Makanan Khas Kalimantan Timur Dicari Para Wisatawan

Makanan khas Kalimantan Timur kemungkinan tetap asing di telinga Anda. Wajar gara-gara lebih dari satu besar belum dibawa ke kota-kota lain, agar andaikata mengidamkan mencoba kenikmatannya pun kudu melancong ke sana dulu.

Berlibur ke Borneo kurang lengkap tanpa mencicipi kulinernya. Meskipun belum terekspos layaknya makanan berasal dari Kalimantan secara umum, tetapi bukan bermakna hidangan ala Kalimantan Timur ini tidak mempunyai cita rasa yang bisa mengakibatkan ketagihan. Malahan amat khas bersama olahan ikan dan aneka hasil laut.

Rasa yang dihadirkan pun biasanya “menusuk lidah” dengan kata lain pedas. Sehingga, layaknya surga bagi para penggemar santapan semacam itu. Di samping itu, berbagai masakannya mengandalkan bumbu rempah yang kuat. Supaya tidak penasaran, berikut lebih dari satu sajian yang bisa dicoba disaat berkunjung ke sana:

Nasi Bekepor

Makanan ini bersifat nasi liwet yang dipadukan bersama minyak sayur, aneka bumbu rempah dan ikan asin. Proses memasaknya pakai alat khusus, yaitu ketel. Beras bersama bumbu dimasak di dalamnya. Sebelum diangkat, beri ikan asin, kemangi, cabai dan jeruk nipis. Kalau bagian pinggirnya udah berkerak, bisa diangkat.

Biasanya, nasi bekepor disajikan bersama daging matang bumi hangus atau sayur gangan asam Kutai.

Ayam Cincane

Olahan daging ayam berikut lumayan populer, lebih-lebih di Kota Samarinda. Apabila dicermati sekilas, tampilannya tidak berlainan bersama masakan ayam lain di Nusantara. Hanya daging ayam yang dibumbui dan dibakar. Tapi, begitu dicicipi akan merasa perbedaannya. Terutama berasal dari bumbu merah yang digunakan, cita rasa lengkuas, jahe dan kemirinya segera melekat di lidah.

Apalagi, tekstur dagingnya lebih lembut dan gurih gara-gara Mengenakan ayam kampung. Mulanya, ayam cincane hanya disuguhkan pada berbagai acara khusus, layaknya pernikahan, kelahiran dan upacara adat. Namun, seiring berjalannya waktu, menu itu juga disajikan oleh restoran-restoran di Kota Wisata Air.

Nasi Kuning

Sepertinya, nama santapan ini udah tersohor di kalangan penduduk Indonesia, lebih-lebih Pulau Jawa. Terbuat berasal dari beras yang dimasak bersama rempah-rempah dan santan untuk memberi rasa gurih. Warna kuningnya sendiri didapat berasal dari pewarna makanan alami, yaitu kunyit. Biasanya, nasi kuning dipresentasikan bersama berbagai lauk, layaknya tempe goreng, mengerti goreng, telur dadar, ayam goreng dan lain-lain.

Tapi, yang spesial berasal dari penganan khas Samarinda berikut adalah kombinasi lauknya. Ada serundeng, ikan gabus, telur bumbu Bali dan taburan bawang merah. Saking istimewanya, pada tahun 2013 pemerintah setempat mendirikan tempat khusus bagi para penjual hidangan ini yang dinamakan “Kampung Nasi Kuning”.

Harga satu porsi nasi kuning terbilang lumayan murah. Tidak heran andaikata banyak orang yang menjadikannya sebagai menu sarapan sehari-hari.

Gence Ruan

Telah disebutkan bahwa Kalimantan Timur punyai berbagai kuliner bersama bahan dasar ikan dan hasil laut. Salah satu makanan yang cocok bersama ciri khas itu adalah gence ruan. Nama “ruan” disita berasal dari empat huruf paling akhir bahan utama hidangan ini, yaitu ikan haruan atau lebih dikenal bersama ikan gabus. Sementara “gence” merupakan nama bumbu spesialnya.

Biasanya, ikan haruan digoreng kering atau dibakar sesudah dilumuri garam. Bila udah matang, dicampur bersama bumbu yang bercita rasa pedas dan manis. Terdiri atas cabai merah, bawang putih, bawang merah dan air asam jawa yang ditumis.

Sayur Asam Kutai

Salah satu tipe sayur yang khas di Indonesia. Variasinya sendiri bermacam-macam, layaknya sayur asam kangkung, sayur asam ikan asin dan sayur asam khas Betawi. Tapi, kalau mengkaji makanan berasal dari Kutai, Kalimantan Timur ini sedikit unik. Sebab, pakai bahan utama yang berbeda, yaitu kepala ikan gabus.

Pelengkapnya adalah potongan talas, kangkung dan jantung pisang batu. Jadi, kepala ikan gabus yang dibelah dua dilumuri garam dan air jeruk nipis. Setelah itu, dimasukkan ke di dalam kuah berbumbu bersama asam sunti serta bahan lainnya. Bila udah matang, bisa segera diangkat.

Rabo Ruan

Hampir serupa bersama gence ruan, makanan berikut berbahan dasar ikan gabus. Tapi, tidak dibuat utuh, melainkan dijadikan serupa layaknya abon. Meskipun demikian, berasal dari segi rasa sangatlah berbeda. Begitu pula bersama proses pembuatannya. Sebab, pada rabo ruan, ikan gabus dikukus hingga 1/2 matang, lantas disuwir-suwir.

Kemudian dicampur bersama bumbu-bumbu, layaknya bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah, ketumbar dan garam. Sesudah itu, dimasak bersama santan bersama api kecil. Sangat pas untuk dijadikan lauk makan siang.

Daging Masak Bumbu Hangus

Makanan khas Kalimantan Timur yang punyai nama unik ini terbuat berasal dari daging sapi yang dimasak bersama bumbu kecap. Uniknya, proses pematangan daging terjadi lumayan lama, hingga warnanya beralih kehitaman. Tapi, tidak hingga kurangi selera penikmat kuliner untuk mencobanya. Apalagi, rempah-rempah yang digunakan pada masakan ini amat menggoda.

Ada pala, merica, bawang bombay dan sebagainya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, makanan berikut kerap menjadi kawan makan nasi bekepor.

Gangan Manok

Dari bentuknya udah bisa ditebak bahwa kuliner ini sejenis bersama bakso. Tapi, yang membuatnya lain adalah gangan manok diolah bersama bahan daging ayam. Setelah digiling, daging ayam dicampur bersama seluruh bahan dan dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Kemudian dimasukkan ke di dalam air kaldu, menunggu hingga matang.

Ketika dikecap lidah, akan merasa gurihnya daging ayam. Teksturnya yang lebih lembut berasal dari daging sapi membuatnya gampang dikunyah. Kuahnya yang kental pun demikian, rasa kaldunya begitu kuat. Sebagai pelengkap, makanan berikut diberi potongan ayam, irisan bayam dan oyong.

Ayam Suwir Cabai Hijau

Kalau jemu bersama menu ayam yang itu-itu saja, Anda bisa mencoba ayam suwir cabai hijau. Dari presentasinya serupa bersama oseng-oseng, tetapi isi di dalamnya bukan hanya sayuran. Melainkan daging ayam suwir yang ditumis bersama bawang bombay, lengkuas, jahe, daun salam, daun bawang dan aneka rempah lainnya.

Karena mempunyai rempah-rempah yang kuat, rasanya pun lebih menggetarkan lidah. Selain itu, pedasnya juga amat nagih.

Pepes Kepiting

Jika biasanya pepes terbuat berasal dari daging ayam atau ikan, maka di Kalimantan Timur ini pakai kepiting. Biasanya, yang dipilih adalah kepiting soka. Untuk menghadirkan rasa yang sedap, bahan utama dibumbui cabai rawit, cabai merah, serai, kemangi dan berbagai rempah lainnya sebelum akan dibungkus bersama daun pisang.

Sesudah itu, pepes kepiting dikukus hingga matang dan untuk menciptakan aroma yang mengakibatkan selera, makanan itu dibakar di atas bara api. Meskipun pakai banyak ragam rempah, tetapi kala masuk ke mulut yang dominan adalah rasa pedasnya.

Sate Payau

Selama ini, kami hanya mengerti bahwa sate terbuat berasal dari daging ayam, kambing atau yang sedikit unik adalah bekicot. Tapi, Kalimantan Timur justru menghidangkan sate yang anti-mainstream gara-gara berbahan utama hewan buruan, yaitu daging rusa. Tapi, udah bertahun-tahun penduduk jarang mendapatkan sajian tersebut.

Hal itu gara-gara rusa merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh negara. Meski begitu, wisatawan bisa menjumpainya disaat tersedia festival atau acara rutinitas yang diadakan provinsi. Menurut orang yang pernah mengonsumsinya, sate payau punyai rasa manis dan gurih. Apalagi, daging rusa mempunyai tekstur yang lembut.

Bakal merasa nikmat disaat bercampur bersama bumbu kecap. Tingkat keempukannya pun bisa mengalahkan daging sapi dan kambing.

Pulut Nasi

Walaupun berbahan utama beras, tetapi pulut nasi juga di dalam group jajanan pasar berasal dari Kutai. Karena porsinya sedang, dianggap cocok untuk menu makan pagi oleh penduduk setempat. Biasanya, dibungkus daun pisang yang dilipat ke sedang dan diberi sebatang lidi kecil. Tampak sederhana, memang. Namun, hidangan berikut punyai rasa yang gurih dan pedas.

Sebab, dicampur bersama santan serta sambal berasal dari cabai dan kacang tanah yang dihaluskan. Santan yang dipakai sendiri tersedia dua jenis, yaitu santan kental dan santan encer. Selama proses pengukusan, keduanya akan mengalami reaksi yang berbeda. Jadilah menyempurnakan wujud nasi pulut. Ketika bungkusan dibuka, isinya keluar layaknya lontong atau arem-arem. Tapi, teksturnya lebih pulen atau lunak.

Sambal Raja

Nama pendamping aneka santapan lezat berikut mengenai bersama sejarahnya. Bersama nasi bekepor, dulunya sambal ini hanya bisa dinikmati oleh para raja berasal dari Kerajaan Kutai. Tapi, sesudah lebih dari satu lama bisa didahar oleh bagian kerajaan dan penduduk biasa. Bukan hanya cabai yang diuleg bersama bumbu, sambal raja lebih lengkap.

Karena di dalamnya tersedia berbagai sayuran, layaknya kacang panjang, terong ungu, irisan bawang merah dan telur rebus yang disiram bumbu pedas. Cara membuatnya lumayan mudah, menjadi seluruh sayuran dipotong kecil-kecil atau dicincang. Kemudian, digoreng bersama cabai merah, cabai rawit, terasi, gula dan garam yang udah dihaluskan. Setelah itu, diberi perasan jeruk cina.

Biasanya, ia menemani santap makan siang bersama menu sederhana, merasa berasal dari nasi putih hangat, pepes kepiting hingga sate payau.

Kue Bingka Kentang

Santapan lezat ini amat digemari oleh warga Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, lebih-lebih Banjarmasin. Memiliki wujud yang unik bersama rasa manis dan tekstur legit mengakibatkan kue bingka kentang cocok menemani sore hari Anda. Sesuai namanya, kudapan berikut berbahan utama kentang. Setelah dihaluskan, ia dicampur bersama telur, tepung terigu, santan dan perisa lainnya.

Lalu, dicetak pada loyang dan dibakar hingga permukaan adonannya kuning kecoklatan. Jika udah agak dingin, bisa dipotong-potong.

Kue Gegicak

Lain bersama kue bingka kentang, gegicak mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut. Dibuat berasal dari tepung beras ketan putih yang diberi daun pandan sebagai pewarna alami. Kalau diperhatikan sebetulnya menyerupai kue klepon berasal dari Jawa. Tapi, kalau klepon direbus dan bagian dalamnya diisi gula merah, kue berikut dimatangkan bersama kukusan, ditaburi kelapa parut dan disiram saus gula merah.

Aroma daun pandan dan sausnya semerbak begitu kue gegicak dihidangkan. Rasanya sendiri manis dan gurih.

Amplang

Mungkin Anda tidak begitu asing bersama camilan yang berbahan dasar ikan ini. Kerupuk amplang sebetulnya menjadi buah tangan favorit para wisatawan. Kalau di tempat lainnya lebih dikenal bersama sebutan kerupuk tenggiri atau tergantung nama ikannya. Sama halnya bersama kerupuk udang, jajanan berikut juga punyai rasa ikan yang begitu kuat.

Sehingga, cocok menjadi pendamping menu apapun. Keunikan amplang keluar berasal dari bentuknya yang tidak amat besar dan menyerupai kuku macan.

Lempok Durian

Oleh-oleh yang kudu dibawa pulang disaat berkunjung ke Pulau Seribu Sungai adalah olahan duriannya. Bagaimana tidak, Pulau Seribu Mitos berikut sebetulnya menjadi tempat penghasil durian terbesar. Jadi, rugi andaikata berwisata ke sana tanpa mengecap rasanya. Lempok durian menjadi salah satu penganan berasal dari durian yang direkomendasikan.

Kudapan ini bersifat dodol yang punyai rasa manis, tetapi tidak mendominasi. Sebab, duriannya juga sama-sama kuat. Bagi penggemar Raja Buah berikut dijamin akan terpuaskan. Cocok sekali dilahap sambil minum kopi atau teh hangat disaat bersantai di sore hari. Tidak kudu khawatir, gara-gara lempok durian adalah jajanan yang tahan lama.

Jadi, kalau pun mengidamkan memborongnya untuk dijadikan stock tidak masalah.

Pisang Gapit

Sesuai bersama namanya, jajanan yang tenar di Provinsi Kalimantan Timur ini dibakar bersama cara digapit atau dijepit. Sebenarnya, “gapit” sendiri berasal berasal dari Bahasa Kutai dan Banjar yang kurang lebih bermakna demikian. Di Samarinda, pisang gapit juga kategori street food, agar keberadaannya amat gampang ditemui di tepi jalan, lebih-lebih di tempat Tepian, Sungai Mahakam.

Meski tergolong tidak mahal meriah, jajanan berikut kerap menjadi suguhan pada lebih dari satu hotel di Samarinda dan Balikpapan. Biasanya pakai bahan utama pisang kapok, pisang sanggar atau pisang tanduk. Uniknya, pisang yang dipilih tetap 1/2 matang. Proses pembuatannya pun mudah, yaitu dibakar sambil dijepit dan dipencet agar bentuknya pipih serta melebar.

Kemudian diberi toping tertentu, Makanan Khas Kalimantan Timur layaknya saus durian atau saus karamel yang terbuat berasal dari campuran santan kental dan gula merah. Setelah itu, siap dinikmati bersama teh hangat. Sebenarnya, tersedia lebih dari satu camilan yang serupa bersama pisang gapit, di antaranya colenak khas Jawa Barat dan pisang epe berasal dari Makassar.

Bobongko

Jajanan yang namanya terdengar asing itu masuk ke di dalam kategori kue basah. Walaupun keluar layaknya camilan, tetapi penduduk Kutai kerap menjadikannya sebagai menu sarapan. Bobongko juga kerap disuguhkan pada acara-acara besar, layaknya pernikahan atau beseprah (ritual sarapan besar). Bentuk hidangan ini sendiri menyerupai gumpalan.

Warnanya kehijauan dan punyai tekstur lembut serta kenyal. Semakin lezat bersama adanya kuah kental yang bernuansa putih kecoklatan. Seperti jajanan tradisional pada umumnya, bobongko dibungkus pakai daun pisang yang dibentuk piramida. Pengemasan yang sedikit serupa bersama pulut nasi, hanya berlainan wujud saja.

Cita rasa berasal dari kudapan Makanan Khas Kalimantan Timur ini manis, tetapi juga gurih. Dihasilkan berasal dari proses pembuatannya yang di mulai bersama mengkombinasikan adonan tepung. Kemudian, memasaknya bersama santan encer, gula pasir dan garam. Jika udah mengental bisa didinginkan sebelum akan dimasukkan ke di dalam bungkusan bersama gula merah cair dan santan kental. Lalu, dikukus hingga matang.

Bubur Pedas

Sesuai bersama namanya, makanan khas Kalimantan Timur ini mempunyai rasa pedas yang dominan. Selain itu, bubur yang dimasak bersama banyak ragam bumbu, layaknya lengkuas, jahe, ketumbar dan lada hitam menyuguhkan cita rasa yang tidak biasa. Kerap disajikan bersama toping yang istimewa, yaitu ikan asin, kacang goreng garing, bawang goreng dan kerupuk.

Menu favorit Makanan Khas Kalimantan Timur penduduk Borneo berikut awalannya merupakan kuliner berasal dari Suku Sambas, Kalimantan Barat. Tapi, akhirnya diadopsi oleh provinsi yang beribukota Samarinda itu.

Dengan petunjuk di atas, wisatawan tidak kudu kuatir dan bingung mengidamkan menyantap hidangan apa disaat hingga di sana. Begitu pun kalau hendak mempunyai pulang oleh-oleh. Menurut Anda, berasal dari daftar makanan khas Kalimantan Timur tersebut, mana kah yang paling menggugah selera?