Resep Bumbu Opor Ayam Nikmat Bagi Semua Kalangan

Resep Bumbu Opor Ayam – Opor ayam merupakan makanan yang tenar dan digemari oleh banyak orang. Masakan yang berbahan basic daging ayam dan santan ini mempunyai rasa yang khas dan lezat.

Pada umumnya, opor ayam di sediakan pas terhadap pas perayaan Lebaran dengan tambahan lontong ataupun ketupat yang kian meningkatkan cita rasa. Tidak memerlukan pas yang lama, simak kesimpulan 10 resep opor ayam yang dikutip berasal dari bermacam sumber berikut ini.

Resep Opor Ayam Sederhana

Bahan-bahan:

– 1 kg daging ayam ml santan kental ml santan encer
– 2 lembar daun salam
– 2 batang serai

Bumbu:

– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 3 butir kemiri
– 1 sdm merica
– 1 cm kunyit
– 3 cm lengkuas
– 2 cm jahe
– 1 sdm ketumbar
– Garam dan gula secukupnya

Langkah praktis resep opor ayam sederhana:

– Cuci ayam hingga bersih.
– Panaskan minyak dan tumis bumbu hingga harum.
– Masukkan ayam dan aduk.
– Masukkan santan encer sambil diaduk-aduk.
– Tambahkan santan kental beserta bumbu lainnya.
– Masak daging hingga empuk.
– Angkat dan sisihkan.
– Sajikan.

Resep Opor Ayam Spesial

Bahan-bahan:

– 4 lembar daun salam
– Garam, gula, dan kaldu secukupnya
– 1 cm lengkuas
– 1 lembar serai
– 3 cm jahe
– 2 bungkus santan kemasan
– 1 sdt ketumbar
– Merica secukupnya

Bumbu halus:

– 8 butir kemiri
– 6 buah bawang merah
– 2 lembar daun jeruk
– 6 siung bawang putih
– 1 buah kunyit

Langkah praktis resep opor ayam spesial:

– Cuci dan bersihkan daging ayam.
– Potong cocok selera
– Rebus daging hingga 1/2 matang.
– Haluskan bumbu.
– Sangrai bumbu hingga harum.
– Masukkan daging ayam.
– Tuangkan 500 ml air panas
– Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, merica, gula, garam, dan kaldu secukupnya.
– Tambahkan santan.
– Aduk hingga merata.
– Matikan kompor dan sajikan.

Resep Opor Ayam Kuning

Bahan-bahan:

– 1 kg daging ayam
– 2 buah jeruk nipis ml santan kental ml santan encer
– 2 lembar daun salam
– 2 batang serai

Bumbu:

– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 3 butir kemiri
– 1 sdm merica
– 1 cm kunyit
– 3 cm lengkuas
– 2 cm jahe
– 1 sdm ketumbar
– Garam dan gula secukupnya

Langkah praktis resep opor ayam kuning:

– Potong daging cocok selera dan cuci hingga bersih
– Beri perasan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit.
– Goreng hingga 1/2 matang.
– Haluskan dan tumis bumbu hingga harum.
– Masukkan santan cair dan daging ayam ke dalamnya.
– Gunakan api kecil hingga sedang dan tutup wajan supaya bumbu meresap.
– Masukkan santan kental dan aduk hingga merata.
– Opor siap disajikan.

Resep Bumbu Opor Ayam Kampung

Bahan-bahan:

– 2 cm jahe
– Garam dan gula secukupnya
– Santan secukupnya
– 3 cm lengkuas
– 2 batang serai
– 2 kg daging ayam kampong
– Minyak goreng secukupnya
– 2 lembar daun salam

Bumbu:

– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 3 butir kemiri
– 1 sdm merica
– 1 cm kunyit
– 3 cm lengkuas
– 2 cm jahe
– 1 sdm ketumbar
– Garam dan gula secukupnya

Langkah praktis resep opor ayam kampung:

– Potong ayam kampung.
– Rebus selama 3 jam.
– Siapkan bumbu dan haluskan.
– Siapkan wajan lantas tumis bumbu hingga harum.
– Tambahkan serai, daun salam, jahe, dan lengkuas.
– Aduk hingga tercium aroma harum.
– Masukkan ayam kampung ke dalamnya.
– Aduk hingga rata.
– Taburkan santan, garam, dan gula pasir.
– Opor ayam kampung siap untuk disajikan.

Resep Bumbu Opor Ayam Tahu Bumbu Kuning

Bahan-bahan:

– 250 gr dada ayam, potong

– Tahu putih secukupnya ml santan encer ml santan kental
– 2 lembar daun jeruk dan daun salam
– 1 batang serai
– Bawang merah goreng sebagai taburan
– Sambal terasi goreng

Bumbu halus:

– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 3 butir kemiri
– 1 sdm merica
– 1 cm kunyit
– 3 cm lengkuas
– 2 cm jahe
– 1 sdm ketumbar
– Garam dan gula secukupnya

Langkah praktis resep opor ayam tahu bumbu kuning:

– Rebus ayam, buang airnya dan sisihkan.
– Goreng tahu 1/2 matang, sisihkan.
– Tumis bumbu halus.
– Masukkan daun jeruk, daun salam, dan serai.
– Tuang santan encer.
– Masukkan ayam dan santan kental.
– Masukkan tahu.
– Masak hingga bumbu meresap.
– Tambahkan gula, garam, dan kaldu ayam.
– Aduk supaya santan tidak pecah.
– Koreksi rasa.
– Matikan kompor dan sajikan.

Resep Bumbu Opor Ayam Gurih

Bahan:

– 1 kg daging ayam, potong-potong
– 1 lembar daun salam
– 1 batang serai
– Kayu manis secukupnya
– 1 cm lengkuas
– Fiber cream

Bumbu halus:

– sdt merica
– 2 cm jahe
– 2 cm kunyit
– 1 sdm ketumbar
– Jinten secukupnya
– Garam dan gula secukupnya

Langkah praktis resep opor ayam gurih:

– Cuci ayam dan beri air perasan jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit.
– Rebus sebentar dan buang airnya, sisihkan.
– Haluskan dan tumis bumbu.
– Masukkan santan.
– Aduk.
– Masukkan daging ayam.
– Tunggu hingga bumbu meresap.
– Koreksi rasa.
– Angkat dan taburi bawang goreng.

Resep Bumbu Opor Ayam Tempe

Bahan:

– 2 potong daging ayam
– Tempe, potong dadu
– Wortel, potong dadu
– Lengkuas, geprek
– Daun jeruk
– Santan kental
– Air secukupnya
– Minyak goreng
– Bawang goreng
– Kaldu ayam bubuk
– Garam secukupnya

Bumbu halus:

– Bawang merah
– Bawang putih
– Kunyit bubuk
– Ketumbar bubuk
– Lada bubuk
– Pala bubuk

Langkah praktis resep opor ayam tempe:

– Rebus ayam, buang airnya dan sisihkan.
– Goreng tempe 1/2 matang, sisihkan.
– Tumis bumbu halus.
– Masukkan daun jeruk, daun salam, dan serai.
– Tuang santan encer.
– Masukkan ayam dan santan kental.
– Masukkan tempe dan wortel.
– Masak hingga bumbu meresap.
– Tambahkan gula, garam, dan kaldu ayam.
– Aduk supaya santan tidak pecah.
– Koreksi rasa.
– Matikan kompor dan sajikan.

Resep Opor Ayam Kuah Putih

Bahan:

– 1 kg daging ayam, potong-potong
– 1 lembar daun salam
– 1 batang serai
– Kayu manis secukupnya
– 1 cm lengkuas
– Fiber cream
– 1sdt garam
– 1 sdm gula
– 2 bungkus penyedap rasa

Bumbu halus:

– 8 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 4 kemiri
– 5 cm jahe
– buah pala

Langkah praktis resep opor ayam kuah putih:

– Cuci ayam, tiriskan.
– Siapkan bumbu dan haluskan.
– Tumis hingga 1/2 matang.
– Tuang 1 gelas ait dan aduk hingga rata.
– Masukkan ayam dan aduk hingga ayam terlumuri bumbu.
– Masukkan 4 gelas air.
– Aduk supaya tercampur.
– Diamkan hingga 10 menit.
– Masukkan santan.
– Tetap aduk supaya santan tidak pecah.
– Angkat dan taburi bawang goreng.

Resep Opor Ayam Telur Puyuh

Bahan:

– 2 potong daging ayam
– 15 butir telur puyuh rebus
– 1 batang serai
– 1 cm lengkuas
– 3 lembar daun jeruk
– Garam dan penyedap secukupnya
– 65 ml santan
– Air secukupnya

Bumbu halus:

– Bawang merah
– Bawang putih
– Kunyit bubuk
– Ketumbar bubuk
– Lada bubuk
– Pala bubuk

Langkah praktis resep opor ayam telur puyuh:

– Cuci ayam, tiriskan.
– Siapkan bumbu dan haluskan.
– Tumis hingga 1/2 matang.
– Tuang 1 gelas ait dan aduk hingga rata.
– Masukkan ayam dan aduk hingga ayam terlumuri bumbu.
– Masukkan 4 gelas air.
– Aduk supaya tercampur.
– Masukkan santan dan telur puyuh.
– Tetap aduk supaya santan tidak pecah.
– Angkat dan taburi bawang goreng.

Resep Opor Ayam Mix

Bahan:

– 2 potong paha dan sedikit dada, sayat-sayat
– 1 buah tahu
– 3 telur rebus
– 2 buah kentang ukuran sedang
– 3 batang serai
– 1 ruas lengkuas
– 1 ruas kunyit
– 3 siung bawang putih
– 7 siung bawang merah
– 3 biji kemiri
– 3 lembar daun jeruk dan salam ml air
– 1 sdm garam
– 1 sdm kaldu
– 2 sdm fiber cream

Cara membuat:

– Didihkan air.
– Masukkan ayam dengan api kecil.
– Haluskan bumbu dan tumis.
– Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam.
– Masukkan garam dan kaldu.
– Tambahkan tahu dan telur rebus.
– Masukkan fiber cream dan aduk-aduk.
– Tes rasa.
– Angkat dan hidangkan.

Resep Opor Ayam Meresap Bumbunya

Baru sempat update membuat nulis resep opor ayam yang bumbunya meresap sampai ke di dalam daging ayamnya. Soalnya tempo hari setelah lebaran bener-bener badan cape banget, ya namanya orang kan abis sebulan puasa itu biasanya badan rada-rada lemes, konsisten terhitung sambil ngurus anak, dan di beberapa hari terakhir itu matang opor sama semur, wah pokoknya bener-bener badan cape dan otak ngebul, butuh istirahat dan refreshing.

Kalo membuat saya sendiri sebenernya istirahat dan refreshing itu gampang aja, menikmati makanan yang saya kembali pengen banget dengan keadaan perut yang lapar trus sambil nonton film yang baru aja diunduh. Kalo telah kayak gitu, beuh… posisi bener-bener wuenak banget sekali kuadrat deh. Namanya tiap suapan makanan yang masuk ke mulut itu benar-benar benar-benar dapat saya nikmati. Nah kebetulan lebaran tempo hari saya membuat dua makanan khas ini rasanya tepat dan mantap banget. Perpaduan sama lontong yang dibikin sama istri saya, dan bawang goreng yang rada-rada item (gara-gara meleng dikit, pokoke mantep tenan lontong opor plus semur lebaran kemarin.

Tapi ya tetep namanya masakan bersantan itu nggak bertahan lama, maksudnya bukan sebab penanganannya itu mesti lebih ekstra mesti diperhatikan (seperti menghangatkan tiap 4 jam sekali, atau kalo nggak sudi ribet ya simpen di di dalam kulkas dan ambil sedikit lalu dihangatkan kalo sudi makan), tapi kalo telah seharian makan santen yang kalo orang londo bilang itu rasanya “machtig” yang bermakna berat tentu deh hari seterusnya telah menjadi bosen dan pengen cari makanan yang rada seger. Bukan sebab opor itu makanan yang kurang enak, tapi ya sesungguhnya layaknya itu kondisinya. Kalo ibu saya bilang orang itu tepat lebaran hari kedua yang dicari tentu kalo nggak tukang mie ayam ya tukang bakso, terpujilah wahai abang-abang berikut yang nggak pulang kampung :)) . Seperti terhitung fenomena harga ikan asin di pasar yang naik setelah lebaran sebab permintaannya yang tinggi (orang bosen makan opor).

Oke deh kalo gitu langsung aja ya kami ke resepnya, untuk kali ini saya tulis resep yang setelannya untuk ayam satu ekor berasal dari Indonesia yang rata-rata beratnya 800 gram.

Bahan dasar

* Ayam pedaging 1 ekor
* Santan kental dan cair berasal dari 1 buah kelapa

Bumbu

* Shallot / bawang merah 11 buah
* Garlic / Bawang putih 9 buah
* Ketumbar halus 1 sendok teh
* Merica halus setengah sendok teh
* Jahe kurang lebih 1 cm
* Daun salam, lengkuas ganjil, sereh
* Garam secukupnya
* Gula dikira-kira aja, membuat penyeimbang garam dan biar gurih

Cara membuat

Pertama-tama untuk bumbu-bumbu berikut, yaitu bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, jahe, dan garam dihaluskan.

Katanya bamer 11, baput 9? Kok itu diatas banyak amat? Kebetulan ayam disini ukurannya seekor itu segede gaban bro, beratnya 2.5 kilo, menjadi bumbu-bumbu diatas ya saya kali 3 aja.

Dan itu kalo keliatan bawang putih lebih banyak berasal dari bawang merah, inget kalo disini ukuran shallot gede-gede, hehe…

Disini nggak tersedia yang jual lengkuas seger, terdapatnya lengkuas kering n bubuk, itu terhitung impor berasal dari Thailand, kesian ya…

Kalau bumbu-bumbu telah dihaluskan, langsung deh kami masukin ke di dalam penggorengan panas yang telah dikasih minyak goreng. Oh ya membuat minyak gorengnya jangan benar-benar banyak, sebab ayam negeri itu sendiri telah benar-benar banyak lemaknya, nanti tambah banyak minyak menjadi nggak sedap rasanya.

Tumis bumbu opor sampai harum atau bau mentahnya hilang, tapi jangan benar-benar lama, nanti tambah kering tuh bumbu. Jangan lupa masukkan daun salam, sereh, dan lengkuas.

Setelah agak harum masukkan ayam, aduk, lalu apinya dikecilin, kami ungkep sampai meresap bumbunya.

Kalo kurang lebih ayam telah menjadi matang dan bumbu meresap, masukkan santan kentalnya. Kalo saya berhubung ayamnya segede gaban, biar nggak ribet menjadi saya pindahin pernah ke panci, biar nggak pake tumpeh-tumpeh.

Masak dengan api kecil, jangan dibiarkan mendidih tanpa diaduk, sebab santan dapat pecah dan nanti rasanya tambah nggak enak, jadinya sambil diaduk pelan-pelan aja, jangan sampai terhitung ayamnya hancur.

Setelah mendidih santannya dan meresap juga, masukkan santan encer. Nah santan encer ini didapat berasal dari kelapa yang sama, menjadi campur air dan peres berkali2 tuh kelapa sampai banyaknya kuah opor sesuai dengan yang diinginkan.

Besarkan api (ya jangan besar-besar banget, biasa aja) lalu didihkan opor sambil diaduk pelan-pelan sampai mendidih kembali. Tambahin gula sedikit sama garam kalo emang masih kurang, cobain aja sampai rasanya kurang lebih pas. Setelah opornya mendidih lalu matikan api, tapi jangan langsung berhenti ngaduknya, konsisten aja kurang lebih kurang lebih 5 menit, sebab kalo langsung berhenti diaduk nanti santannya dapat pecah. Nah kalo telah selesai tinggal sajikan deh sama lontong atau ketupatnya .

Ada beberapa tips untuk memasak opor ayam sehingga rasanya lebih mantap. Yang pertama itu telah disebutin diatas, ayamnya diungkep pernah sama bumbunya biar rasanya nyerep ke ayam. Nah trus kalo soal santen ya seluruh telah pada ngerti lah, jangan langsung memanfaatkan api besar dan tetap diaduk biar nggak pecah. Abis itu soal ayam nih yang paling penting, idealnya (nggak tau kalo yang lain ya, tapi membuat saya) opor ayam yang mantep kalo pake ayam kampung. Selain emang rasanya gurih banget, terhitung dagingnya itu sekel, menjadi membuat dimasak gini sesuai soalnya nggak gampang hancur. Walau harganya beberapa kali lipat berasal dari ayam pedaging, ya gapapalah kalo membuat makanan setaun sekali mah, biar sepesial gitu.

Untuk opsi lain dapat pake ayam petelur, kalo ibu saya biasa bilang ini ayam kampung “B”, sebab dagingnya yang cukup sekel. Tapi kalo emang yang tersedia hanya ayam pedaging (macam saya disini, kesulitan cari ayam kampung atau petelur untuk konsumsi), jangan lupa membuat cuci bersih ayamnya dan membersihkan lemak yang tersedia sampe bener-bener bersih. Karena layaknya yang sebelumnya saya bilang, khususnya ayam pedaging ini lemaknya banyak banget, bakalan menjadi full berminyak itu opor nantinya. Nah tips selanjutnya biar ayam pedaging ini hilang lemak dan dagingnya menjadi rada kering (sepak) gitu adalah dengan dikukus sebentar ayamnya sebelum akan diungkep dengan bumbu. Dengan langkah ini nanti rasa ayam menjadi lebih mantep, percaya deh sama Rudi (halah) b-( .

Kalo saya sebab disini ayamnya super gede, menjadi meskipun telah dibersihin lemaknya tetep aja tepat dimasak masih ada, trus terhitung nggak memiliki panci kukusan yang besar membuat ngukus ayam, solusinya saya buangin aja berlebihan minyak yang tersedia di bagian atas 😀 . Yah layaknya itu resep opor ayam meresap bumbunya, dipraktekin lah, jangan dibaca aja, menjadi kalo lebaran nggak di Indonesia dapat membuat sendiri, biar berasa kayak di rumah, hehe… Salam Adozen!