Oleh Oleh Khas Bandung Rasanya Sunda Banget Guys

Oleh Oleh Khas Bandung Yang Paling Enak Dan Unik Cireng Tempe Gila Moci Martabak Bolu. Sudah menjadi satu kebiasaan atau tradisi, kalau habis pulang liburan setiap wisatawan selalu menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh baik buat keluarga, teman terdekat atau pacar sekalipun.

Jadi tak heran jika hampir setiap daerah di Indonesia termasuk kota Bandung memiliki yang namanya buah tangan khas baik berupa makanan ringan, barang souvenir, baju atau lainnya.

Sama seperti Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Jogja, Lampung, Medan, Lombok, Surabaya, Bali, Semarang ataupun Tangerang, di Bandung juga berjejeran toko-toko yang menjual aneka oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Nah, untuk membantu dalam memilih oleh-oleh khas Bandung, JejakPiknik telah mengulas 12 daftarnya lengkap dengan harganya dan juga alamat tokonya.

Apa saja kira-kira nama oleh-olehnya? Langsung aja yuk kita simak sama-sama info lengkap berikut ini!

1. Pisang Bollen Kartika Sari

Nama oleh-oleh khas Bandung pertama yang paling wajib untuk Sahabat JejakPiknik beli dari ibukota Jawa Barat ini adalah pisang bollen Kartika Sari.

Kue kekinian yang tengah hits ini termasuk cemilan terbaru yang masuk dalam jajaran sebagai kuliner awet dan tahan lama. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

Selain rasanya enak, harga pisang bollen juga relatif murah mulai dari Rp.46.000-Rp.65.000 per kotaknya, tergantung varian rasanya.

Untuk membelinya, Sahabat JejakPiknik bisa datang ke lokasi toko di jalan H.Akbar No.04, Bandung. Atau jika ingin variasi lain, dapat juga dibeli di pusat oleh-oleh Mayasari di Pasir Kaliki, Cicendo.

2. Picnic Roll Primarasa

Makanan ringan lainnya yang lagi tren dan sangat terkenal saat ini di Bandung namanya ialah Picnic Roll Primarasa.

Picnic roll merupakan makanan ringan berwujud kue yang terbuat dari daging berbumbu dan kemudian dibalut kulit pastry lalu dipanggang hingga warnanya kecoklatan.

Camilan yang diolah dengan resep khusus ini memiliki 2 varian rasa yakni daging ayam juga sapi, keduanya menawarkan citarasa sama-sama enak. Dan diijamin, pasti akan membuatmu ketagihan.

Untuk mendapatkannya tidaklah sulitlah karena tokonya sudah tersebar di 5 titik, beberapa diantaranya ada di Jalan Kemuning juga di Pasir Kaliki.

Berbicara soal harga tak perlu khawatir karena untuk membawa pulang satu kotak picnic roll ini kita hanya perlu merogoh kocek 50 ribu saja.

3. Peuyeum

Buah tangan selanjutnya yang paling populer dan menjadi ikon kuliner Bandung namanya yaitu peuyeum atau biasa juga disebut dengan tape.

Peuyeum sendiri terbuat dari singkong yang diolah dengan cara fermentasi dan dapat dinikmati setelah 2-3 hari kemudian.

Untuk mencari peuyeum sangat mudah karena banyak dijual di sepanjang jalan Cihampelas dan harganya biasanya dibanderol Rp.12.000/kg. Nah, murah banget kan guys? Jajanan tradisional ini juga tersedia di toko-toko online loh.

4. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong adalah salah satu kuliner yang harus masuk dalam daftar oleh-oleh Sahabat JejakPiknik ketika sedang berkunjung ke kota Bandung.

Gepuk adalah makanan hasil olahan daging sapi yang terdiri atas 6 varian rasa, ada beef original, extra pedas, salty, less sugar, chicken dan chicken spicy.

Toko Nyonya Ong sendiri berlokasi di jln.Dr.Djunjunan No.155 E dan di pusat oleh-oleh ini harga gepuk dibanderol mulai dari Rp.17.500 hingga Rp.20.500, tergantung varian rasanya.

5. Brownies Amanda

Sejak tahun 2000 lalu, brownies Amanda turut meramaikan daftar buah tangan khas di kota Bandung. Rasanya yang legit, teksturnya juga lembut dan harganya pun tidak mahal menjadi faktor pendongkrak kepopuleran kue tersebut.

Jika awalnya usaha brownies ini hanya ada di jln.Rancabalong No.29, tapi tidak dengan sekarang. Kini bisnis tersebut telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia dan varian rasanya pun semakin beragam.

Untuk di Bandung sendiri cabang brownies Amanda sudah tersebar di beberapa titik ada di Cimahi, Pasteur, Dago, Buah batu, jalan Riau, Gempol sari dan lainnya.

Berbicara tentang harga, Sahabat JejakPiknik tak perlu khawatir karena brownies Amanda ini biasanya dipatok dengan harga bersahabat mulai dari Rp.20.000 saja.

6. Rujak Cireng

Nah, kalau buah tangan khas kota Kembang satu ini adalah inovasi baru dari cireng atau aci di goreng yang kemudian disajikan dengan bumbu rujak. Soal rasa, penganan ini memiliki citarasa manis pedas dan juga gurih.

sebagai buah tangan, rujak cireng biasanya dijual dalam keadaan belum digoreng. Ya karena makanan ini paling enak bila disantap ketika kondisinya masih hangat.

Rujak cireng juga sangat mudah ditemui di pusat oleh-oleh atau toko online dan harganya umumnya dibanderol mulai dari Rp.10.000, tapi tergantung merk-nya.

7. Keripik Maicih

Bagi Sahabat JejakPiknik pecinta cemilan pedas, tak perlu repot-repot mencari buah tangan apa paling cocok untuk dibawa pulang karena ada keripik Maicih yang bisa diandalkan.

Keripik kering ini bahan dasarnya bermacam-macam ada terbuat dari singkong, seblak, gurilem dan juga basreng alias baso goreng.

Yang unik dari cemilan terkini satu ini adalah Sahabat JejakPiknik bisa memilih tingkat kepedasan mulai dari level 1-10. Tapi sebelumnya jangan lupa siapkan tissue dan air minum ya karena rasanya memang benar-benar pedas.

Pusat toko Maicih sendiri berada di jalan Primagama No.06, Cingised, Bandung. Disini, kita bisa memilih varian keripiknya dengan harga kisaran mulai dari Rp.15.000/bungkusnya.

8. Tempe Gila

Satu lagi oleh-oleh khas kota Bandung yang tidak boleh dilewatkan begitu saja dan wajib untuk dicobain namanya yaitu tempe gila.

Sama seperti Maicih, tempe gila ini pun memiliki tingkat kepedasan tertentu. Tidak hanya para penggila makanan bercitarasa pedas yang suka cemilan tersebut tapi artis-artis juga loh.

Untuk mendapatkannya cukup gampang karena sudah tersebar setiap sudut kota Bandung mulai dari pasar Baru, Lembang, terminal Leuwi Panjang, Pasteur hingga kawasan Kawah Putih. Dan harganya pun hanya 18 ribuan saja.

9. Martabak Bandung

Selain surabi, bolu dan moci, Bandung juga terkenal akan kenikmatan martabak manisnya. Ya hal tersebut dikarenakan rasanya sangat khas kemudian teksturnya pun begitu renyah, apalagi jika disantap dalam keadaan hangat.

Beberapa merk paling terkenal adalah martabak San Francisco, Good di Cibadak, Intisari di Sudirman, Andir di Jend.Sudirman dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk harga sekotaknya biasanya dibanderol mulai dari Rp.34.000-Rp.120.000, tergantung variasinya.

10. Makuta Cake

Artis cantik Laudya Cynthia Bella juga turut meramaikan daftar oleh-oleh khas di Bandung dengan membuka usaha kue bernama Makuta Cake.

Kue artis kekinian satu ini rasanya cukup enak, terbukti hingga saat ini banyak wisatawan yang membawanya pulang sebagai buah tangan alternatif.

Dan toko kue Makuta Cake sendiri sudah tersebar dibeberapa daerah di Bandung seperti di Cicendo juga Coblong. Mengenai harga cukup bervariasi tergantung rasanya, biasanya antara ribuan saja.

11. Pakaian Khas Factory Outlet

Selain Sentra Rajut, Batununggal, Factory outlet di Cihampelas, Dago ataupun jalan Riau yang merupakan pusat oleh-oleh baju khas Bandung juga menjadi spot paling wajib untuk dikunjungi.

Kenapa? Karena di Factory outlet ini, kita bisa menemukan berbagai jenis fashion trendi yang di desain dengan gambar dan foto unik baik itu berupa kaos, celana, tas atau topi.

Tidak hanya koleksi fashion cowok tapi ada juga buat cewek dan pada umumnya harganya dijual sama dengan harga grosir, tergantung jenisnya.

12. Tas dan Sepatu Khas Cibaduyut

Buah tangan terakhir yang cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh selain dari makanan adalah tas dan sepatu khas Cibaduyut.

Cibaduyut adalah kawasan wisata belanja murah di Bojongloa Kidul, Bandung Selatan yang menjual beragam item fashion berbahan kulit seperti dompet, tas, ikat pinggang atau sepatu.

Bagaimana, puas dengan aneka makanan dan souvenir khas Bandung diatas? Nah, cukup sekian dulu ya informasinya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi!

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Usaha Rental atau Travel yg ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

Oleh Oleh Khas Bandung

Berbicara soal Bandung, banyak sekali hal yang bisa kamu bayangkan dari ibukota Provinsi Jawa Barat ini? Iklimnya yang relatif sejuk, kulinernya yang beranekaragam, dan banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi menjadi daya tarik tersendiri bagi kota yang dijuluki sebagai Paris van Java. Sehingga, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Bandung dan tidak membeli oleh oleh khas Bandung.

Sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan, berbagai macam oleh oleh khas Bandung kekinian banyak dijajakan di setiap sudut kota. Tak pelak, hal ini justru akan membuatmu semakin kebingungan dengan oleh oleh khas Bandung apa yangpasuntuk menjadi buah bibir selepas berkeliling kota.

Nah, sekarang kamu perlu tidak perlu khawatir lagi soal hal tersebut. Bob akan memberikan beberapa daftar oleh oleh khas Bandung kekinian yang pas untuk kamu berikan kepada keluarga yang sudah menunggu kedatanganmu di rumah. Jadi tidak usah menunggu lebih lagi.Here we come!

Pisang Bolen Kartika Sari

Oleh oleh khas Bandung pertama di daftar ini adalah pisang bolen Kartika Sari. Sebenarnya, toko ini menjual aneka yang tak kalah enak, tetapi bolen pisangnya menjadi menu andalan yang biasa diserbu oleh para pengunjung. Maklum, pisang bolen ini menjadi salah satu oleh oleh khas Bandung yang sudah populer sejak tahun 1970.

Resepnya yang dibuat secara turun temurun membuat cita rasa yang tetap lezat dari waktu ke waktu. Tak heran, jika rasa dari pisang bolen membuat para pembeli ketagihan dan tidak sabar untuk segera membeli kembali jajanan ini setelah habis disantap. Untuk varian rasanya, kamu bisa memilih beberapa diantaranya mulai dari cokelat, keju, dan durian.

Nah, bagi kamu yang berencana membelinya sebagai, tidak usah gusar karena kamu bisa dengan mudah menemukanoutlet-outletKartika Sari di beberapa titik di kota Bandung. Mulai dari kantor pusatnya di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung, Jalan Buah Batu, Dago, hingga di Jalan Ahmad Yani. Selain pisang bolen, kamu pun bisa menyantap aneka pastry dan kue-kue yang rasanya tidak kalah lezat seperti risoles, kroket, brownies, dan masih banyak lainnya.

Gepuk Nyonya Ong

via twitter gepuk ny ongJika kamu belum tahu gepuk Nyonya Ong, sebaiknya kamu berkenalan dulu dengan oleh oleh khas Bandung satu ini. Lebih populer dengan sebuatan “empal”, gepuk sendiri terbuat dari olahan daging sapi dan ayam. Daging olahannya dipipihkan untuk kemudian dirangkai menggunakan lidi. Hal ini bertujuan untuk menjaga sertanya agar tidak mudah hancur saat dimasak.

Rasa yang ditawarkan oleh gepuk Nyonya Ong pun bervariasi mulai dari beef salty, beef original, beef ekstra pedas, beef less sugar. Bagi kamu yang tidak menyukai olahan sapi, kamu pun bisa memilih olahan daging ayam dengan varian rasa seperti chicken spicy dan chicken original sebagai gantinya.

Selain memang menjadi oleh oleh khas Bandung, kamu pun bisa menikmati gepuk ini langsung di tempat sembari menikmati suasana kota Bandung bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Kenikmatannya akan berlipat jika gepuk Nyonya Ong ini disantap bersama nasi yang masih hangat.

Untuk lokasinya, pusat gepuk Nyonya Ong berada di Jalan Dr. Djundjungan 155E, sedangkan dua cabang lainnya yang bisa kamu kunjungi bealamatkan di Jalan Pasirkaliki No. 96, Jalan Setibudhi No. 148, dan Jalan Buah Batu No. 161C. Sehingga, kamu bisa memilih tempat gepuk Nyonya Ong mana yang dekat dengan lokasimu berada.

Bolu Susu Lembang

Untuk oleh oleh khas Bandung yang satu ini, kehadirannya memang baru seumur jagung. Namun, bukan berarti kalah dengan oleh-oleh khas Bandung yang ada di daftar ini.Yak,yang Bob akan bahas sekarang adalah Bolu Susu Lembang.

Bolu Susu Lembang mulai muncul ke permukaan sejak Desember 2017. Bahan dasar olahannya yang terbuat dari susu menjadikan bolu ini sangat dan merepresentasikan Lembang sebagai peternakan sapi penghasil susu. Soal ketahanan, Bolu Susu Lembang bisa bertahan kurang lebih dari 3 hari pada suhu ruangan dan kurang lebih 1 minggu saat disimpan di lemari pendingin.

Bolu Susu Lembang ini memiliki tiga varian yakni rasa original, susu vanila, dan susu cokelat. Bagi kamu yang memiliki uang pas-pasan, oleh oleh khas Bandung ini akan bersahabat dengan kantongmu. Harga eceran resminya dijual diharga 33 ribu rupiah untuk rasa original dan susu vanila dan 34 ribu untuk varian rasa susu cokelat.

Picnic Roll Prima Rasa

Saat kamu berkeliling kota Bandung, sempatkan waktumu untuk berkunjung ke salah satu penjual oleh oleh khas Bandung di Jalan Kemuning. Di sini, kamu bakal menemukan beraneka macam kue, roti, pastri, dan lainnya yang dijajakan langsung di Prima Rasa. Oleh oleh khasnya yang terkenal adalah Picnic Roll.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu Picnic Roll, Picnic Roll adalah campuran dari olahan daging cincang berbumbu dan telur rebus yang dibalut kulit pasrtry. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Kelezatannya tetap terjaga karena Prima Rasa hanya memroduksi jualannya di kota Bandung saja. Sehingga, tak salah jika menjadi salah satu oleh oleh khas Bandung.

Picnic Roll Prima Rasa tersedia dalam dua varian daging yaitu daging ayam dan daging sapi. Kamu pun bisa membeli kedua variannya agar bisa menikmati kelezatannya tetap sama kok. Walaupun sudah lama dijual, bukan berarti makanan satu ini tidak termasuk oleh oleh khas Bandung kekinian, lho!

Tahu Susu Lembang

Kini, selain tahu sumedang, kamu pun bisa melirik tahu yang satu ini sebagai oleh oleh khas Bandung untuk dibawa pulang. Tahu susu lembang ini dikenal karena tekstur tahunya yang lembut dan kenyal ini. Buat yang tidak tahu perbedaannya, sesuai namanya, pada proses pembuatannya, tahu lembang ditambahkan susu sehingga terasa lebih gurih dan lembut.

Bagi kamu yang ingin merasakannya, tahu susu lembang ini hanya berlokasi di Jalan Raya Lembang No, 177, Jayagiri, Lembang, Bandung. Jadi jangan sampai terlewat ya untuk sekadar mencicipi tahu unik satu ini saat berkunjung ke kota kembang.

Batagor Riri

Makanan satu ini sepertinya sudah akrab di telingamu. Bahkan, saat pertama kali mendengarkan kata Bandung, biasanya makanan satu ini yang menjadi hal yang sering disebut. Apalagi kalau bukan batagor. Batagor, atau singkatan dari baso tahu goreng, menjadi makanan yang kamu bisa jumpai di berbagai sudut di kota Bandung baik yang dijual dengan harga murah hingga relatif mahal.

Batagor sendiri merupakan makanan dengan isi adonan berupa olahan tepung tapioka dan ikan tenggiri. Sekarang ini sudah banyak penjual batagor di kota lain, namun akan berbeda rasanya jika tidak mencoba langsung di kota asal dari makanan yang biasa ditemani dengan siraman bumbu kacang dan perasan jeruk.

Salah satu tempat kuliner batagor yang paling terkenal adalah batagor Riri. Bumbu kacangnya yang spesial membuat batagor Riri menjadi menu wajib yang harus dibawa sebagai oleh oleh khas Bandung. Walaupun sudah dipasarkan sejak 1985, bukan berarti batagor Riri tidak menjadi oleh oleh khas Bandung kekinian. Rasanya yang sama enaknya seperti dulu membuat batagor ini menjadi pilihan yang pas sebagai oleh olehmu.

Rujak Cireng

Oleh oleh khas Bandung kekinian terakhir adalah cireng. Makanan ini terbuat dari campuran tepung tapioka (atau aci dalam bahasa Sunda), air, merica, garam, dan bawang putih yang digoreng. Nah, maka makanan ini diberi nama cireng atau aci digoreng. Sama halnya seperti batagor, kamu bahkan bisa dengan mudah membuat cireng ini di rumahmu sendiri. Namun, tidak akan terasa sama jika tidak dinikmati di kota Bandung.

Salah satu inovasi kekinian dari cireng adalah dengan menikmatinya dengan bumbu rujak. Tekstur cireng yang kenyal-kenyal gurih ditambah dengan rasa pedas rujak menjadi oleh oleh khas Bandung ini semakin populer belakangan ini. Bahkan, sekarang ini sudah muncul beraneka ragam isian untuk rujak cireng ini seperti ayam, sosis, hingga keju.

Nah, sudahkah kamu menyiapkan uangmu untuk membeli oleh oleh khas Bandung kekinian di atas? Kalau belum, persiapkanlah sebaik mungkin karena perjalananmu ke Bandung akan hambar terasa jika tidak membeli salah satu oleh oleh khas Bandung di atas.

Setelah lelah melakukan perjalanan ke sana ke mari untuk membeli oleh oleh khas Bandung kekinian, tak salah jika kamu beristirahat sejenak di Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik akan sangat cocok bagimu yang menginginkan pengalaman yang berbeda. Pengeras suara dan lampuledsiap memberikan kualitas istirahat yang mumpuni. Jadi, tunggu apalagi pesan segerapodmu lewat aplikasi Bobobox di sini dan rasakan sendiri pengalaman uniknya!