Makanan Khas Tasikmalaya Rasanya Sunda Banget

Makanan Khas Tasikmalaya – Kurang tepat rasanya jika anda mampir ke suatu tempat tidak nikmati makanan khas tempat dan asli dari tempat yang anda kunjungi.

Nah, jikalau anda berkunjung ke Kota Tasikmalaya, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Tasikmalaya yang sangat menggugah selera selanjutnya ini:

1. Makanan Khas Tasikmalaya Nasi Cikur

Nasi Cikur adalah nasi yang dibikin bersama campuran kencur. Biasanya kencur yang digunakan adalah kencur muda atau kencur yang umbinya tetap berwarna putih.

Tambahan kencur ini ternyata yang membuat makanan khas Tasikmalaya nasi cikur jadi terasa lebih renyah, walau sedikit getir.

Cara membuatnya hampir serupa bersama nasi goreng. Bumbu yang digunakan untuk menggoreng nasi cikur yaitu bawang merah, bawang putih, garam, terasi goreng, dan kencur muda.

Selain itu termasuk dilengkapi minyak sayur dan cabai merah besar. Nasi digoreng bersama bumbu selanjutnya yang sudah dihaluskan, diaduk rata sampai matang.

Nasi cikur khas Tasikmalaya kebanyakan di sajikan bersama tambahan banyak variasi lauk seperti telur dadar, suwiran daging ayam, serundeng, mengetahui goreng, acar wortel, dan keripik tempe.

Untuk yang suka pedas, sanggup termasuk dilengkapi bersama sambal goang khas Tasikmalaya. Kamu sanggup nikmati nasi cikur di Rumah Makan Ny. Iyen di Kantin 43 Tasikmalaya.

2. Makanan Khas Tasikmalaya Kolontong

Kolontong adalah makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras ketan. Kudapan ini jadi salah satu makanan yang tetap ada di tempat tinggal warga Tasikmalaya kala Lebaran.

Tempat pembuatan kolontong yang kondang dan tetap eksis yaitu di Desa Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Kolontong mentah yang di awalnya dikeringkan di bawah sinar matahari , dijemur sampai sangat kering. Setelah itu, kolontong dipanggang. Produksi kolontong kala bulan puasa dan menjelang Idul Fitri tentu naik berlipat-lipat.

3. Rengginang Oyek

Salah satu kawasan pembuat rengginang oyek yang paling sedap di Tasikmalaya adalah Tenjowaringin. Rengginang oyek khas Tasikmalaya teksturnya renyah dan enak. Hal ini karena proses pengolahannya lumayan panjang dan lama.

Bahan baku rengginang oyek adalah singkong. Cara membuatnya yaitu singkong dikupas sampai bersih. Setelah itu diris tipis-tipis, lantas dilengkapi bumbu seperti ketumbar dan kencur.

Setelah dicampur bersama bumbu, singkong tadi dijemur sampai kering, lantas digoreng dan sanggup dikonsumsi untuk sajian di meja tamu.

4. Bubur Ayam Haji Zaenal

Pecinta bubur ayam jika ke Tasikmalaya, harus mampir mencicipi Bubur Ayam Haji Zainal yang letaknya di Jalan Kalektoran, Kabupaten Tasikmalaya. Bubur di tempat ini kondang sedap dan bikin orang ketagihan inginkan balik lagi.

Bubur ayam khas Tasikmalaya ini sangat legendaris karena sudah berdri sejak tahun 1969, dan rasanya tidak dulu berubah dari dulu.

Tekstur buburnya tidak sangat kental dan toppingnya sangat melimpah. Ada banyak varian toping seperti ayam kampung suwir, hati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Harganya untuk porsi kecil Rp 15.000 dan porsi besar Rp 25.000. Memang terlihat mahal untuk harga bubur ayam dibandingkan bersama bubur ayam gerobakan pada umumnya.

Tapi harga ini sangat sesuai karna porsi bubur ayamnya sangat banyak, sanggup sampai satu mangkok full. Warung ini membuka dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang atau sampai habis.

5. Sale Pisang

Sale pisang adalah makanan khas Tasikmalaya yang dibikin bersama langkah menyisir pisang bersama tidak sangat tebal.

Setelah disisir, lantas dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Setelah itu, sale pisang sanggup dikonsums langsung atau sanggup dgoreng dulu bersama tepung agar lebih renyah.

6. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman merupakan warung soto paling legendaris di Tasikmalaya. Pemiliknya, Ibu Rina, sudah berjualan soto sejak tahun 1960-an. Hayo, anda sudah lahir belum?

Sebenarnya soto ayam pataruman ini hampir serupa bersama soto biasanya, namun karena rasanya yang khas tidak berubah sejak dulu, yang menjadikan banyak orang tetap inginkan makan lagi di tempat ini.

Satu porsi soto ayam pataruman memuat suwiran dagian ayam anggota paha, dada, kulit, ati ampela, telur, ceker, dan kepala. Selain itu termasuk dilengkapi kedelai goreng, irisan daun bawang, bawang goreng, dan jeruk nipis bagi yang suka.

Untuk anda yang penasaran bersama kelegendarisan rasanya, langsung menuju lokasinya yang terdapat di Jalan Pataruman no 23, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya. Bukanya kebanyakan terasa jam enam pagi sampai jam 8 malam.

7. Mie Baso Laksana

Tasikmalaya katanya dikenal bersama kota “seribu bakso”. Tidak heran di tempat ini banyak sekali gerobak bakso dan warung bakso yang berjualan, dan herannya tetap laris dibeli pembeli.

Bakso yang dijual pun banyak variannya, ada bakso mercon, bakso kikil, bakso gejrot, dan tetap banyak lagi.

Namun yang paling kondang adalah Mie Baso Laksana. Letak warungnya ada di Jl. Pemuda no 5 Tasikmalaya, tepatnya di belakang Masjid Agung Tasikmalaya.

Menunya termasuk banyak ragamnya, ada bakso pangsit, bakso kuah, bakso babat, mie yamin, dan tetap banyak lagi.

Dilihat dari sisi harganya, memang harga mie dan bakaso laksana sanggup dua kali lipat lebih mahal dibanding bakso lainnya.

Tapi harga ini sesuai bersama rasa bakso dan mienya yang gurih dan juga sudah bersertifikat halal MUI. Selain itu nuansa warung yang jadul namun bersih dan rapi jadi nilai tambah termasuk kenapa warung bakso ini sangat ramai dan laris.

Semua menu di sajikan secara terpisah, 1 mangkok mie, 1 mangkok bakso dan kuah dan juga 1 mangkok pangsitnya.

Yang khas dari mie dan bakso laksana adalah sambal bawangnya di sajikan diatas meja. Apabila dicampur bersama mie atau baksonya bakal meningkatkan cita rasa khas dan enak.

8. Keripik Sukun

Dari namanya saja kami sudah mengetahui jika keripik sukun adalah keripik yang terbuat dari sukun. Buah sukun yang sudah dibersihkan, diiris tipis lantas dicampur bumbu-bumbu, dan paling akhir digoreng sampai garing.

9. Tahu Bulat

Tahu bulat yang biasa dijajakn bersama harga lima ratusan per bijinya ternyata adalah makanan khas Tasikmalaya yang sangat terkenal.

Tahu ini bentuknya bulat, tidak seperti mengetahui biasa yang berwujud kotak. Rasanya gurih, dan kebanyakan dgoreng garing.

Sekarang banyak penjaja mengetahui bulat yang berikan inovasi rasa. Ada yang meningkatkan mengetahui bulat bersama bumbu rasa pedas, manis, barbeque, dan tetap banyak rasa lagi. Tahu bulat sangta nikmat dimakan kala tetap hangat.

10. Cilok Goang

Cilok adalah singkatan dari aci yang dicolok, Tapi, cilok goang khas Tasikmalaya ini tidak dicolok atau ditusuk acinya, melainkan dibiarkan begitu saja lantas disiram bersama kuah sambal goang.

Sambal goang adalah sambal khas sunda yang terbuat dari cabai, bawang putih, garam dan kencur.

Cilok goang termasuk kebanyakan di sajikan bersama tambahan mie kering, ceker ayam, tahu, dan taburan bawang goreng. Makanan khas Tasikmalaya ini cocok dijadikan kudapan sore atau kebanyakan dijajakan pedagang kaki lima di lebih kurang sekolah.

11. Oleh-oleh Makanan Khas Tasikmalaya Wajit

Wajit merupakan makanan ringan khas Tasikmalaya yang terbat dari ketan yang dicampur denga kelapa yang dihaluskan dan dimasak bersama gula merah. Setelah masak, wajit dibungkus bersama daun jagung yang berwarna putih.

Cita rasa wajit khas Tasikmalaya condong manis karena memakai gula merah. Makanan ini sangat cocok dinikmati untuk para fans manis.

12. Makanan Khas Tasikmalaya Tutug Oncom

Tutug didalam bahasa sunda bermakna menumbuk. Makanan khas Tasikmalaya ini disebut Nasi Tutug Oncom karena memang dibikin bersama langkah dItumbuk dan diaduk bersama oncom.

Warung yang menjajakan nasi tutug oncom terdapat di Jalan Cikarang Girang no 56 Tasikmalaya. Warung ini membuka sampai 24 jam dan konsepnya sangat enjoy duduk lesehan.

13. Oleh-oleh Camilan Tradisional Khas Tasikmalaya Citruk

Citruk adalah salah satu makanan tradisional jadul khas Tasikmalaya yang tetap diminati penduduk lokal atau para wisatawan sampai sekarang.

Kata citruk sendiri adalah singkatan dari aci ngagetruk, yang bermakna aci atau tepung kanji yang bertekstur agak keras namun renyah. Bentuk citruk bundar serupa seperti koin logam dan rasanya gurih..

14. Makanan Khas Tasikmalaya Godeblag

Godeblag adalah makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari singkong yang memiliki kwalitas baik dan tidak terkena hama. Apabila singkong yang digunakan kurang bagus, rasanya termasuk bakal aneh sesudah diolah.

15. Noga Kacang

Noga kacang khas Tasikmalayang dibikin dari bahan dasar alami yang terdiri dari kacang tananh dan gula manis. Cita rasanya manis, gurih, dan renyah.

Kualitas noga kacang ini sangat terjamin karena tidak memakai pewarna dan pemanis buatan. Noga kacang sudah diproduksi sejak tahun 1982 di tempat Indihiang, Tasikmalaya.

16. Es Bojong

Es Bojong terbuat dari campuran air sirup dan santan lantas dilengkapi bersama potobgan nangka, nanas, kelapa muda, alpukat, tape ketan, cincau hitam, dan buah durian. Banyak sekali isiannya ya!

Rasa unik es bojong terdapat di rasa santan pekat yang khas dan gurih, sangat cocok dipadukan bersama sirup dan susu kental manis. Es bojong khas tasikmalaya sangat cocok dinikmat kala cuaca Tasikmalaya makin lama panas akhir-akhir ini.

17. Makanan Khas Tasikmalaya Kue Aci

Kue aci terbuat dari bahan simple diantaranya tepung tapioka, gula, mentega, dan termasuk telur yang dicampur jadi satu adonan. Adonan selanjutnya lantas diolah lagi jadi kue aci. Kue aci dijual bersama harga 20 ribu rupiah saja per bungkusnya.

18. Ladu

Ladu merupakan makanan ringan khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras ketan. Sekilas serupa seperti dodol, rasanya manis dan teksturnya agak kenyal. Makanan khas tradisional ini sudah banyak dijual di gerai oleh-oleh untuk dijadikan olleh-oleh khas Tasikmalaya.

Ladu banyak di sajikan kala lebaran tiba. Meskipun begitu sekarang sudah banyak toko oleh oleh yang menjajakan ladu untuk dijadikan oleh oleh khas Tasikmalaya.

19. Kalua Jeruk

Kalua jeruk adalah manisan dari kulit jeruk yang diberikan perasa unik seperti durain atau strawberi. Cita rasanya sangat unik, manis dan aromanya khas. Kamu harus coba ini!

Kalua jeruk adalah manisan kulit jeruk yang dipadukan bersama gula dan perasa unik seperti durian ataupun strawberry. Hal ini membuat kalua jeruk jadi makanan yang bercita rasa unik.

20. Sate Maranggi

Sate maranggi merupakan sate daging sapi yang dipotong secara besar-besar. Dagingnya dibakar bersama memakai sambal kecap dan sebagian bumbu seperti cabai, irisan tomat, merica, dan bawang goreng.

Selain sambal kecap, sate maranggi termasuk sanggup di sajikan bersama sambal bumbu kacang.

Itulah 20 daftar nama makanan khas Tasikmalaya yang sanggup jadi referensi temen-temen. Semoga ulasan dari kami berfaedah untuk seluruhnya yaa. Sampai ketemu di ulasan makanan khas di kota-kota lain yaa.