Makanan Khas Cilacap yang Wajib Kamu Cicipi!

Makanan Khas Cilacap – Cilacap adalah salah satu kota Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sering dijadikan target untuk berwisata. Mengingat budayanya yang begitu begitu banyak ragam dan juga banyaknya area wisata yang dimilikinya membawa dampak Cilacap cukup populer di kalangan travellers.

Namun bukan hanya wisatanya saja, Cilacap nyatanya termasuk mempunyai aneka kuliner khas yang lezat dan wajib untuk dicoba. Apa sajakah makanan has cilacap yang enak dan menggoyang lidah? Berikut ini rekomendasinya.

Apa Saja Makanan Khas Cilacap?

1.Brekecek

Makanan khas area Cilacap yang sati ini kemungkinan terdengar aneh dan asing bagi beberapa orang. Namun jangan salah, makanan ini begitu lezat dan siap membawa dampak barang siapa yang mencoba tentu ketagihan.

Dalam bahasa jawa, “Brek” mempunyai arti dijatuhkan dan “Kecek” mempunyai arti dicampur atau dibumbui. Makanan ini adalah kuliner tradisional yang memakai bahan basic kepala ikan, untuk di kota Cilacap sendiri ikan yang digunakan adalah model ikan Basur.

Brekecek merupakan salah satu kuliner yang lebih-lebih menjadi ikon berasal dari kota Cilacap, supaya tak heran kalau makanan ini cukup populer di kota ini.

Bahkan hampir semua penduduk kota Cilacap menggemari makanan ini. Jadi kalau Anda sedang melacak kuliner lezat di Cilacap, jangan hingga membiarkan kuliner ini gara-gara rasanya dijamin tak akan mengecewakan.

2. Karedok

Makanna lain berasal dari Cilacap ini termasuk cukup unik, terbuat berasal dari bahan basic sayur-sayuran yang kemungkinan akan amat disukai oleh para vegetarian.

Namun yang unik bukan hanya hanyalah namanya saja, bahan-bahan yang digunakan termasuk cukup unik gara-gara memakai sayuran mentah layaknya mentimun, wortel, kacang panjang, kubis, dan kecambah. Semua sayuran selanjutnya nantinya akan di sajikan dengan dengan kuah yang terbuat berasal dari sambal kacang.

Karedok ini akan tambah nikmat dengan ditambahkan tahun, ketupat, maupun kerupuk saat disajikan. Karedok amat umum di sajikan ketika momen-momen lebaran. Saat singgah ke Cilacap, jangan hingga lupa mencicipi makanan khas yang satu ini.

3. Sate Martawi

Rekomendasi makanan khas cilacap yang enak lainnya adalah sate martawi, yakni sate ayam yang mempunyai keunikan tersendiri. Hal yang membuatnya unik adalah tusuk sate yang digunakan jumlahnya dua.

Tentunya ini berbeda berasal dari sate-sate terhadap kebanyakan hanya memakai 1 tusuk sate saja. Penyajiannya yang unik membawa dampak makanan ini cukup enteng dikenal dan populer di Cilacap.

Dan bukan hanya jumlah tusuk satenya saja yang unik, tetapi daging sate yang dipotong mempunyai ukuran besar yang membawa dampak penikmatnya tentu senang saat mencicipinya.

4. Mie Goreng dan Nasi Goreng

Sajian yang satu ini kemungkinan udah banyak ditemukan di kota-kota lainnya di Indonesia, tetapi mie dan nasi goreng khas area ini mempunyai rasa yang khas dengan rasa gurih dan bumbu-bumbu yang digunakan. Jenis mie yang digunakan adalah mie keriting yang ukurannya kecil, menjadi tidak membawa dampak eneg ketika dicicipi.

Kedua makanan ini amat enteng ditemukan di pelosok kota cilacap. Meskipun nasi atau mie goreng kemungkinan dapat ditemukan di kota Anda, tetapi jangan lupa mencicipi kuliner ini di kota Cilacap.

5. Mie Ayam Khas Cilacap

Makanan khas cilacap kroya ini merupakan mie putih yang direbus dengan dengan sawi kemudian ditaburi ayam dan juga di sajikan terpisah dengan kuahnya.

Kuliner ini memang terpengaruh budaya masakah China. Anda dapat memberikan kecap, saos tomat, sambal dan kerupuk pangsit yang membawa dampak cita rasanya tambah nikmat.

6. Mendoan

Siapa yang tidak mengenal mendoan? Makanan yang amat familiar ini enteng ditemukan di berbagai sudutkota Cilacap.

Mendoan merupakan makanan berbahan tempe yang diiris tipis dan lebar dan kemudian dilumuri adonan tepung yang udah dibumbui sebelumnya dan juga ditambahkan daun bawang.

Adonan mendoan ini digoreng 1/2 matang (mendo) dan disantap saat masih hangat. Apalagi kalau dimakan dengan cabai rawit, tambah tingkatkan kenikmatan berasal dari mendoan khas Cilacap ini.

7. Sea Food Pantai Teluk Penyu

Bagi Anda penggemar makanan seafood, jangan lewatkan untuk singgah ke Seafood Pantai Teluk Penyu yang menawarkan berbagai kuliner sea food layaknya kepiting, ikan bakar, rajungan, udang, dan masih banyak hidangan lezat lainnya.

Mengkonsumsi kuliner sea food sembari menikmati angin pantai tentunya menjadi pengalaman tersendiri. Semua masakan sea food diisni diracik memakai bumbu khusus yang membawa dampak rasanya tambah lezat tetapi senantiasa dijual dengan harga terjangkau.

8. Abon Tuna

Makanan khas cilacap jateng kali ini kemungkinan akan amat cocok untuk Anda yang melacak oleh-oleh khas Cilacap. Makanan ini memakai bahan basic ikan tuna yang amat nikmat saat di sajikan dengan nasi hangat. Kuliner ini cukup awet disimpan, menjadi tak heran kalau banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.

9. Gembus

Makanan khas cilacap adalah gembus ini termasuk sering dikenal sebagai donat jawa. Menggunakan bahan basic singkong atau ketela pohon yang diolah dan dibentuk layaknya donat, sehabis itu barulah digoreng.

Gembus ini banyak dijumpai di berbagai acara-acara hiburan yang ada di kampung, di pinggiran jalan, lebih-lebih hingga di pasar tradisional. Gembus akan amat nikmat dimakan saat masih hangat gara-gara akan lebih merasa gurihnya.

10. Tahu Masak

Kuliner lainnya yang termasuk direkomendasi saat singgah di Cilacap adalah Tahu Masak. Makanan ini memakai bahan basic paham kotak putih yang diolah dengan langkah digoreng.

Setelah itu dipotong-potong dan ditambahkan irisan kubis, kerupuk banggi, dan juga bumbu-bumbu khas yang dipadukan kacang giling. Tahu matang ini enteng dijumpai di acara-acara hiburan dan pasar-pasar tradisional.

11. Tempe Dages

Tempe dages ini merupakan makanan yang terbuat berasal dari bahan basic ampas tahu, warnanya muncul abu-abu dan bentuknya yang kotak padat. Tempe dages ini kebanyakan diolah dengan langkah digoreng sama layaknya mendoan. Rasanya? Tentu tidak kalah enaknya dengan tempe mendoan. Sangat gurih dan tentunya murah meriah.

Bukanlah hal yang sukar untuk menemukan tempe dages ini di kota Cilacap. Biasanya tempe dages ini dijual dengan dengan paham brontak, mendoan, dan termasuk pisang goreng.

12. Lanting

Bukan hanya di kebumen saja, Lanting termasuk menjadi oleh-oleh khas Cilacap yang tak boleh terlewatkan. Anda dapat membawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. model oleh-oleh ini terbuat berasal dari bahan basic singkong dan dibentuk bulat menyerupai angka 8.

Untuk rasanya sendiri dijamin akan membawa dampak barang siapa ketagihan gara-gara gurih dan termasuk renyah, cocok dijadikan camilan di sore hari ataupun dijadikan kawan makan nasi. Camilan yang satu ini enteng ditemukan di kawasan Adipala, mengingat kawasan ini adalah pusat mengolah klanting.

13. Rempeyek Yutuk

Bisa dikatakan hampir beberapa besar penduduk Indoensia menyukai rempeyek, merasa berasal dari rempeyek teri, kacang, dan masih banyak model lainnya. dan di cilacap ini Anda dapat menemukan rempeyek yang berbeda gara-gara memakai yutuk. Yutuk adalah olahan hewan laut yang sama layaknya kepiting dan udang tetapi rasanya tak kalah nikmat.

Biasanya banya orang yang menjadikan rempeyek yutuk ini sebagai oleh-oleh khas Cilacap. Rempeyek ini kebanyakan enteng ditemukan, lebih-lebih di kawasa pantai-pantai Cilacap. Rasanya yang gurih dan renyah membawa dampak barang siapa ketagihan lebih-lebih gara-gara bumbunya yang amat khas.

14. Templeng

Oleh-oleh khas Cilacap lainnya yang dapat Anda beli saat singgah ke kota ini adalah Templeng, atau kemungkinan di kota-kota lainnya dikenal sebagai rempeyek.

Templeng terbuat berasal dari bahan basic tepung beras yang diberikan bumbu khas yang begitu nikmat. Ada berbagai varian templeng yang dapat Anda temukan, layaknya templeng kedele, templeng rebon, templeng kacang ijo, hingga templeng teri.

15. Lepet Ketan

Di beberapa area kemungkinan tidak akan sukar untuk menemukan lepet ketan, termausk di kota Cilacap juga. Hanya saja tentunya berasal dari faktor rasa berbeda.

Seperti jika untuk lepet khas cilacap ini, yakni lepet ketan yang memakai bahan basic beras ketan dan juga kelapa parut yang dibungkus oleh janur kuning. Untuk rasa tentunya amat enak dan cocok untuk dijadikan camilan.

16. Kerupuk Ikan Tenggiri

Berburu oleh-oleh di kota Cilacap rasnaya tak akan jauh berasal dari bahan basic ikan, layaknya oleh-oleh yang satu ini.

Jika kebanyakan ikan tenggiri dijadikan bahan utama untuk pembuatan empek-empek, tetapi di kota Cilacap Anda akan menemukan ikan tenggiri yang diolah menjadi kerupuk ikan. Dari faktor rasa, tentu saja juara.

Bukan hanya gurih tetapi kerupuk ikan tenggiri ini pun termasuk membawa nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya dijadikan camilan, tetapi kerupuk ikan tenggiri termasuk nikmat untuk kawan makan nasi dan lauk pauk lainnya.

17. Keripik Tempe

Siapa yang tidak mengenal keripik tempe? Bahkan banyak kota-kota di Indonesia yang mempunyai oleh-oleh keripik tempe ini. Begitu pula Cilacap, tetapi keripik tempe disini tentu mempunyai cita rasa khas yang berbeda. Di cilacap, keripik tempe memang adalah mendoan biasa tetapi digoreng kering hingga renyah.

Bentuknya tipis berwarna kecoklatan dan rasanya amat nikmat. Cocok untuk dijadikan camilan atau dijadikan lauk pauk, Anda termasuk dapat membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.

18. Kripik dan Stik Sukun Khas Cilacap

Cilacap bukan hanya populer akan hasil lautnya, tetapi banyak product berasal dari berbagai bidang lainnya yang berkwalitas termasuk bidang pertanian. Salah satunya yakni Sukun, disini Sukun diolah menjadi camilan enteng yakni keripik maupun stik.

Keripik sukun bentuknya amat tipis, namun untuk stik bersifat persegi panjang. Namun keduanya sama-sama digoreng hingga kering.

Untuk rasanya tentu enak dan gurih, cocok untuk dijadikan camilan ketika santai. Jadi saat ini bukan hal yang sukar untuk dapat menikmati aroman dan rasa sukun, lebih-lebih keripik dan stik sukun udah banyak ditemukan di toko oleh-oleh.

19. Cetil dan Cenil

Cetil dan cenil memakai singkong, tepatnya pati singkong sebagai bahan dasarnya. Kemudian adonan pati singkong dibentuk bulat atau kotak dan diberikan warna cocok selera. Cenil dimakan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula jawa cair.

Cetil dan cenil ini amat pas untuk dijadikan camilan dengan rasa yang manis dan tentunya enak. Bahkan Anda dapat menemukan banyak penjaja cetil dan cenil dengan enteng di Cilacap

20. Jipang Kacang

Kuliner khas Sampang Cilacap ini memakai bahan basic kacang tanah dan gula merah yang mempunyai rasa amat gurih. Cara memasaknya termasuk masih memakai langkah tradiisonal, di mana kacang tanah disangrai lebih-lebih dahulu dengan batu-batu kerikil di didalam kuali tanah simak dan kemudian dipilih-pilih sehabis itu dicampur dengan gula merah. Panganan jipang kacang ini amat enteng ditemukan di tokooleh-oleh area Sampang dan dibanderol dengan harga merasa berasal dari 10 ribu rupiah saja.

21. Mangleng Singkong

Tebruat berasal dari singkong, bahan basic yang digunaka dipotong balok-balok kecil dan diberikan bumbu garam dan ketumbar. Setelah itu digoreng hingga matang dan berwarna kekuningan. Rasa berasal dari camilan ini sangar gurih dan cocok untuk dijadikan camilan

Nah itu tadi daftar makanan khas Cilacap yang udah tentu enak dan jangan hingga terlewatkan saat Anda berada di kota ini. Bahkan beberapa dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

22. Kripik Tempe

Kripik tempe ini termasuk salah satu khas Banyumas tetapi termasuk termasuk makanan khas Cilacap.

Kripik tempe ini layaknya tempe mendoan, tetapi digoreng kering sampe renyah atau kriuk, bahasa kerennya crispy.

Bentuknya tipis warnanya coklat, rasanya nikmat, renyah dan gurih. Cocok bikin cemilan, dimakan dengan nasi atau bikin oleh-oleh.

Rasanya amat enak dan lezat. Biasanya dinikmati dengan tempe mendoan atau krupuk mireng.

23. Manggleng

Makanan Khas Cilacap yang ke duapuluh dua adalah Manggleng. Menggleng terbuat berasal dari ketela pohon yang dipotong-potong layaknya balok kecil, selanjutnya diberi bumbu garam dan ketumbar supaya grih, dan dimatangkan dengan langkah digoreng.

24. Karedok

Karedok diadobsi berasal dari area Banjarsari Jawa Barat. Tapi, di Cilacap Karedok udah menjadi tradisi. Mungkin didasari gara-gara Cilacap berbatasan langsung dengan Jawa Barat.

Karedok terbuat berasal dari sayuran yang masih mentah, wortel, kobis, mentimun, kacang panjang dan kecambah. Kemudian sayuran selanjutnya disiram atau dicampur dengan bumbu sambal kacang, ditaburi krupuk banggi atau disempurnakan dengan paham ataupun ketupat.

25. Sea Food Pantai Teluk Penyu

Nah, kalau anda berwisata ke Pantai Teluk Penyu Cilacap, jangan lupa untuk menikmati berbagai macam masakan sea food. Rasanya nikmat dan mantap, di racik dengan bumbu yang pas dan tentunya lezat. Harganya pun terjangkau dan lokasinya berada di pinggiran Pantai Teluk Penyu Cilacap.

26. Kripik dan Stik Sukun

Cilacap tak sekedar populer kaya dengan hasil lautnya, termasuk membawa product unggulan dibidang pertanian yakni Sukun. Di Cilacap, Sukun diolah menjadi kripik dan stik.

Kripik Sukun bersifat tipis, namun stik sukun bersifat persegi panjang. Diolah dengan digoreng, rasanya enak dan gurih.

27. Cethil atau Cenil

Cethil terbuat berasal dari pati singkong, diolah bersifat bulat-bulat atau kotak-kotak, dan diberi warna cocok selera. Cenil ini dimakan dengan kelapa, ditaburi dengan gula pasir atau gula jawa.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat kami jumpai dan amat di kangenin oleh sedulur-sedulur yang ada diperantauan. Salam Ngapak ora ngapak ora kepenak, ora ngapak dupak…