Mengatasi Telat Datang Bulan

mengatasi telat datang bulan – Periode haid yang tidak tertata seringkali mengganggu dan mengakibatkan risau ya, Ma. Pada dasarnya sesungguhnya tersedia beberapa perihal yang mengakibatkan siklus haid menjadi tak teratur.
Beberapa di antaranya yaitu stres, turun berat badan secara drastis, masalah hormon sampai masalah pada kelenjar tiroid.
Jika stres adalah penyebabnya, Mama dapat mengatasi masalah selanjutnya dengan secara perlahan-lahan menenangkan diri dan melacak aktivitas mengasyikkan supaya tak lagi stres.
Jangan lupa teratur olahraga juga supaya kesegaran fisik tubuh juga senantiasa terjaga.

Mengatasi Telat Datang Bulan

Yang tak kalah penting, memanfaatkan juga bahan-bahan alami dan rumahan di kira-kira Mama untuk membantu melancarkan haid. Berikut Popmama.com sudah merangkum informasinya untuk Mama:

1. Pepaya
Untuk beroleh faedah melancarkan haid, pilihlah pepaya yang tetap belum terlalu matang, Ma. Buah pepaya yang seperti ini diyakini dapat membantu mengontraksi serat otot di rahim.

Efeknya, aliran darah haid pun bakal menjadi lebih lancar dan siklus haid Mama dapat menjadi lebih teratur. Sebelum memasuki jadwal haid, konsumsilah secara tertata potongan buah pepaya yang belum terlalu matang. Mama juga dapat mengonsumsi pepaya ini dengan dibuat menjadi jus secara teratur.

2. Kunyit
Selain untuk bumbu memasak, kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melancarkan haid lho, Ma. Kunyit diakui dapat menyesuaikan siklus haid dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh Mama.

Ini dikarenakan kunyit mempunyai pembawaan antispasmodik dan anti-inflamasi. Selain itu, manfaatnya adalah untuk membantu meredakan nyeri haid.

Manfaat kunyit untuk melancarkan haid dapat Mama dapatkan dengan mengkombinasikan ΒΌ sendok teh kunyit bubuk dengan madu sebagai pemanis alami. Minumlah tiap-tiap hari sepanjang beberapa minggu menjelang siklus haid.

3. Lidah buaya
Perlu diketahui bahwa lidah buaya sebaiknya tidak dikonsumsi sepanjang Mama haid. Lidah buaya diyakini dapat membantu melancarkan siklus haid dengan cara menyesuaikan keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Untuk beroleh hasil terbaik, ekstrak gel lidah buaya segar berasal dari daun lidah buaya, setelah campur di dalam 1 sendok teh madu dan mengonsumsi sebelum saat sarapan pagi.

4. Jus wortel
Selain baik bagi kesegaran mata, wortel juga baik untuk membantu melancarkan siklus haid lho, Ma. Sayuran ini kaya bakal takaran vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang dapat membantu menyeimbangkan memproduksi hormon.

Wortel dapat Mama mengonsumsi secara segera maupun dibuat menjadi jus wortel. Tapi supaya hasilnya maksimal, memanfaatkan gula sedikit saja ya, Ma. Akan jauh lebih baik jika Mama tidak memanfaatkan gula atau pemabis buatan lainnya.

5. Jahe
Tak hanya kunyit, bumbu lain yang juga dapat digunakan sebagai cara alami melancarkan haid adalah jahe. Jahe juga enak dikonsumsi dikarenakan dapat membantu menghangatkan badan lho, Ma.

Untuk beroleh faedah jahe, rebus 1 sendok makan jahe segar sepanjang 5 menit. Setelah itu, air rebusan jahe dapat ditambahkan sedikit gula pasir. Air rebusan jahe ini sebaiknya diminum setelah makan ya, Ma.

Jahe dikenal terlalu baik di dalam membantu menyesuaikan siklus haid dan menghilangkan masalah haid yang tidak teratur.

6. Jintan putih
Jintan putih mempunyai sejumlah faedah kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah haid yang tidak teratur.

Cara memproduksi jintan putih yaitu dengan merendam 2 sendok makan jintan putih semalaman, setelah itu minum air rendamannya di pagi hari. Jika perlu, minumlah air rendaman jintan putih tiap-tiap hari untuk merasakan manfaatnya pada siklus haid yang tidak teratur.

7. Kayu manis
Kayu manis tidak hanya tingkatkan cita rasa masakan Mama lho, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan haid. Konsumsi kayu manis diyakini dapat berikan efek hangat pada tubuh.

Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis ke di dalam segelas susu hangat. Aduk sampai larut dan minumlah secara teratur. Selain melancarkan haid, campuran susu dan bubuk kayu manis ini juga dapat membantu mengatasi nyeri haid.

8. Air kelapa hijau
Terdapat takaran senyawa laurat di dalam air kelapa hijau yang dapat membantu melawan berbagai macam masalah pada kesehatan. Senyawa laurat diketahui dapat berfaedah sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Selain itu, air kelapa hijau juga mempunyai banyak nutrisi dan mineral yang diperlukan untuk memelihara kesegaran tubuh. Minumlah air kelapa hijau secara tertata untuk beroleh manfaatnya ya, Ma.
Apa penyebab telat haid atau berkunjung bulan?
Siklus haid yang normal biasanya tiap-tiap 28 hari sekali. Namun, Anda kadang dapat haid lebih cepat berasal dari itu atau apalagi lebih lama, tiap-tiap 35 hari sekali.
Dikutip berasal dari Very Well Health, telat haid dapat disebabkan oleh:

Hamil
Telat atau terlambat haid adalah tidak benar satu sinyal paling awal berasal dari kehamilan. Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda haid, dan kapan terakhir kali terkait seks dengan pasangan?
Kemudian, coba amati adakah tanda-tanda tak sekedar telat haid yang Anda rasakan? Misalnya timbul bercak cokelat, mual, payudara nyeri dan bengkak, atau ringan lelah. Jika berbagai tanda-tanda ini Anda rasakan, tak tersedia salahnya beli alat tes kehamilan (test pack).

Stres
Selain kehamilan, stres juga menjadi tidak benar satu penyebab telat haid atau terlambat haid yang paling sering dialami wanita. Ketika stres, tubuh Anda bakal memproduksi hormon kortisol.
Produksi hormon kortisol yang berlebihan ini dapat memengaruhi bagian otak yang berperan untuk menyesuaikan menstruasi, yaitu hipotalamus. Hal selanjutnya dapat mengakibatkan siklus haid Anda menjadi lebih awal, telat, tidak serupa sekali, atau apalagi lebih menyakitkan.
Maka jika Anda jadi haid datangnya telat dan kebetulan tengah stres, coba berlatih teknik relaksasi seperti meditasi. Mulai juga mengubah jenis hidup supaya lebih sehat, dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur.
Anda juga menghilangkan stres dengan melakukan hal-hal yang Anda anggap mengasyikkan hati.

Aktivitas fisik yang berat
Aktivitas fisik yang berat juga dapat mengacaukan siklus menstruasi dan mengakibatkan Anda mengalami telat haid.
Stres fisik dan asumsi akibat aktivitas fisik yang terlalu berlebihan dapat memengaruhi memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan hormonlah yang pada kelanjutannya mengakibatkan siklus haid Anda telat atau terlambat.
Di samping itu, kehilangan terlalu banyak lemak tubuh terlalu cepat akibat berolahraga terlalu intens juga dapat mengancaukan proses ovulasi.
Olahraga sesungguhnya baik untuk kesehatan. Akan tetapi, pastikan Anda melakukannya di dalam step yang tidak berlebihan.
Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis
Perubahan berat badan yang terlalu drastis, entah naik atau turn, dapat mengacaukan kerja hipotalamus.
Hipotalamus adalah kelenjar di di dalam otak yang berfaedah menyesuaikan berbagai proses di dalam tubuh, juga siklus menstruasi Anda tiap-tiap bulan.
Penurunan berat badan yang drastis dapat menghambat memproduksi hormon estrogen. Sementara jika Anda mengalami kelebihan berat badan, maka tubuh bakal membuahkan estrogen di dalam jumlah yang banyak.
Nah, ke-2 perihal inilah yang dapat memengaruhi proses ovulasi dengan sebutan lain pelepasan sel telur tiap-tiap bulannya. Akibatnya, siklus haid Anda tiap-tiap bulan bakal telat atau mengalami gangguan.
Agar haid tidak telat, pastikan Anda dapat memelihara berat badan yang ideal. Jika Anda terlalu kurus, maka berusahalah untuk tingkatkan berat badan dengan cara yang sehat. Begitu juga jika Anda mempunyai berat badan berlebih.

Menyusui
Telat haid atau terlambat haid juga dapat disebabkan dikarenakan Anda tengah menyusui. Setelah hamil dan melahirkan, lumayan banyak wanita yang tidak kunjung haid sampai selesai jaman menyusui.
Ini disebabkan oleh efek hormon prolaktin yang tugas utamanya merangsang memproduksi ASI. Hormon yang dihasilkan di kelenjar pituitari ini dapat menghambat kinerja hormon estrogen dan progesteron untuk menyesuaikan proses menstruasi.
Ketika hormon prolaktin dihasilkan secara berlebihan, maka jaman ovulasi Anda bakal terhambat supaya siklus menstruasi menjadi tidak teratur.
Biasanya, telat atau terlambat haid bakal hilang dan siklusnya lagi normal kira-kira enam sampai sepanjang minggu setelah jaman menyapih.
Namun, jika di dalam tiga bulan setelah berhenti menyusui Anda tak juga haid, segera periksa ke dokter kandungan.mengatasi telat datang bulan