Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

mengatasi kaki bengkak saat hamil –  Saat wanita hamil, ada beragam pergantian psikis maupun fisik yang dialami. Perubahan paling lazim terhadap fisik ibu hamil adalah mengalami pembengkakan terhadap lebih dari satu anggota tubuh.
Andree Gruslin, Ketua Kebidanan dan Ginekologi di Universitas Ottawa dan Rumah Sakit Ottawa mengatakan bahwa anggota tubuh yang kebanyakan bengkak sepanjang kehamilan adalah tangan, kaki, dan pergelangan kaki.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Penyebab bengkak kaki kala hamil
Bengkak terhadap anggota tubuh ini, terlebih kaki mungkin dapat memicu Bunda menjadi tidak nyaman. Mengutip dari HealthLine, penyebab pembengkakan ini berlainan di tiap-tiap trimester lho Bunda.

Trimester pertama
Pada fase ini, takaran hormon progesteron ibu hamil meningkat bersama dengan cepat, supaya memperlambat pencernaan, Bunda. Dengan begitu, hal ini bisa memicu perut menjadi kembung, lebih-lebih jauh sebelum perut Bunda menjadi buncit.

Ibu hamil mungkin dapat merasa menyaksikan adanya lebih dari satu anggota tubuh lain yang membengkak, layaknya tangan atau wajah. Namun bengkak yang berikut tidak amat banyak.

Trimester kedua
Trimester kedua di mulai sejak minggu ke-13 kehamilan atau kurang lebih bulan keempat. Bukan menjadi hal aneh kembali jika terhadap bulan kelima, kaki ibu hamil merasa membengkak, lebih-lebih jika ibu hamil sering berdiri atau cuaca tengah panas.

Pembengkakan ini berlangsung gara-gara meningkatnya volume darah dan cairan di dalam tubuh. Sehingga volume darah meningkat kurang lebih 50 persen dan berkaitan bersama dengan banyaknya retensi cairan hormonal.

Walau hal ini ibu hamil merasa tak nyaman kala Mengenakan sepatu, semua cairan ekstra ini nantinya dapat mendukung tubuh mempersiapkan diri untuk persalinan. Selain itu, cairan ini terhitung dapat cepat berkurang sesudah bayi dilahirkan.

Trimester ketiga
Dimulai terhadap minggu ke-28 kehamilan, trimester ketiga adalah kala yang paling lazim untuk mengalami pembengkakan terhadap kaki, terlebih bersamaan mendekati minggu ke-40 minggu, Bunda.
Ini berlangsung gara-gara tubuh ibu hamil secara tetap menerus membangun suplai darah dan cairan. Dengan rahim yang semakin berat kala bayi tetap tumbuh, ini bisa memperlambat aliran darah dari kaki kembali ke jantung.
Selain cuaca panas dan berdiri di dalam kala yang lama, aspek lain yang bisa memicu kaki bengkak, yakni:
Cara menangani kaki bengkak kala hamil
Adanya pembengkakan terhadap kaki sesungguhnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun hal ini senantiasa saja memicu ibu hamil merasa tak nyaman dan terganggu. Untuk mengatasinya, berikut lebih dari satu langkah simpel untuk mengatasinya:

1. Kurangi asupan natrium
Ibu hamil bisa menghambat asupan natrium atau garam gara-gara ini bisa memicu tubuh mencegah air lebih banyak. Untuk itu, cobalah hindari makanan yang mengandung natrium layaknya makanan kalengan, olahan atau tidak mengimbuhkan garam kembali terhadap makanan.

Alternatif untuk melindungi makanan mempunyai cita rasa, bersama dengan Mengenakan bumbu herbal, layaknya rosemary, thyme, dan oregano.

2. Tingkatkan asupan kalium
Dengan tidak mendapat memadai kalium atau potasium terhitung bisa memperburuk pembengkakan, Bunda. Hal ini gara-gara potasium mempunyai fungsi untuk mendukung tubuh menyeimbangkan jumlah cairan yang ditampung.

Beberapa makanan yang secara alami mengandung tinggi kalium, di antaranya kentang, ubi jalar, pisang, bayam, kacang-kacangan, lebih dari satu jus buah layaknya delima, jeruk, wortel, dan markisa, yogurt, bit, dan juga salmon.

3. Kurangi asupan kafein
Meski sesekali mengkonsumsi kafein dari kopi sepanjang kehamilan tidak berbahaya, namun jika amat banyak bisa berbahaya bagi bayi dan memperburuk pembengkakan terhadap kaki, Bunda. Kafein mempunyai pembawaan diuretik, yang bisa memicu ibu hamil menjadi lebih sering membuang air kecil, lantas memicu tubuh berpikir bahwa wajib untuk mencegah cairan.

“Gantilah kafein Anda bersama dengan secangkir teh chamomile atau peppermint. Keduanya mengandung banyak mineral berguna terhitung kalium,” kata Josie Bouchier, pakar akupuntur, dikutip dari The Tot.

4. Minum lebih banyak air
Meski kedengarannya aneh, minum lebih banyak air bisa berguna untuk melawan pembengkakan, Bunda. Jika tubuh mengira tengah mengalami dehidrasi, maka secara alami dapat mencegah lebih banyak cairan untuk mencoba mengimbanginya.

Jadi, cobalah untuk minum setidaknya 10 gelas air tiap-tiap hari untuk melindungi ginjal mengikis racun di dalam tubuh, supaya tubuh senantiasa terhidrasi bersama dengan baik.

5. Angkat kaki dan istirahat
Meskipun ibu hamil mempunyai banyak hal untuk dikerjakan sebelum melahirkan, cobalah untuk beristirahat bersama dengan mengangkat kaki jika memungkinkan. Bunda bisa menyeimbangkan pada duduk dan berdiri bersama dengan memadai gara-gara jika amat lama duduk, terhitung tidak baik untuk sirkulasi. Sedangkan amat lama berdiri terhitung bisa berdampak terhadap berat tubuh ibu hamil.

Duduklah bersama dengan kaki terangkat sebentar, terlebih di penghujung hari. Cara ini bisa mendukung mengeringkan cairan yang telah menumpuk di kaki sepanjang hari.

6. Kenakan busana longgar dan nyaman
Mengenakan busana ketat, terlebih di kurang lebih pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki bisa memperparah pembengkakan gara-gara bisa memicu darah tidak bersirkulasi bersama dengan lancar. Cobalah untuk mengenakan busana yang longgar dan nyaman, atau setidaknya hindari pemanfaatan gelang karet yang ketat.

7. Tetap tenang
Saat musim panas, ada baiknya ibu hamil senantiasa berada di di dalam tempat tinggal dan hindari olahraga berat. Dengan melindungi suhu tubuh senantiasa sejuk, dapat mengurangi pembengkakan. Selain itu, ibu hamil bisa mengenakan busana yang adem, meletakkan kompres dingin di kaki, atau Mengenakan kipas angin di dekat tubuh.

8. Jalan
Berjalan kaki sepanjang 5-10 menit lebih dari satu kali sehari bisa mendukung menaikkan sirkulasi darah, supaya bisa mendukung mengurangi pembengkakan terhadap kaki. Jalan terhitung bisa menjadi olahraga mudah yang aman untuk ibu hamil.

9. Kenakan sepatu yang nyaman
Mengenakan sepatu yang nyaman dan tepat adalah kunci untuk mengurangi pembengkakan kaki, Bunda. Selain itu, langkah ini terhitung bisa mencegah dari persoalan pinggul dan punggung yang bisa terlihat kala berat badan meningkat.

Saat hamil, ligamen atau otot di tubuh terhitung kaki meregang, supaya bisa memicu ukuran kaki berubah. Beberapa kaki wanita bisa kembali ke ukuran sebelum kehamilan, namun banyak yang justru mendapatkan bahwa ukuran kakinya secara permanen makin tambah lebih besar.

10. Berenang
Meskipun tak ada penelitian yang memperlihatkan tekanan air bisa mengurangi pembengkakan sepanjang kehamilan, namun banyak ibu hamil merasa lega dari pembengkakan kala mereka menggunakan kala di kolam renang, Bunda.
Oleh karenanya, Bunda bisa terhitung mencoba untuk berdiri atau berenang di kolam bersama dengan kedalaman air nyaris capai leher. Setidaknya, berenang dapat memicu Bunda merasa lebih ringan, lebih sejuk, dan sedikit berolahraga.

11. Pijat
Pijat bisa mendukung mengedarkan cairan yang condong menumpuk di kaki, supaya dapat mengurangi pembengkakan. Untuk mencobanya, angkat kaki, dan mintalah pasangan untuk memijatnya bersama dengan lembut. Menambahkan sedikit minyak esensial peppermint atau lavender terhitung bisa memicu menjadi lebih rileks.

12. Tidur menghadap segi kiri
Tidurlah bersama dengan menghadap kiri jika memungkinkan, gara-gara hal ini bisa menaikkan aliran darah supaya bisa mengurangi pembengkakan terhadap kaki. Selain itu, berbaring ke segi kiri terhitung bisa mengurangi tekanan rahim dari vena kava inferior, yaitu pembuluh darah besar yang mengembalikan darah ke jantung.

13. Kenakan stoking kompresi
Bunda bisa mencoba Mengenakan stoking kompresi setinggi pinggang jika mengalami kaki yang tetap membengkak atau wajib berdiri sepanjang waktu. Stoking ini bersama dengan lembut menghimpit kaki dan tungkai kaki untuk melindungi sirkulasi cairan. Oia, Bunda wajib hindari mengenakan stoking kompresi setinggi lutut gara-gara mungkin amat ketat di anggota tengah kaki dan justru memperparah pembengkakan
Kapan wajib ke dokter?
Kaki bengkak menjadi anggota yang amat normal terhadap kala kehamilan, Bunda. Karena itu, Bunda jangan amat mengkhawatirkannya, ya.
Namun kaki bengkak kadangkala bisa menjadi sinyal persoalan yang lebih serius, tidak benar satunya preeklamsia. Ini adalah kondisi yang bisa berkembang sepanjang kehamilan dan memicu tekanan darah tinggi yang berbahaya bagi ibu hamil dan bayi.mengatasi kaki bengkak saat hamil