Panduan Modif Lampu Vario 150

Teknologi motor kini ini telah betul-betul canggih dan modern.

Contohnya pada sektor lampu yang bermanfaat sebagai penerangan saat malam hari.

Motor yang keluar di permulaan tahun 2017 telah banyak yang mengadopsi lampu bertipe light-emitting diode (LED) bukan lagi lampu yang bertipe halogen.

Seperti yang ada pada motor Vario 125 Fi yang telah gunakan lampu LED dan lain-lain.

Namun bukan menutup kemungkinan motor keluaran lawas yang pemiliknya mengharapkan lampunya menjadi lebih jelas dapat menggantinya dengan variasi LED dan High-intensity discharge (HID).

Sebab kini telah banyak produk after market yang menjualnya.

Lalu apa perbedaan dari lampu HID dan LED?

Menjawab pertanyaan itu Indra Gunawan dari Murray Motorsport, Rawamangun membeberkan keduanya memiliki perbedaan dari teknologi yang diaplikasikan.

“Untuk LED pemakaian energinya lebih efisien. sedangkan HID butuh kekuatan besar, terutama saat start permulaan, butuh angkatan hampir dua kali lipat,” jelas Indra.

Perbedaan lainnya lampu HID formatnya yang tak ramping seperti LED.

Kecuali itu Voltase lampu HID juga betul-betul tinggi.

Indra juga memberi masukan sekiranya mencari efisiensi lebih baik pilih lampu Modif Lampu Vario 150 LED.

Sebab kekuatan yang diaplikasikan lebih kecil dan awet dari pada lampu HID yang terkenal betul-betul riskan rusak.

Untuk segi pemasangan juga lebih gampang LED.

“Pemasangan juga cukup gampang. Bila HID semestinya ada modifikasi dahulu. Paling penting saat pemasangan dari cara kelistrikan tak ada permasalahan, aki sehat dan kiprok sehat, karenanya ubahan dapat dilaksanakan,” sambung Indra.

Tips Modif Lampu Vario 150

Ketika ini, banyak motor yang tak lagi menerapkan bohlam untuk lampu, dan beralih ke light emitting diode alias LED. Sebab, LED punya tahapan jelas yang sama dibanding bohlam, tetapi lebih hemat kekuatan. Para pemilik motor bahkan tergiur untuk Modif Lampu Vario 150 dengan LED. Apakah kamu salah satunya?

Lampu LED digadang-gadang lebih efisien alias irit. Sebab, kekuatan yang digunakannya bahkan relative kecil. Penggunaan LED untuk lampu motor ini memang menarik hati. Namun, sebelum kamu membelajakan tabunganmu buat modifikasi lampu motor jadi LED, pahami dahulu hal-hal berikut ini.

Benarkah lampu motor retrofit lebih baik dibanding yang standar?
Retrofit adalah modifikasi lampu motor dengan menambahkan proyektor atau LED bar pada lampu utama motor. Biasanya, pemilik motor yang mengharapkan modifikasi ini, merasa tak puas dengan kekuatan lampu utama bawaan pabrikan yang kurang jelas.

Proyektor hal yang demikian dapat diperoleh dari proyektor aftermarket atau bawaan kendaraan beroda empat. Pemasangan retrofit ini memiliki dua tantangan, adalah keterbatasan ruang dan permasalahan kelistrikan.

• Keterbatasan ruang:
Lampu LED memiliki ruang yang lebih kecil dibandingi dengan bohlam umum. Oleh sebab itu, cara kerja modifikasi ini tak gampang dilaksanakan.

• Masalah kelistrikan:
Ketika hendak memodifikasi lampu motor standar menjadi LED, kamu bahkan semestinya menetapkan cara pengisian aki. Soalnya, aki dapat cepat abis sekiranya bobotnya terlalu besar.

Pabrikan motor bahkan tak memberi masukan modifikasi lampu ini. Sebab sekiranya kamu menjalankan modifikasi lampu motor, garansi dari pabrikan tak akan berlaku lagi. Sayang, kan?

Amati ini waktu berkeinginan modifikasi lampu motor
Padahal begitu, keputusan modifikasi lampu motor ada di tanganmu sebagai pemilik. Namun waktu kamu telah memantapkan hati untuk mengganti lampu motor bawaan pabrik dengan LED, perhatikanlah pengendalian titik cahaya dan risiko melelehnya mika.

• Penguasaan titik cahaya:
Leveling atau pengendalian titik cahaya bukanlah sekedar menaikkan ukuran watt. Penguasaan ini penting dilaksanakan, agar cahaya yang dijadikan lampu, tak membuat pengendara ataupun pengguna jalan lainnya kesilauan. Setiap motor memiliki pengendalian titik cahaya tersendiri pada head lamp. Jadi, belum tentu pengendalian titik cahaya head lamp motor milikmu, sama dengan motor milik teman tongkronganmu. Penguasaan titik cahaya ini sebaiknya menyesuaikan dengan versi originalnya. Sebab, standar pabrikan tentu telah mengikuti hukum baku yang berlaku.

• Risiko melelehnya mika:
Hindari mengganti lampu motor bawaan pabrikan, dengan lampu yang memiliki kekuatan lebih besar. Soalnya, lampu dengan kekuatan berlebihan, berisiko menimbulkan panas dan akhirnya membuat mika (rumah lampu) serta reflektor meleleh.

Sebenarnya, motor keluaran mulai permulaan 2017 hingga saat ini, telah dilengkapi dengan lampu motor LED, bukan bohlam halogen. Jadi hakekatnya, sekiranya motor kesayanganmu masih berumur 3 tahun, pertimbangkanlah lagi sebelum menjalankan modifikasi lampu motor, sekiranya alasannya adalah tahapan jelas yang kurang.

Namun sekiranya lampu motormu kurang jelas dan memang semestinya dimodifikasi, pertimbangkan bermacam risikonya. Kecuali itu, mintalah anjuran dari teman yang telah pernah menjalankan modifikasi lampu motor. Ada baiknya juga kamu memilih bengkel modifikasi yang telah tepercaya.

Tutorial terutama sebelum modifikasi lampu motor, pastikan cara kelistrikan dalam kondisi prima dan aki dalam status yang sehat. Selamat modifikasi lampu motor!

Panduan Modif Lampu Vario 150

Modif Lampu Vario 150 lazimnya dilaksanakan oleh pemilik yang gemar berkendara jauh atau turing. Namun dalam keselamatan berkendara, penambahan lampu dapat menjadi bahaya bagi pengendara lainnya. Penggantian dan penambahan yang umum dilaksanakan adalah dengan menerapkan lampu aftermarket yang lebih jelas. Banyak juga yang memasang lampu LED tambahan untuk membantu menerangi jalan. Setyo Suyarko, Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, mengatakan, modifikasi lampu utama dengan mengganti yang lebih jelas, dapat berbahaya bagi pengendara lain. Baca juga: Daftar Harga Honda Civic Estilo Seken, Tembus Rp 250 Jutaan Lihat Foto Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Naik Motor di India(istimewa) “Bila lampu ditambahkan energinya atau dijadikan lebih jelas, dapat berbahaya pengendara dari arah berlawanan. Bila pengendara lain terganggu, dapat menyebabkan kecelakaan,” kata Setyo, Senin (10/2/2020). Untuk warna lampu, pabrikan telah mengikuti hukum pemerintah yang ada layak Ketetapan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 23, adalah berwarna putih atau kuning muda untuk lampu utama. Lalu untuk kekuatan pancar dan arah cahaya lampu utama dikontrol pada Pasal 70 yang meliputi, kekuatan pancar lampu utama lebih dari atau sama dengan 12.000 candela. Arah cahaya lampu utama tak lebih dari 0 derajat 34 menit ke kanan dan 1 derajat 9 menit ke kiri, dengan pemasangan lampu dalam posisi yang tak melebihi 1,3 persen, dari selisih antara ketinggian arah cahaya lampu pada saat tanpa beban dan pada saat bermuatan. Adu pada Pasal 70 bertujuan agar kekuatan pancar dan arah cahaya lampu utama tak menyilaukan. Baca juga: Jangan Menantang Bila, Lakukan Ini Bila Terima Ditilang Polisi Setyo juga mengingatkan sekiranya turing tak disarankan untuk dilaksanakan pada malam hari. hal yang demikian dikarenakan kontrol bahaya kurang optimal saat malam hari. “Ingat lagi sekiranya tak disarankan untuk turing saat malam hari, sebab kontrol bahaya kurang optimal. Jalan yang dilalui kurang cahaya dan tak dapat memperkirakan bahaya di depan,” sebut Setyo.