat traveler’s, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya Pulau Bali adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia, selain Bandung bukan ?

Sejuta pesona wisata alamnya seperti Pantai di Bali, Air Terjun di Bali, Danau di Bali, Bukit di Bali yang indah membuat Bali tidak pernah sepi didatangi turis lokal dan mancanegara.

terlebih saat ini bermunculan juga Tempat – Tempat Hits di Bali lainnya yang menawarkan Objek Wisata Baru di Bali seperti Museum 3 Dimensi di Bali, Escape Room di Bali,

hingga Tempat Sulap di Bali, Waterboom di Bali dan juga pusat watersport di Bali seperti Bali Wake Park And Aqualand dan masih banyak yang lainnya.

Nah begitu larisnya Pulau Bali sebagai destinasi wisata kelas dunia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia,

maka hal tersebut telah membuka peluang usaha wisata lainnya oleh banyak pengusaha untuk membuka tempat – tempat wisata kuliner di bali,

salah satu bukti kuliner bali telah pesat berkembang adalah sekarang ini kita mudah sekali menemukan pusat kuliner mulai dari warung hingga resto dan Cafe di Bali.

tempat – tempat kuliner tersebut selain menawarkan aneka menu kuliner enak dan lezat seperti indoensian foods, chinese food hingga western food,

juga tidak lupa juga menyediakan beragam nama – nama makanan tradisional khas Bali untuk para pengunjungnya, yang ternyata banyak juga peminatnya.

Contents

Makanan Khas Bali yang Terkenal

Nah untuk itu, kali ini kang dian mau berbagi informasi seputar daftar nama – nama makanan tradisional khas bali yang wajib anda cicipi saat pergi liburan ke Bali.

1. Betutu

Sahabat traveler’s, jika anda bertanya kepada saya, Kang Dian apa sih nama Makanan Khas Bali yang paling terkenal dan banyak diburu wisatawan ? Betutu adalah jawabannya !

Lalu apa sih pengertian Betutu itu ?

jika mengambil informasi dari wikipedia, Betutu adalah hidangan lauk terbuat dari daging ayam atau bebek utuh yang berisi bumbu, dan cara memasaknya dengan dipanggang dalam api sekam.

Asal Usul Nama Betutu
Sahabat traveler’s, Be-Tutu adalah jenis masakan tradisional daerah Bali yang bahan dasarnya adalah karkas utuh itik dan ayam.

Kata betutu sendiri berasal dari kata tunu yang berarti bakar dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging, jadi jika disimpulkan dimaknai daging yang dibakar.

Sahabat traveler’s, perlu anda ketahui bahwasanya Makanan Tradisional Khas Bali Betutu ini sendiri namanya sudah lama dikenal oleh masyarakat di seluruh kabupaten di Bali.

Dan masyarakat bali yang paling banyak membuat makanan khas betutu ini adalah berada di desa Melinggih, kecamatam payangan, kawasan Tempat Wisata di Gianyar.

Dan perlu anda ketahui juga, ada jenis menu hidangan makanan khas di bali betutu ini yakni juga Ayam Betutu yang juga merupakan Makanan Khas Gilimanuk.

Sejarah Makanan Khas Bali Betutu

Sahabat traveler’s, Sejarah Makanan Tradisional Betutu ini mencatat bahwasanya makanan ini sering digunakan warga bali sebagai sesajen pada pelaksanaan upacara keagamaan dan upacara adat,

dan konon menurut catatan sejarahnya juga, makanan khas Betutu ini juga ternyata merupakan makanan favorit atau kesukaan dari raja – raja Bali pada zamannya,

Dan kini makanan tradisional khas bali Betutu ini sudah menjadi menu kuliner atau hidangan yang banyak di jual, mulai di warung – warung makan hingga cafe dan Restoran di Bali,

dan untuk konsumennya sendiri tidak hanya terbatas bagi kalangan keluarga raja di bali maupun warga masyarakat bali saja, namun indonesia dan tamu – tamu mancanegara.

Dan berikut 2 jenis makanan khas betutu yang sangat terkenal di bali dan sangat legendaris, yang bisa anda jajal cita rasanya yang enak dan lezat.

Makanan Khas Bali yang Mendunia

2. Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali

Source Via IG bisabikinSahabat traveler’s, inilah Makanan Khas Bali Betutu yang Enak dan terkenal sangat legendaris serta paling terkenal dan banyak diburu wisatawan, Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Tempat Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk di Bali
Sahabat traveler’s, berikut adalah nama tempat makan makanan khas gilimanuk bali di kawasan Tempat Wisata di Kuta yaitu ayam betutu yang paling terkenal dan wajib untuk anda datangi.

3. RM Ayam Betutu Khas Gilimanuk Kuta Bali

Sahabat traveler’s, inilah tempat makan ayam betutu khas gilimanuk di daerah kuta bali yang wajib untuk anda kunjungi untuk menjajal menu makanan khas bali ini.

Alamat RM Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini lokasinya berada di Jalan Raya Tuban No. 2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361[ Peta Lokasi ]

Lokasinya Dekat dengan objek wisata Circus Waterpark Kuta dan Waterbom Bali, lalu Pantai Jerman, Pantai Kelan, Pantai Kuta dan Ground Zero Memorial dan Krisna Oleh-Oleh Khas Bali.

Jam Buka tempat makan makanan khas bali di daerah kuta bali ini setiap harinya buka mulai dari jam 08.30 hingga pukul 22.00 WITA, No tlp (0361) , Website : betutugilimanuk.com

4. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Sahabat traveler’s, inilah rekomendasi kedua tempat makan ayam betutu khas gilimanuk di daerah denpasar bali selanjutnya yang wajib untuk anda ketahui.

Alamat RM Ayam Betutu Khas Gilimanuk di kawasan Tempat Wisata di Denpasar ini berada di Jl. Merdeka No.88, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka tempat makan makanan khas bali ayam betutu gilimanuk di denpasar ini setiap harinya mulai buka dari jam 10.00 hingga pukul 21.00 WITA, No Tlp : (0361) .

5. Wr. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Sahabat traveler’s, inilah outlet warung makan ayam betutu khas gilimanuk di denpasar bali selanjutnya yang menawarkan aneka hidangan ayam betutu.

Alamat Wr.Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini lokasinya berada di Jalan Buluh Indah No.51X, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Waktu operasional warung ayam betutu khas gilimanuk di jalan buluh indah denpasar ini setiap harinya mulai buka dari jam 10.00 – 21.00 WITA, No Tlp : (0361) .

Harga Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali
Sahabat traveler’s, jika anda bertanya berapakah harga makanan ayam betutu khas gilimanuk bali saat ini ?, maka jawabannya adalah sangat terjangkau.

untuk 1/4 porsi ayam betutu harganya Rp.26.000, lalu 1/2 porsi ayam betutu harganya Rp.43.500 dan jika 1 ekor ayam betutu maka harganya Rp.76.000.

Cara Membuat Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali
Sahabat traveler’s, makanan khas ini terbuat dari bahan daging ayam potong utuh yang sebelum dimasak harus telah dibersihkan terlebih dahulu,

setelah dibersihkan kemudian ke seluruh permukaan tubuh daging ayam tersebut dibalurkan bumbu khas Bali yang dikenal dengan base genep, dan sisanya dimasukkan ke dalam rongga abdomennya.

selanjutnya daging ayam yang telah dibumbui tersebut kemudian bisa kita rebus, goreng atau juga dibakar hingga matang dan akan menghasilkan aroma yang khas.

Aroma makanan khas betutu muncul disebabkan oleh adanya panas yang menyebabkan air dan lemak daging ayam ikut menguap.

dan semakin banyak uap yang dihasilkan oleh betutu, maka semakin kuat dan enak juga aromanya.

Untuk hidangan makanan tradisional ayam betutu sendiri ada Ayam Betutu Kuah, lalu kemudian ada Ayam Betutu Goreng dan Ayam Betutu Bakar.

Resep Ayam Betutu Gilimanuk Bali

Sahabat traveler’s, untuk membuat menu hidangan makanan khas bali ayam betutu khas gilimanuk berikut tutorial cara serta resep cara memasaknya :

Bahan yang dibutuhkan membuat ayam betutu adalah satu ekor ayam yang sudah dibersihkan bagian dalamnya, bumbu genep, bumbu wewangenan, garam, dan minyak kelapa.

base genep atau bumbu khas Bali terdiri bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa.

untuk bumbu wewangenan terdiri merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, menyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut.

Proses pembuatan ayam betutu dimulai dengan menghaluskan base genep dan wewangenan kemudian ditumis hingga harum.

Selanjutnya ayam dibersihkan dari bulu, jeroan, paruh, dan kulit kaki yang keras dikelupas.

Panaskan air dengan sedikit bumbu, daun salam, daun limau, dan batang serai yang telah dimemarkan.

Ayam direbus ke dalam air hingga tiga per empat matang kemudian diangkat.

Setelah diangkat, bumbu dimasukkan ke dalam perut ayam dan sebagiannya yang dicampurkan dengan minyak tandusan dibalurkan di seluruh permukaan tubuh ayam.

Ayam yang telah dibumbui kemudian sedikit diremas-remas agar daging menjadi lunak lalu dibungkus memakai daun pisang atau kelopak daun pinang sebelum dimasukkan ke bara api.

Saat pembakaran, bara api yang digunakan jangan terlalu besar dan tunggu proses pemasakan betutu di bara api ini kurang lebih 1 jam.

Ayam betutu kemudian disajikan dengan cara dibelah pada bagian perut hingga daerah tempat tembolok, kemudian kedua belah dada ditarik ke samping.

7. Bebek Betutu Khas Gilimanuk

Hampir sama cara memasak dan resep membuat Makanan Khas Bali Ayam Betutu Gilimanuk, Bebek Betutu dibuat dengan bahan dasar daging bebek.

Cara membuat maupun resep bumbu untuk hidangan bebek betutu khas gilimanuk bali ini pun juga relatif sama.

8. Babi Guling Khas Bali

Source Via IG iwayansudiarta2Sahabat traveler’s, Makanan Khas Bali selanjutnya yang sangat terkenal dan banyak diburu oleh pecinta kuliner khas bali adalah Babi Guling, atau Be Guling.

Cara Membuat Babi Guling Khas Bali
Sahabat traveler’s, makanan khas be guling ini dibuat dari seekor anak babi betina maupun jantan yang isi perutnya telah dikeluarkan,

yang kemudian ke dalam perutnya diisikan aneka bumbu serta sayuran seperti daun ketela pohon, yang kemudian dipanggang di atas bara api sambil diputar-putar hingga matang,

Makanan Khas Bali ini siap untuk dihidangkan dan dikonsumsi jika pas pembakaran dagingnya sudah mengalami perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah.

Sejarah Babi Guling Khas Bali
Sahabat traveler’s, sama dengan ayam betutu, sejarah awalnya babi guling ini sebenarnya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan,

namun mengikuti perkembangan zaman, saat ini be guling telah menjadi hidangan yang dijual di warung-warung, rumah makan, hingga di hotel-hotel tertentu di daerah Bali dan lainnya.

Kedai Babi Guling di Bali

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk menjajal bagaimana rasanya makanan khas bali babi guling, berikut adalah daftar tempat makan babi guling di bali paling enak.

9. Babi Guling Pak Malen

Sahabat inilah Kedai Babi Guling di kawasan Tempat Wisata di Seminyak yang sangat terkenal dan menjadi tempat makan favorit di bali.

Alamat Babi Guling Pak Malen sendiri lokasinya berada di Jalan Sunset Road No.554, Seminyak, Kuta, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Babi Guling Pak Malen di Seminyak Bali ini setiap harinya mulai buka dari jam 08.30 hingga pukul 19.00 WITA, No Tlp ; .

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tengah menginap di sejumlah Hotel di Seminyak pun, di beberapa hotelnya menu babi guling juga tersedia.

10. Babi Guling Candra

Sahabat traveler’s, bagi anda yang tengah menikmati waktu liburan di kawasan Tempat Wisata di Denpasar, Babi Guling Candra adalah tempat makan babi guling di denpasar paling terkenal.

Alamat Kedai Babi Guling Candra lokasinya berada di Beraban, Jl. Teuku Umar No.140, Dauh Puri Kauh, Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Babi Guling Candra di Denpasar Bali ini setiap harinya mulai buka dari pukul 17.00 hingga jam 22.00 WITA, no tlp .

Tempat lainnya yang mungkin bisa anda dapatkan tempat yang menyediakan menu kuliner babi guling khas bali ini biasanya beberapa Hotel di Denpasar juga menyediakannya.

11. Warung Babi Guling Ibu Oka 3

Sahabat traveler’s, inilah rekomendasi tempat makan makanan khas bali yang sangat terkenal menyediakan tempat makan babi guling di daerah Ubud, Gianyar Bali.

Nah bagi anda yang tengah menikmati waktu liburan mengunjungi Tempat Wisata di Gianyar yang paling terkenal, khususnya Tempat Wisata di Ubud, Warung Babi Guling Ibu Oka pilihannya.

Alamat Warung Babi Guling Ibu Oka 3 lokasinya berada di Jalan Tegal Sari No. 2, Ubud Tengah, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Warung Babi Gulingh Ibu Oka 3 di Ubud Bali ini setiap harinya mulai buka dari jam 11.00 hingga pukul 18.00 WITA, No Tlp (0361) .

tempat lainnya yang biasanya menyediakan menu kuliner khas bali babi guling ini adalah pada sebagain Hotel di Ubud juga biasanya tersedia makanan khas bali ini.

12. Warung Babi Guling Pak Dobil Nusa Dua

Sahabat traveler’s, bagi anda yang sedang mengunjungi Tempat Wisata di Nusa Dua, dan tertarik untuk mencicipi Makanan Khas Bali ini, silahkan datangg ke Warung Babi Pak Dobil.

Alamat Warung Babi Guling Pak Dobil lokasinya berada di Jl. Srikandi No. 9, Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Warung Babi Guling Pak Dobil di Nusa Dua sendiri waktu operasional setiap harinya mulai buka dari jam 10.00 hingga pukul 16.00 WITA, No Tlp : (0361) .

Alternatif tempat makan babi guling di nusa dua lainnya yang bisa anda dapatkan adalah biasanya di sejumlah Hotel di Nusa Dua juga menyediakan menunya.

13. Bubur Mengguh Khas Bali

Makanan Khas Bali yang sangat terkenal enak dan banyak disukai oleh banyak wisatawan yang sedang liburan ke pulau dewata adalah Bubur Mengguh.

Bubur Mengguh adalah Bubur Khas dari daerah Bali utara, lebih tepatnya berasal atau banyak ditemukan di Teja Kula, Kabupaten Buleleng Bali.

Nah oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengeksplorasi sejumlah tempat wisata di kabupaten buleleng yang terkenal seperti mengunjungi Pantai Lovina,

lalu objek wisata Pemandian Air Panas Sanih atau Pemandian Air Panas Banyuwedang, kemudian objek wisata Air Terjun Bertingkat, Air Terjun Colek Pamor dan Air Terjun Campuhan dll,

maka bagi anda para pecinta kuliner makanan khas buleleng bali, kang dian sangat merekomendasikan agar anda tidak melewatkan untuk mencicipi makanan khas bali utara ini.

Cara Membuat & Resep Bubur Mengguh Khas Buleleng Bali
Bubur Mengguh atu populer juga dengan nama Bubur Mangguh atau Mungguh biasa dihidangkan bersama dengan suwiran daging ayam yang telah dibumbui,

selanjutnya makanan khas bali ini disiram dengan kuah ayam yang kental dan tidak lupa ditambahkan dengan aneka sayuran berupa urap yang dihidangkan secara terpisah.

Ciri khas menu Kuliner khas Bali ini adalah cita rasanya yang begitu gurih serta agak pedas dipadukan dengan renyahnya sayur urap.

Tempat Jualan Bubur Mengguh di Bali yang terkenal

Sahabat traveler’s, selain di kawasan wisata buleleng, berikut adalah rekomendasi warung makan yang menyediakan menu makanan khas bali bubur mengguh yang bisa anda kunjungi.

14. Warung Laota Tuban

Sahabat traveler’s, inilah satu tempat yang menjual makanan khas bali di daerah kuta yang menyajikan menu kuliner khas bali pilihannya yaitu Bubur Mengguh.

Alamat Warung Laota sendiri lokasinya berada di Jalan Raya Kuta No.530, Kuta, Tuban-Bali, Kuta, Kabupaten Badung, Bali [ Peta Lokasi ]

Sahabat traveler’s, waktu operasional Warung Laota sendiri adalah menawarkan Tempat Makan di Bali yang Buka 24 Jam yang tentunya bisa anda kunjungi kapan pun,

dan idealnya banyak wisatawan yang singgah ke tempat makan bubur laota bali ini, setelah mereka menikmati keseruan mengunjungi sejumlah Tempat Wisata Malam di Bali yang ada di daerah Kuta.

Nah untuk informasi menu dan harga bubur mengguh di warung laota tuban – kuta, silahkan anda bisa menghubungi kontak telepon atau website : warunglaota.id.

15. Serombotan Klungkung

Makanan Khas Bali yang sangat terkenal selanjutnya yang wajib anda ketahui adalah nama sebuah masakan sayur mayur khas kabupaten Klungkung, Serombotan.

Makanan Khas Klungkung Serombotan ini adalah kuliner wajib yang banyak diburu wisatawan, khususnya bagi mereka yang tengah liburan mengunjungi tempat wisata di kabupaten klungkung,

Nah oleh karenanya, bagi anda yang akan pergi liburan ke kawasan wisata klungkung seperti Tempat Wisata di Nusa Penida, Tempat Wisata di Nusa Lembongan dan Tempat Wisata di Nusa Ceningan,

maka setelah puas mengeksplorasi tempat – tempat wisata di kabupaten klungkung paling terkenal tersebut, sempatkanlah untuk mampir berkuliner ria menjajal makanan khas bali serombotan.

Resep dan Cara Membuat Makanan Khas Klungkung Bali Serombotan
Sahabat traveler’s pecinta kuliner khas bali, bahan sayuran serombotan Sayuran yang biasanya menjadi bahan dasar makanan khas klungkung serombotan antara lain adalah ;

terdiri dari terong bulat kecil, buncis, kangkung, kacang panjang, daun bayam, serta kecambah yang semuanya sudah di rebus setengah matang terlebih dahulu.

Sayur mayurnya memanglah tampak biasa – biasa saja, namun ada satu hal yang perlu sobat ketahui, bahwa letak kelezatan dari kuliner ini,

adalah terletak pada adonan bumbu pelengkapnya yang dikenal dengan nama sambal nyuh (terbuat dari parutan kelapa-red) serta beberapa campuran rempah khas bali.

perlu anda ketahui, bagi kita yang berada di jawa, Sambal nyuh ini seperti sambal kacang yang biasa kita temukan di makanan serupa serombotan, yaitu pecel.

ada pun cara pembuatan sambal nyuh sendiri adalah diolah dengan cara tertentu yang kemudian di campurkan pada nyuh yang sudah diparut.

Makanan khas klungkung Serombotan bisa dimakan oleh warga bali bersama nasi, namun tidak sedikit juga yang menikmati kuliner ini sebagai camilan.

Bagi anda yang sedang menikmati liburan di Klungkung, akan sangat mudah menemukan warung – warung makan yang menjual makanan khas kelungkung ini, termasuk di Pasar Senggol.

Harga Makanan Khas Klungkung Serombotan
Sahabat traveler’s, seporsi menu serombotan di warung – warung yang ada di daerah klungkung bali bisa kita dapatkan dengan cukup membayarnya mulai kisaran harga Rp 5.000 – Rp.7.000.

Tempat Makan Makanan Khas Serombotan Klungkung di Denpasar
Salah satu lokasi restoran yang menyediakan makanan khas bali ini berada di Jl. Tunjung Tutur No.27, Peguyangan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Rumah Makan Serombotan Klungkung di Denpasar Bali ini setiap harinya buka mulai dari jam 11.00 hingga pukul 17.00 WITA, No Tlp .

16. Nasi Jinggo ( Nasi Jenggo )

Makanan Khas Bali yang sangat terkenal selanjutnya yang wajib untuk anda ketahui adalah kuliner Khas Bali yang Nasi Jinggo.

Nasi Jinggo adalah sebuah makanan siap saji khas bali yang terdiri dari nasi putih ditambah lauk pauk seperti goreng tempe, serundeng dan ayam suwir.

yang unik adalah ukuran nasi jinggo ini cukup kecil kira- kira seukuran kepalan tangan dan dikemas berupa dibungkus dengan daun pisang.

Asal Usul Nama Nasi Jinggo ( Jenggo )
Sahabat traveler’s, konon kata jinggo atau jenggo ini berasal dari suka kata bahasa Hokkien yaitu ” Jeng Go “, yang bisa diartikan kurang lebih ” seribu lima ratus “.

sementara asal usul darimana asal nasi jinggo lainnya warga bali ada juga yang menyebutnya berasal dari film “Djanggo” ada juga yang mengatakan “jenggo” berasal dari kata “jagoan”.

Sejarah Makanan Khas Bali Nasi Jinggo
Sahabat traveler’s, hal menarik yang wajib anda ketahui bahwasanya sejarah awal kehadiran nasi jinggo ternyata sudah mulai semenjak tahun 1980 an,

Berdasarkan cerita para penjual di pasar, nasi jinggo ini pertama kali buka dan dijual untuk masyarakat umum lokasi tempatnya berada di Jalan Gajah Mada, Denpasar.

Di tempat tersebut terdapat Pasar Kumbasari yang beraktifitas selama 24 jam, dan banyak orang di pasar yang begadang serta perlu makanan pengganjal perut di malam hari.

Harga Nasi Jinggo Khas Bali
Harga seporsi nasi jenggo sebelum krisis moneter melanda indonesia, sesuai namanya dijual Rp.1.500/porsi dan sekarang di tahun 2018 harganya kisaran Rp.2.000 – Rp.4.000.

Tempat Jual Nasi Jinggo di Bali
Sahabat traveler’s, ada banyak warung hingga restoran di bali yang menyediakan menu kliner khas bali nasi jinggo, dan berikut tempat jual nasi jenggo makanan khas bali di daerah kuta.

17. Warung Bandrek & Nasi Jinggo “Pak De”

Sahabat traveler’s, inilah warung tempat membeli makanan khas nasi jinggo bali yang ada di daerah kuta yang sangat terkenal dan wajib anda ketahui.

Alamat Warung Bandreak dan Nasi Jinggo “Pak De” lokasinya berada di Jalan Raya Kuta No.27, Kuta, Kabupaten Badung, Bali [ Peta Lokasi ]

Lokasinya dekat dengan objek wisata terkenal di kuta seperti Upside Down World Bali, Museum 3 Dimensi Dream Museum Zone (DMZ) serta Double Six Beach dan Potato Head Beach Club Bali.

waktu operasional warung di bali yang menjual minuman khas bali bandrek dan nasi jinggo ini setiap harinya mulai buka dari jam 18.00 hingga pukul 04.00 WITA.

18. Lawar Khas Bali

Jenis Makanan Khas Bali yang terkenal selanjutnya yang wajib anda ketahui dan siapa tahu mau mencobanya adalah Lawar.

Lawar sendiri adalah masakan khas tradisional dari bali berupa campuran sayur-sayuran dengan daging yang telah dicincang serta diberi bumbu merata.

Makanan khas bali menjadi menu makan keseharian rumah tangga di Bali dan dijadikan menu kuliner di sejumlah rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali.

Resep dan Cara Membuat Makanan Khas Bali Lawar
Sahabat traveler’s pecinta kuliner khas bali, Lawar sendiri dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapa.

Untuk pilihan jenis daging cincangnya sendiri bisa disesuaikan dengan selera, sehingga ada resep lawar sapi, resep lawar kambing hingga lawar babi,

pun demikian dengan bahan sayuran yang digunakan untuk lawar, jika sayuran nangka, maka disebut lawar nangka hingga lawar yang diberi nama sesuai warna, seperti lawar merah dll.

bahkan untuk beberapa nama lawar bali diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu sendiri seperti resep lawar getih, yaitu darah dari daging itu sendiri.

ada pun cara membuatnya adalah darah yang sudah dipisahkan dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar bali tersebut.

dan satu lagi ada lawar yang bernama lawar padamare, yaitu lawar yang dibuat dari campuran beberapa jenis lawar, termasuk ada jenis lawar yang terkenal seperti resep lawar gianyar.

Tempat Membeli Makanan Khas Bali Lawar

Sahabat traveler’s, makanan tradisional khas bali ini mudah sekali ditemukan di seluruh penjuru bali, mulai dari warung – warung makan sederhana bahkan di restoran pun biasanya ada.

Sahabat traveler’s, harga makanan khas tradisional di bali ini pun sangat terjangkau, anda bisa mendapatkannya dengan cukup membayar mulai kisaran Rp.5.000 – Rp.10.000.

19. Nasi Tepeng Khas Gianyar Bali

Jenis Makanan Khas Bali yang sangat terkenal selanjutnya yang wajib untuk anda ketahui adalah sebuah kuliner tradisional khas gianyar, yaitu Nasi Tepeng.

Sahabat traveler’s, nasi tepeng sendiri dikenal sebagai salah satu kuliner khas di gianyar yang biasa dikonsumsi warga bali pada waktu pagi hari.

ciri utama nasi tepeng khas gianyar bali ini adalah selain teksturnya tampak seperti bubur dan berasa pedas, hal lain yang membedakannya adalah teksturnya lebih lembek.

Resep dan Cara Membuat Nasi Tepeng Khas gianyar Bali
Cara membuat nasi tepeng khas Gianyar ini sendiri menggunakan beragam bahan sayuran mulai dari nangka muda, ayam goreng, kacang panjang, kacang merah, terong, kelor serta telur.

selanjutnya campuran sayuran tersebut di atasnya disiram dengan racikan bumbu khas bali plus diberi parutan kelapa serta ditambah aneka lauk pauk seperti daging ayam.

Cara penyajian makanan khas bali ini pun dihidangkan untuk disantap dengan cara memakai daun pisang, sehingga membuatnya terlihat sangat sederhana.

Harga Nasi Tepeng Khas Gianyar Bali

Sahabat traveler’s, harga nasi tepeng sendiri sangat terjangkau alias ramah dikantong, anda bisa mendapatkan satu porsi nasi tepeng dengan harga cukup Rp.10.000 saja.

Tempat Jualan Nasi Tepeng di Gianyar Bali
Sahabat traveler’s, bagi anda yang tengah liburan mengunjungi objek wisata di gianyar, untuk bis menikmati kuliner tradisional nasi tepeng bisa mengunjungi Pasar Senggol Gianyar di pagi hari.

20. Sate Plecing Khas Gianyar Bali

Makanan Khas Bali yang terkenal dan menjadi menu kuliner tradisional yang banyak diburu wisatawan adalah Sate Plecing Khas Bali.

Plecing sendiri adalah sebenarnya merupakan sebuah makanan khas nusantara yang sudah sangat familiar dengan masyarakat indonesia, terutama Lombok dan Bali.

Jika anda bertanya apa itu plecing ? jawabannya adalah merupakan jenis sambal tomat khusus yang dibuat menggunakan bahan seperti cabe rawit, garam, terasi, tomat plus tambahan jeruk limau.

Yang unik dari sate pelecing dengan jenis sate lainnya yang biasa kita konsumsi adalag sate ini disajikan bukan dengan bumbu kacang, tapi dengan sambal tomat plecing.

Resep & Cara Membuat Sate Plecing Khas Bali
Sahabat traveler’s, bagi anda para penggemar sate, resep cara memasak sate plecing sangat mudah dan petunjuknya ada di internet, anda tinggal searching saja via Google,

rekomendasi dari kang dian, silahkan coba membuat sate plecing dengan Resep Sate Plecing Khas Singaraja, khususnya Resep Plecing Daging Sapi.

Harga Sate Plecing Khas Bali
Sahabat traveler’s, untuk harga sate plecing sendiri harganya sangat terjangkau dan cukup mudah ditemukan dengan harga kisaran mulai Rp.10.000 – Rp.25.000.

Tempat Makan Sate Plecing di Bali yang Terkenal Enak dan Murah
Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk mencoba makanan tradisional khas bali ini, terdapat 2 nama tempat yang menjadi rekomendasinya ;

21. Sate Plecing Arjuna

Sahabat traveler’s, inilah salah satu tempat makan sate plecing di denpasar yang sangat terkenal dan bisa anda kunjungi saat liburan di bali.

Alamat Sate Plecing Arjuna sendiri lokasinya berada di Jalan Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Sate Plecing Arjuna di Denpasar Bali ini setiap harinya mulai buka dari jam 09.00 hingga pukul 16.30 WITA, nomer kontak telepon .

Harga Sate Plecing Arjuna di Denpasar Bali sendiri sangat terjangkau dan ramah isi dompet, sebagai contoh sate babi plecing Rp.24.000/ 10 tusuk.

22. Sate Plecing Mak Lukluk

Sahabat traveler’s, pilihan tempat makan sate plecing di bali yang enak dan sangat terkenal sehingga ramai dikunjungi pengunjung adalah Sate Plecing Mak Lukluk.

Alamat Sate Plecing Mak Lukluk lokasinya berada di Jalan Raya Puputan No.210A, Renon, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Sate Plecing Mak Lukluk Denpasar Bali setiap harinya mulai buka dari jam 08.00 hingga pukul 21.00 WITA, Nomer Kontak Telepon (0361) , website : maklukluk.com.

Harga Sate Plecing Mak Lukluk pun beragam disesuaikan dengan jenis daging yang digunakan, dan berikut contoh harga sate plecing mak lukluk :

* Sate Babi Plecing : Rp.13.000 ( 10 Tusuk )
* Sate Babi Manis : Rp.13.000 ( 10 Tusuk )
* Sate Samcan : Rp.20.000 ( 10 Tusuk )
* Sate Sapi Plecing : Rp.13.000 ( 10 Tusuk )

23. Sate Lilit Khas Bali

Makanan Khas Bali selanjutnya yang juga tidak kalah terkenal dan menjadi kuliner buruan para pelancong yang liburan di bali adalah Sate Lilit khas bali.

beragam jenis bahan daging yang biasa digunakan untuk sate lilit bali ini, seperti terbuat dari daging babi, ikan, ayam, daging sapi, atau bahkan kura-kura yang dicincang.

dan diantara menu sate lilit khas bali yang paling banyak dicari di internet adalah rahasia Resep Sate Lilit Daging Sapi, Resep Sate Lilit Ikan.

Langkah – Langkah, Resep & Cara Mebuat Sate Lilit Khas Bali
Sahabat traveler’s, setelah kita menyiapkan jenis daging yang akan kita gunakan, langkah selanjutnya adalah daging tersebut kemudian dicincang.

setelah dicincang, campur cincang daging tersebut dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah, dan tidak lupa merica.

Nah setelah daging cincang tersebut dibumbui, langkah selanjutnya dalah adonannya dilekatkan pada sebuah bambu atau tebu, kemudian dipanggang di atas arang.

yang membedakan sate lilit khas bali dengan jenis sate yang biasa kita konsumsi pada umumnya adalah berbeda dengan sate lainnya dimana daging ditusuk dengan bambu yang tajam,

maka ciri khas sate lilit khas bali ini adalah daging dililitkan pada sebuah tusuk sate yang bentuknya datar dan lebar, sehingga daging cincang mudah melekat.

Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Enak dan Terkenal
Sahabat traveler’s, berikut adalah rekomendasi tempat makan sate lilit di bali yang terkenal karena sate lilitnya yang enak dan harganya murah.

24. Sate Lilit Bapak Monoh

Sahabat traveler’s, alamat tempat makan sate lilit bapak monoh lokasinya berada di Jl. Pulau Kawe No.36, Dauh Puri Kauh, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Tempat Makan Sate Lilit Bapak Monoh di Denpasar Bali setiap harinya mulai buka dari jam 19.00 hingga pukul 00.00 WITA, Phone .

Harga Sate Lilit Khas Bali Bapak Manoh sendiri sangatlah terjangkau, jika kang dian lihat dari harga order secara online harganya mulai Rp.3.000/pcs.

25. Sate Lilit Muslim

Sahabat traveler’s, alamat tempat makan sate lilit muslim lokasinya berada di Jl. Pulau Buru No.10, Dauh Puri Kauh, Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Sate Lilit Muslim di Denpasar Barat Bali ini setiap harinya mulai buka setiap harinya dari jam 07.00 hingga pukul 14.30 WITA, Phone .

Sama dengan Harga Sate Lilit Khas Bali Bapak Manoh, jika kang dian lihat dari harga order secara online harga sate lilit muslim ini mulai Rp.3.000/pcs.

26. Tum Ayam Bali

pecinta kuliner tradisional khas bali, makanan khas bali yang terkenal dan banyak diburu wisatawan selanjutnya adalah Tum Ayam Bali.

Tum Ayam Bali ini tampilannya serupa dengan kuliner khas nusantara lainnya yaitu sejenis pepes ayam, dan pilihan tum bali lainnya bahan yang disesuaikan dengan selera.

beragam jenis tum khas bali dengan beragam bahan dasar selain ayam bisa kita temukan di internet seperti Resep Tum Ikan Khas Bali hingga Resep Tum Tahu dan yang lainnya.

Cara Membuat & Resep Tum Ayam khas Bali
Sahabat traveler’s, cara membuat tum ayam bali sangatlah mudah, dimana bahan dasar ayam yang sudah dibersihkan dipotong sesuai kebutuhan atau selera,

sesuai dengan namanya “tum” yang artinya dibungkus, adonan yang telah disiapkan tersebut kemudian dibungkus menggunakan daun ( biasanya daun pisang ).

Untuk memberikan rasa, sebelum daging ayam dibungkus daun pisang, terlebih dahulu daging dicampur dengan bumbu seperti bawang merah & putih, kencur, garam dll yang telah dilembutkan.

Ukuran satu bungkus tum ayam khas bali biasanya setiap satunya terisi dari 5 potong daging ayam, dan setelah matang dimasak maka siap untuk disantap.

Harga Tum Ayam Khas Bali

Menu kuliner tradisonal khas bali ini akan mudah sekali ditemukan di tempat kuliner mulai warung hingga restoran di bali dengan kisaran harga mulai Rp.10.000 – Rp.25.000/porsi

Tempat Makan Tum Ayam di Bali
Sahabat traveler’s, menu tum ayam khas bali ini sangat mudah sekali kita temukan di setiap tempat – tempat makan hampir di seluruh penjuru bali.

27. Komoh Bali

Sahabat traveler’s, Makanan Khas Bali yang terkenal selanjutnya yang mungkin ingin anda ketahui adalah olahan khas dari bali yang bernama Komoh.

Bahan dan Cara Membuat Komoh
Komoh adalah Makanan Tradisional khas bali yang terbuat dari daging mentah yang dicincang secara halus dan kemudian diberi bumbu dan diseduh dengan air panas.

proses selanjutnya dalam membuat komoh adalah air seduhan daging cincang tersebut lalu kemudian ditambah dengan darah segar serta diberi garam secukupnya.

Cara makan Komoh pun cukup unik dimana harus menggunakan cawan atau mangkok kuah dengan cara diminum langsung dari mangkoknya langsung.

Sahabat traveler’s, tradisi makan komoh ini ternyata ada sejarahnya, dimana biasanya sajian makanan khas bali ini biasa digunakan pada ritual keagamaan Bhairawa Kuno.

28. Rujak Bulung

Sahabat traveler’s pecinta kuliner tradisional khas bali, makanan khas bali selanjutnya yang menarik untuk diketahui adalah Rujak Bulung Bali.

Bahan, Cara Membuat & Resep Rujak Bulung Khas Bali
Sahabat traveler’s, ada banyak bahan dasar untuk membuat rujak bulung, mulai dari sensasi pedas dengan bahan irisan mangga yang dicampur kuah pindang serta cabai yang banyak rasa pedas,

hingga Rujak Bulung Rumput Laut yang dibuat bersama garam, lalu cabe rawit, terasi, kencur, kelapa parut serta kuah pindang tentunya.

Tempat Makan Rujak Bulung di Bali
Sahabat traveler’s, ada banyak tempat makan rujak bulung di bali yang bisa anda datangi, dan sangat mudah menemukannya, salah satunya yang terkenal adalah rujak bulung di denpasar.

29. Rujak Kuah Pindah Khas Bali

Sahabat traveler’s, makanan khas bali yang sangat terkenal dan unik selanjutnya yang wajib untuk anda ketahui adalah makanan tradsional yang bernama Rujak Kuah Bali.

Rujak Kuah Pindang adalah makanan tradisional khas bali yang dibuat dari campuran beberapa buah – buahan segar seperti bengkuang, pepaya, kedongdong, ketimun, belimbing dll.

Resep Cara membuat Rujak Kuah Pindang Khas Bali
Sama dengan cara membuat rujak lainnya, buah – buahan ditas kita kupas dan kemudian dipotong kecil – kecil terlebih dahulu untuk memudahkan dimakan,

yang membedakan rujak biasa dengan rujak kuah pindah adalah bumbu kuah untuk rujak kuah pindang ini terbuat dari campuran ikan, garam, terasi dan cabai.

nah semua bahan pelengkap tersebut kita giling hingga halus dan lembut tanpa diberikan air, karena nantinya akan ditambah kuah pindang yang sudah encer.

Harga Rujak Kuah Pindang Khas Bali
Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik menikmati sensasi pedas dengan rasa yang unik dan berbeda dengan rujak biasa, satu porsi rujak kuah pindang dihargai mulai Rp.5.000 saja.

Tempat Makan Rujak Kuah Pindang Khas Bali
Sahabat traveler’s, salah satu tempat yang berjualan Rujak Kuah di Bali yang terkenal adalah salah satunya adalah Depot Rujak Kuah Pindang VIP di kabupaten Badung Bali.

30 .Tipat Cantok

Sahabat traveler’s, rekomendasi Makanan Khas Bali yang sangat terkenal selanjutnya yang wajib untuk anda ketahui adalah kuliner tradisional Tipat Cantok.

Tipat cantok adalah merupakan salah satu makanan tradisional khas Bali yang dibuat dari bahan aneka sayuran rebus dengan ketupat dan dihidangkan dengan tambahan bumbu kacang.

Asal Usul Nama & Sejarah Tipat Cantok

Sahabat traveler’s, dalam kamus bahasa Bali, tipat bisa diartikan sama dengan “ketupat” sedangkan cantok artinya adalah diuleg atau dihaluskan dengan cobek.

Ada pun sayuran yang digunakan pada makanan khas Tipat Cantok Bali ini secara umum terdiri dari kacang panjang, tauge, serta kangkung.

Harga Tipat Cantok Khas Bali

Sahabat traveler’s, di seluruh wilayah bali, anda tidak akan sulit untuk menemukan wrung yang menjual tipat cantok, dengan harga mulai Rp.5.000 hingga Rp.7.000/porsi.

Tempat Makan Tipat Cantok di Bali

Sahabat traveler’s, salah satu tempat favorit makan tipat cantok di bali yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Warung Tipat Cantok di Ubud.

Warung Tipat Cantok

Alamat Warung Tipat Cantok ini lokasinya di jalan raya samu singapadu ubud gianyar singapadu kaler sukawati 80571, Singapadu Kaler, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Warung Tipat Cantok khas di Ubud Bali ini setiap harinya mulai buka dari jam 08.00 hingga pukul 22.00 WITA, No Kontak Telepon .

Makanan Khas Bali di Ubud

Sahabat traveler’s, bagi anda yang ingin tahu makanan khas bali asal daerah ubud yang bisa anda cicipi saat pergi liburan ke kawasan wisata Ubud, berikut rekomendasinya ;

1. Sate Kukul

Sahabat traveler’s, tidak hanya sejumlah tempat wisatanya saja yang mendunia seperti Bukit Campuhan, Museum Blanco Renaissance dan yang lainnya,

kuliner tradisional khas ubud bali juga ternyata namanya ada yang mendunia ? dan nama makanan khas ubud bali tersebut adalah sate kukul.

Sate Kukul adalah jenis sate yang dibuat dengan bahan daging siput atau kerang, menawarkan cita rasa sate dari binatang berlendir yang kini telah menjadi menu kuliner sejumlah restoran.

Cara Membuat Sate Kukul Khas Bali

Sahabat traveler’s, cara membuat makanan khas ubud bali ini pun sangat mudah, pertama siput dibersihkan dengan air bersih, dan selanjutnya ditusuk sebelum akhirnya dibakar.

untuk bumbu sate kukul sendiri terdiri dari adonan kecap dan gula merah yang ditambah dengan taburan bawang merah,

sementara sebelum sate siput atau kerang ini dibakar, sate ini diolesi dulu bumbu yang terbuat dari kecap manis, kemiri, serai, tomat,saos tiram dll.

Harga Sate Kukul Khas Ubud Bali
Sahabat traveler’s, bagi anda yang tertarik untuk mencoba memakan menu hidangan sate kulul, anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp.7.000 ( 8 tusuk sate ),

jika anda mau makan sate kukul lebih maknyos, maka di sejumlah warung yang menjual sate kukul biasanya tersedia paket makan sate kukul dengan Sayur Ares dengan harga Rp.15.000 saja.

Tempat Makan Sate Kukul di Ubud Bali
Sahabat traveler’s, berikut adalah rekomendasi tempat wisata kuliner di ubud selain Bebek Tepi Sawah Restaurant dan Green Kubu Tegalalang Cafe,

1. Warung Sate Kukul

Sahabat traveler’s, inilah warung tempat makan sate kukul khas ubud bali yang terkenal enak beralamat di Jalan raya Kangetan, Singakerta, Ubud, Gianyar Bali [ Peta Lokasi ]

Jam Buka Warung Sate Kukul Ubud Bali sendiri setiap harinya mulai buka dari jam 09.00 hingga pukul 22.00 WITA, Nomer Kontak Telepon (0361) Apa Saja Nama Makanan Khas Bali Halal ?
Sahabat traveler’s, bagi anda wisatawan yang beragama muslim, menemukan Makanan Khas Bali yang Halal dijamin semudah anda menemukan Tempat Makan Halal di Kuta,

jika anda baca penjelasan yang telah kang dian tulis di atas, saya yakin anda sudah bisa menentukan menu makanan tradisional khas bali mana saja yang halal untuk dimakan bukan ?

anda bisa mencoba menu makanan khas bali seperti tipat cantok, lalu sate lilit, ayam atau bebek betutu, lalu rujak kuah pindang dan masih banyak yang lainnya.

nah sahabat traveler’s, ternyata wisata kuliner khas nusantara yang terkenal bukan hanya populer makanan khas jawa atau makanan khas Betawi dan Makanan Khas Bandung saja bukan ?

ternyata Bali memiliki beragam kuliner tradisional yang khas dan legendaris, dan selama ini bisa dikonsumsi tidak hanya oleh warga bali semata, namun semua.

Nah traveler’s, demikianlah ulasan seputar Pengertian dan Sejarah Makanan Tradisional seperti di Ubud, Daerah Kuta serta yang halal dalam daftar Makanan Khas Bali.

Makanan Khas Bali Paling Recommended

1. Ayam Betutu

Nama tempat makan : Ayam Betutu Pak Sanur
Alamat : Jl. Arjuna No.19, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 14.00 – 18.00

Makanan khas Bali yang pertama ini sangat dikenal masyarakat di Bali. Kuliner khas Bali yang satu ini hadir dengan cita rasa Bali yang tak ada duanya. Bumbu khas Bali yang dikenal dengan nama base genep menjadi bumbu yang dijadikan olahan dalam kuliner ayam betutu ini.

Base genep adalah bumbu makanan khas Bali yang merupakan perpaduan antara bawang merah dan bawang putih, kemiri, serai, cabai, terasi, daun jeruk, daun salam, jahe, kunir, lengkuas, dan juga kencur yang dihaluskan kemudian baru ditumis.

Dalam pengelolaan kuliner khas Bali yang satu ini, perut ayam diberikan daun singkong kemudian dilumuri dengan base genep diatasnya. Akan tetapi sebelum diolah, ayam tersebut diikat dulu baru direbus selama beberapa jam dan pastikan sampai semua bumbu – bumbunya meresap sempurna.

Setelah direbus, kuliner ini dibakar supaya cita rasanya nikmat baru kemudian dihidangkan. Disantap bersama nasi putih hangat sangat nikmat. Namun bagi Anda yang sedang diet akan tetapi ingin mencicipi ayam betutu, Anda bisa menyantap ayam betutu bersama nasi merah.

2. Sate lilit

Nama tempat makan : Warung Satelit (Sate Lilit)
Alamat : Jl. Pulau Buru No.10, Dauh Puri, Kecamatan Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka mulai pukul 06.30

Sate lilit merupakan salah satu kuliner khas Bali yang sangat unik. Sate ini disajikan dengan dililitkan pada tusuk yang sudah dipipihkan. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan sate lilit yaitu daging ikan tengiri atau daging ayam. Daging tersebut digiling sampai halus kemudian dicampur bumbu.

Untuk bumbunya, bumbu membuat sate lilit cukup sederhana. Anda hanya perlu siapkan jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih, serta beberapa bumbu pelengkap lainnya. Untuk satu porsi sate lilit, dibanderol dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah.

3. Sate plecing

Nama tempat makan : Sate Plecing Arjuna
Alamat : Jl. Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00

Selain terkenal dengan sate lilit, makanan khas Bali berupa sate yang juga terkenal lainnya adalah sate plecing. Sate plecing ini dibuat dengan daging ayam atau menggunakan daging babi bagi yang suka babi.

Namun bagi yang kurang suka kuliner daging babi, Anda bisa tanyakan dulu kepada penjual sate plecingnya menggunakan daging babi atau ada yang tersedia daging ayam juga.

Keunikan sate plecing ini terdapat pada bumbunya. Bumbu sate plecing diantaranya terdiri atas cabai, gula, garam, tomat, jeruk limau dan juga terasi. Jika Anda suka dengan cita rasa sate plecing, Anda bisa beli sate plecing dengan harga per porsi mulai dari 20 ribu rupiah sampai 25 ribu rupiah.

4. Nasi Jinggo

Nama tempat makan : Warung Nasi Jinggo
Alamat : Jl. By Pass Dharma Giri No.8, Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00

Jika Anda ingin tahu makanan khas Bali yang dikonsumsi masyarakat Bali sehari – hari, makanan tersebut adalah salah satunya nasi jinggo. Nasi jinggo ini mirip dengan nasi rames. Dibuat dengan banyak menu tambahan sebagai campurannya.

Keunikan dari nasi jinggo adalah tata cara sajinya yang dibungkus dengan daun pisang. Hal ini menjadikan nasi jinggo memiliki ciri khas dan aroma yang berbeda dengan nasi pada umumnya. Biasanya nasi jinggo khas Bali dijual dengan menu tambahan seperti sayuran, orek tempe, mie, sambal, serta ayam suwir.

Nasi jinggo per porsi dibanderol mulai dari 5 ribu rupiah namun untuk harga lauk yang Anda pilih sebagai tambahan pelengkap nasi biasanya harganya akan ditambahkan kemudian.

5. Serombotan

Nama tempat makan : Serombotan Klungkung
Alamat : Jl. Tunjung Tutur No.27, Peguyangan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 11.00

Makanan khas Bali yang bernama serombotan ini merupakan kuliner murah meriah di Bali. Makanan ini disajikan secara sederhana dengan menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Sayur yang digunakan diantaranya tauge, kangkung, pare dan kacang panjang.

Untuk bumbu yang digunakan dalam membuat makanan ini sangat sederhana. Anda hanya butuh bahan diantaranya cabai merah, bawang merah dan juga bawang putih. Serombotan sendiri disajikan bersama dengan parutan kelapa yang sudah disangrai sehingga memberikan aroma gurih yang sangat khas.

Dalam menikmati kuliner ini biasanya masyarakat memakannya bersama nasi atau bersama dengan ketupat. Saat ini serombotan banyak ditemui di daerah sekitar Bali dengan banderol harga mulai dari 3 ribu rupiah setiap porsinya.

6. Tipat blayag

Nama tempat makan : Tipat Blayag Bu Agus
Alamat : Jalan Tukad Yeh Aya No. 44, Panjer, Denpasar Selatan, Dauh Puri Klod, Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 09.00

Selanjutnya ada tipat blayag yang bentuknya sekilas mirip dengan pecel atau gado – gado. Hanya saja yang membedakannya, tipat blayag ini tidak menggunakan bumbu kacang sebagai kuahnya.

Bumbu yang digunakan pada makanan ini pun diantaranya bawang merah, serai, kunyit, kaldu ayam untuk kuah, serta berbagai macam sayuran seperti tauge, kangkung, dan suwiran ayam sebagai isiannya. Untuk harga tipat blayag ini sangat terjangkau.

Anda bisa beli satu porsi tipat blayag hanya dengan harga 8 ribu rupiah saja. Tertarik untuk mencoba?

7. Tipat cantok

Nama tempat makan : Warung Tipat Cantok
Alamat : jalan raya samu singapadu ubud gianyar singapadu kaler sukawati 80571, Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.
Maps : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 22.00

Kuliner selanjutnya adalah tipat cantok. Tipat cantok ini merupakan salah satu makanan khas Bali yang berupa campuran sayuran rebus kemudian disajikan bersama dengan ketupat dan kuah bumbu kacang. Sekilas memang mirip dengan pecel dan juga gado – gado.

Akan tetapi yang khas dari tipat cantok ini adalah proses mengaduknya yang dilakukan diatas ulegan atau cantok. Kuliner yang satu ini dapat dengan mudah Anda temui di Bali dan dibanderol dengan harga per porsi mulai dari 7000 rupiah saja.

Bagi Anda yang butuh kuliner mengenyangkan dan dibanderol dengan harga murah bisa mengonsumsi tipat cantok ini. Selamat berwisata kuliner di Bali!

8. Bubur mengguh

Nama tempat makan : Warung Mengguh
Alamat : Unnamed Road, Les, Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : –

Bubur mengguh ini merupakan bubur khas Bali yang terbuat dari santan serta beras yang dimasak sampai tercampur halus. Bubur mengguh disajikan dengan kuah kaldu ayam yang kental bersama tambahan suwiran ayam dan urap sayur yang disajikan secara terpisah.

Hasil dari perpaduan kaldunya akan menghasilkan cita rasa komplit. Anda yang butuh sarapan pagi dengan gizi penuh dan cara penyajiannya cepat bisa membeli bubur ini dengan harga per porsi mulai dari 8 ribu rupiah saja.

9. Nasi campur

Nama tempat makan : Warung Nasi Campur Bu Ayu
Alamat : Sanding, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : –

Ya, Bali juga punya kuliner nasi campur lho! Nasi campur khas Bali ini merupakan campuran beberapa makanan seperti ayam suwir, telur pindang, kelapa parut dan urap sayur. Ciri khas dari nasi campur adalah terdapatnya kuah kaldu yang ditambahkan pada nasi yang telah dicampur dengan beberapa campuran menu makanan diatas.

Perpaduannya sangat sempurna. Anda bisa menikmati nasi campur yang sangat gurih pedas ini dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah tergantung lauk yang Anda pilih.

10. Nasi ayam kedewatan

Nama tempat makan : Nasi ayam kedewatan Bu Mangku
Alamat : Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Buka pukul 08.00

Untuk nasi ayam kedewatan, yang paling terkenal di Bali adalah kuliner Nasi ayam kedewatan Bu Mangku. Tempat makan tersebut berada di wilayah Gianyar dan alamatnya sudah kami cantumkan dalam maps diatas.

Karena masyarakat Bali kebanyakan suka makanan pedas, disediakan juga sambal matah yang dibuat dari irisan cabai kecil – kecil ditambah dengan jumputan bawang dan garam. Bagi Anda yang datang ke Bali, kuliner khas Bali ini tak boleh Anda lewatkan. Anda harus mencicipinya.

Terlebih harga per porsinya sangat murah. Untuk menikmati satu porsi nasi ayam kedewatan bu Mangku Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari 12 ribu rupiah saja. Sangat ramah di kantong bukan?

11. Rujak kuah pindang

Nama tempat makan : Depot Rujak Kuah Pindang VIP
Alamat : Jalan Raya Kuta 109 B, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 22.00

Hampir sama dengan rujak yang lain, rujak ini merupakan kuliner rujak yang dibuat dengan menggunakan kombinasi atau campuran dari berbagai buah segar ditambah dengan kuah kental. Buah – buahan tersebut dikupas dan kemudian dipotong kecil – kecil dalam tata cara sajinya.

Yang khas dari rujak ini adalah penggunaan bumbu pelengkap yaitu kaldu kental yang terbuat dari ikan laut ditambah garam dan terasi serta cabai. Nah, semua bahan tersebut kemudian dicampur dan selanjutnya ditumbuk sampai benar – benar lembut.

Rujak ini memiliki cita rasa pedas yang segar dan memiliki cita rasa asin yang sangat khas. Kuliner ini bisa kita temukan dengan mudah di Bali dengan harga mulai dari 6 ribu rupiah setiap porsinya.

12. Ikan asap sambal matah

Nama tempat makan : –
Alamat : –
Map : –
Jam buka : –

Sesuai namanya, kuliner berbahan dasar ikan ini diolah dengan cara diasap sampai benar – benar matang. Proses pengasapannya berlangsung cukup lama sehingga ikan memiliki rasa yang enak dan empuk dengan aroma ikan bakar yang khas.

Mengenai jenis ikan yang digunakan pada ikan asap sambal matah ini tidak boleh ikan sembarangan. Ikan yang digunakan pada ikan asap sambal matah ini diantaranya seperti ikan tuna, ikan tongkol dan juga ikan cakalang.

Sekarang ini ikan asap sambal matah banyak dijual di daerah sekitar wilayah Bali. Harganya per porsi bervariasi. Ada yang dibanderol per porsinya mulai dari 25 ribu rupiah.

13. Jukut ares

Nama tempat makan : Warung Nadelia (Lawar ayam & Jukut ares)
Alamat : Jl. Tukad Balian No.166, Renon, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 19.00

Jukut ares ini merupakan makanan khas Bali yang unik karena terbuat dari olahan batang pisang muda. Ya, ares artinya batang pisang muda. Ares atau batang pisang muda tersebut kemudian diiris tipis dan dimasak dengan Base Gede atau bumbu lengkap dari Pulau Bali.

Untuk daging campurannya sendiri bermacam – macam. Ada yang dicampur dengan daging ayam, daging entog, daging empal dan bahkan ada yang dicampur dengan daging babi. Namun untuk umat Islam yang tidak boleh makan daging babi, dianjurkan ketika membeli jukut ares Anda tanyakan dulu daging apa yang digunakan dalam mengelola jukut aresnya apakah daging halal atau daging non halal.

14. Entil

Nama tempat makan : Entil Pupuan Ibu Sunadi
Alamat : Jl. Raya Pupuan, Pujungan, Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 20.00

Cara membuat entil sekilas memang mirip dengan ketupat. Akan tetapi tetap saja antara entil dan ketupat memiliki perbedaan jika kita teliti betul. Entil memiliki bentuk yang lebih pipih dibandingkan ketupat dan memiliki warna yang lebih kehijau – hijauan.

Dalam tata cara penyajian entil, beras dan santan yang telah dimasukkan ke dalam daun telengidi dan sudah matang akan ditelanjangi dari daun penutupnya. Kemudian setelah diletakkan diatas piring, akan ditambahkan bayam, kacang panjang, kecambah, sambal goreng dan sambal kelapa diatasnya.

Untuk melengkapi cita rasa entil, kuah santan dilumurkan diatasnya. Walau lumuran kuah santan tidak banyak, rasa entil semakin gurih bercampur pedas sambal yang nikmat akan menggugah selera Anda ketika memakannya.

Anda yang tertarik mencoba entil, Anda bisa beli satu porsi entil dengan harga mulai dari 12 ribu rupiah saja. Pastikan kalau liburan di Bali, Anda tidak lupakan mencicipinya ya!

Nama tempat makan : Sate Penyu Pak Rudi
Alamat : Jl. Raya Kuta No.14, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : –

Ketika pertama kali mendengar nama sate penyu, kesan pertama yang tergambar di otak kebanyakan orang tentu sate dari penyu. Namun ternyata, sate penyu bukanlah sate dari daging penyu. Melainkan sate penyu ternyata dibuat dari daging babi. Anda yang merupakan warga muslim atau umat Islam tidak dianjurkan mengonsumsi kuliner ini ya.

Lantas, mengapa sate babi disebut dengan sate penyu?

Penggunaan nama penyu menurut cerita secara turun temurun didapatkan dari tempat penjualan sate. Dulunya penjual sate penyu mondar – mandir seperti penyu dalam melayani pelanggan karena itu disebut dengan istilah sate penyu.

Akan tetapi lama kelamaan penjualan sate di sekitar pantai tidak diperbolehkan lagi karena merusak estetika pantai. Kini sate penyu bisa Anda dapatkan di warung – warung pinggir jalan di berbagai pelosok Bali.

Dalam satu tusukan satenya, hanya terdapat 2 sampai dengan 4 potongan daging saja. Akan tetapi walau porsi tusukannya kecil, harga per porsinya juga murah. Anda bisa beli satu porsi sate penyu sekitar 8 ribu rupiah saja. Disajikan paling tidak 6 tusuk sate dengan ketupat sebagai pelengkapnya untuk satu porsi sate penyu.

Nama tempat makan : Warung Nasi Timbungan
Alamat : Jl. Debes, Delod Peken, Kec. Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali
Map : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 22.00

Dalam pembuatan Timbungan, bambu dengan ukuran relatif besar akan dilubangi untuk kemudian diisi dengan berbagai daging dan sayur. Daging – daging seperti ikan, babi dan ayam merupakan daging yang paling sering dipakai bersama campuran sayur seperti daun sela.

Sebelum daging pilihan masuk ke dalam wadah bambu, terlebih dahulu daging akan dibumbui supaya memiliki cita rasa yang enak dan nikmat ketika dikonsumsi. Untuk bumbu yang digunakan membumbui daging bisa menggunakan base genep dengan tambahan minyak kelapa.

Kalau sudah lengkap, bumbu akan dipanggang atau didekatkan pada tungku perapian sampai matang. Kalau sudah matang, timbungan bisa disajikan dengan nasi atau lontong.

Biasanya makanan khas Bali ini seringkali disajikan di waktu hari raya Kuningan dan Galungan walau di rumah makan sering disajikan sebagai menu makan.

Nama tempat makan : LakLak Bali
Alamat : Jln Padma Penatih, Penatih, Kec. Denpasar Tim., Denpasar Utara, Bali
Maps : Klik disini
Jam buka : Tutup pukul 20.00

Terakhir ada LakLak Bali yang merupakan salah satu kuliner Bali yang dibuat dengan cara unik. LakLak dibuat dengan menggunakan tepung beras, santan, garam, air daun suji, serta air daun pandan untuk dijadikan sebagai adonan.

Penggunaan air dari daun pandan dan daun suji tersebut ternyata bukan tanpa tujuan. Tujuannya olahan LakLak diberikan daun pandan dan suji adalah untuk memberikan warna hijau alami dan aroma pandan alami pada LakLak.

Adonan LakLak yang sudah jadi nantinya akan dimasukkan segera ke dalam cetakan loyang berbentuk setengah bola untuk dipanaskan kembali. Sampai disini sebenarnya LakLak sudah bisa dikonsumsi akan tetapi rasanya gurih dan teksturnya lembut saja tanpa adanya pemanis tambahan.

Untuk menambah pemanis tambahan, LakLak yang sudah diangkat nantinya ditaburi diatasnya dengan gula aren yang telah direbus bersama parutan kelapa diatasnya.

Cara membuatnya memang terkesan mudah, akan tetapi dalam pembuatan LakLak harus telaten karena kalau tidak telaten bisa – bisa adonan LakLak tidak akan mengembang.

Bagi Anda yang berada di Bali dan kebetulan mencari destinasi wisata di Bali, Baca : 33 Tempat Wisata di Bali yang Wajib untuk Dikunjungi

Itulah aneka ragam makanan khas Bali yang paling direkomendasikan untuk Anda cicipi ketika liburan di Bali. Jangan lewatkan satu pun kuliner diatas ya ketika liburan di Bali. Selamat berlibur!